-->
Skip to main content

Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik Secara Online

Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik Secara Online - Verifikas akun ptk sangatlah penting sekali dilakukan oleh kita, karena dengan melakukan verifikasi dapodik menunjukan bahwa email yang digunakan guru / tenaga kependidikan atau kepala sekolah aktif digunakan. Verifikasi akun ptk yaitu merupakan suatu kewajiban masing-masing yang harus dilakukan secara online melalui link yang telah disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada situs dapodikdasmen online. Verifikasi dapodik tidak hanya dilakukan pada jenjang SD, SMP, SMA atau SMK, akan tapi verifikasi berlaku untuk jenjang Paud, PKBM dan SKB yang sekarang sudah mulai tergabung kedalam sistem dapodikdasmen dan wajib melakukan verifikasi dapodik secara online.

Cara Verifikasi Akun PTK

Persiapan Verifikasi Akun Dapodik atau Akun PTK Dapodik

Dalam proses verifikasi data dapodik atau verifikasi akun dapodik menurut pengalaman teman-teman operator dan guru cukuplah mudah sekali, yang perlu dilakukan atau anda siapkan terlebih dahulu adalah handphone atau laptop terhubung kedalam jaringan internet, Email aktif digunakan dan password dapodik

1. Handphone atau laptop terhubung kedalam jaringan internet
Sebelum mempersiapkan hal lainnya yang perlu diperhatikan oleh kita yaitu baik itu Handphone, tablet, komputer pc atau laptop diwajibkan untuk terhubung kedalam jaringan internet. Karena apabila alat tersebut tidak memiliki koneksi internet, maka proses ini tidak dapat dilakukan. Mungkin bisa saja seperti yang admin alami sebelumnya, koneksi internet gagal terhubung dikarena kuota data internet sudah nol. Bisa juga data selular belum sobat aktifkan atau wiffi belum terkoneksi jaringan internet. Maka cek kembali data internet oleh sobat blog agar proses koneksi internet melalui browser masing-masing bisa berjalan dengan baik. 

2. Email aktif digunakan

Pernah merasakan email yang digunakan oleh kita masih aktif atau sebaliknya email sudah tidak aktif. Penasaran!!! Apakah email masih aktif atau email sudah tidak aktif? Jika anda penasaran, maka coba saja cek alamat email yang anda gunakan, misalnya anda mempunyai email google, maka buka melaiu layanan gmail yang telah disediakan oleh google, apabila sobat blog memiliki email yahoo, maka buka layanan dari yahoo. 

Dari kedua layanan tersebut, layanan email google atau yahoo jika sudah sahabat miliki, maka sahabat bisa langsung mengaksesnya dengan memasukan email dan password, setelah berhasil masuk jangan lupa juga untuk melakukan verifikasi email dengan no handphone atau no kontak yang telah terdaftar sebelumnya dan jangan lupa juga masukan email alternatif anda, agar pada saat melakukan pergantian no hp atau lupa password email, anda bisa memilih layanan alternatif email untuk menerima kode verifikasi dari google mail atau yahoo mail agar  dapat masuk kembali / mengakses email anda kembali.
3. Password Dapodik

Dalam hal proses pergantian password dapodik atau perubahan email dapodik, akses yang dapat dilakukan hanya bisa dilakukan oleh admin dapodik. Admin yang kami maksud disini adalah jika akun ptk dapodik tidak bisa diakses, maka peran yang dapat dilakukan untuk perubahan email atau pergantian password ptk tersebut hanya dapat dilakukan oleh operator sekolah sebagai admin data dapodik sekolah. Adapun Akun operator sekolah untuk password email dapodik yang lupa atau tidak bisa diakses, maka akses perubahan hanya dapat dilakukan oleh admin operator kabupaten/kota atau admin dinas.


CARA VERIFIKASI AKUN PTK DAPODIK SECARA ONLINE

Cara memverifikasi akun, baik itu akun operator sekolah atau akun ptk dapodik tidak terlalu sulit. Proses yang dilakukan cukup menghubungkan handphone atau laptop sahabat kedalam jaringan internet seperti yang admin bahas sebelumnya. Buka email anda terlebih dahulu, agar pada saat proses verifikasi dapodik tidak harus masuk atau melakukan login kembali pada akun email anda. Langsung saja pada topik pembahasan tentang cara verifikasi akun dapodik untuk operator sekolah dan akun ptk secara online.

Langkah-langkah Verifikasi Akun PTK Dapodik

Login Verifikasi Akun PTK

  • Berikutnya, klik "login menggunakan sso" dan "masukan akun dapodik atau akun ptk dapodik anda".
cara login verifikasi akun PTK Dapodik

  • Jika sudah,  maka untuk melakukan akses login dapodik atau login akses verifikasi dapodik untuk ptk / guru, maka pilih menu biodata.
cara memverifikasi akun PTK

  • Berikutnya, scrolling ke bawah untuk melilih menu verifikasi akun
  • Setelah itu, klik "Verifikasi Sekarang", maka akan muncul email yang anda gunakan (jika merasa email sudah tidak digunakan, anda bisa langsung merubahnya pada menu tersebut).
  • Selanjutnya, klik "Lanjutkan" dan tunggu beberapa saat sampai kode verifikasi yang dikirim oleh dapodik kemdikbud masuk ke email anda.
  • Kemudian, buka email anda dan masukan kode verifikasi dapodik kedalam sistem dapodikdasmen (jika tidak muncul pada kotak pesan, maka cari pada menu spam).
  • Jika kode verifikasi dapodik sudah anda masukan kedalam sistem dan klik "Simpan".
Cara Verifikasi Akun PTK
  • Selesai, maka proses verifikasi akun ptk berhasil dilakukan.

Artikel lainnya : Baca juga cara unduh prefill dapodik  


Itulah tadi ulasan tentang Cara Verifikasi akun PTK Dapodik Secara Online. Sobat opspwk.web.id semua, untuk melakukan verifikasi akun ptk dapodik melalui laman ptk.datadik.kemdikbud menurut pengalaman teman kami sangatlah mudah sekali, jika belum mengetahui tentang cara verifikasi email ptk dapodik, sahabat guru bisa meminta bantuan kepada teman operator sekolah untuk dipandu sampai dengan proses verifikasi ptk berhasil dilakukan. Admin sarankan juga email yang kalian gukanakan kalau bisa menggunakan layanan gmail dari google, agar pengiriman kode verifikasi dari dapodik kemdikbud berjalan dengan baik. Mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekeliruan. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar