-->
Skip to main content

Cara Cek NISN Terbaru 2020

Cara Cek NISN Terbaru 2020 - NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang merupakan bagian dari nomor tanda pengenal seorang siswa secara nasional. NISN Siswa diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melaui Pusat Data dan Statistik yang merupakan bagian dari program data pokok pendidikan atau biasa kita kenal dapodik. Dapodikdasmen adalah suatu progam yang telah dibuat oleh kemdikbud untuk memudahkan sekolah dalam melakukan pendataan peserta didiknya, baik itu secara online maupun offline. Offline yang dimaksud tersebut yaitu dapodik offline yang diinstalkan pada laptop atau komputer kita, agar dapat di unduh pada saat diperlukan. Kemudian Dapodik Online yaitu situs dapodikdasmen yang biasa kita manfaatkan untuk melakukan penarikan data siswa mutasi, penarikan ptk atau bisa juga untuk melakukan mutasi siswa secara online tanpa harus lewat dapodik offline.


Dalam penginstalan dapodik atau aplikasi dapodik yang dilakukan secara offine dan setelah selesai dilakukan, sebelumnya pada tahap registrasi harus mengunduh terlebih dahulu preffil dapodik, jika dapodik online atau koneksi dinternet sobat aktif maka tidak perlu download prefill dapodik tersebut. Untuk hal yang berkaitan tentang dapodikdasmen atau aplikasi dapodik mungkin nanti akan admin bahas setelah dapodik versi terbaru keluar. Admin ingatkan juga, agar sahabat operator tidak ketinggalan informasi mengenai dapodik baru maka pantau terus situs resmi dapodikdasmen di https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ . Kita kembali lagi pada topik pembahasan mengenai nisn siswa, nisn yang telah diterbitkan oleh kembikbud melalui usulan aplikasi dapodik, maka cek nisn sudah dapat dilakukan atau dilihat di situs nisn kemdikbud pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ . Selain pendidik tenaga kependidikan atau guru dapat cek nisn secara langsung, siswa atau peserta didik pun juga dapat melakukan cek nisn pada situs resmi tadi. Nah! pada kesempatan kali ini ops pwk akan berbagi tentang tata cara cek nisn terbaru 2020. Bagi sahabat yang belum mengetahui cara cek nisn terbaru maka simak saja ulasannya pada uraian yang admin sajikan.



CARA CEK NISN TERBARU 2020

Cara melihat NISN Online atau nisn web dapat anda lakukan dengan menggunakan 2 cara yang cukup mudah, yaitu pencarian berdasarkan nisn siswa dan pencarian berdasarkan nama siswa. Nisn peserta didik muncul setelah kita memasukan data-data isian yang ada pada dasbor terisi dengan lengkap sesuai kolom yang telah ditentukan, baik itu cek nins bedasarkan nisn siswa atau cek nisn berdasarkan nama siswa.

Tata Cara Cek NISN Terbaru Tahun 2020

1. Cara Cek NISN Berdasarkan NISN

  • Langkah pertama, buka situs resmi cek nisn di laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id pada browser laptop atau komputer anda masing-masing
  • Berikutnya, masukan nisn atau nomor induk siswa nasional yang telah diberikan oleh sekolah.
  • Selanjutnya, isi kode pengaman atau kode captcha yang terlihat diatas kolom isian tersebut.
  • Jika sudah, maka langsung saja klik tombol Cari Data
Cara Cek NISN Berdasarkan NISN

Advertisement



2. Cara Cek NISN Berdasarkan Nama Siswa

  • Langkah kesatu, buka laman nisn kemdikbud di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama 
  • Setelah itu, masukan nama siwa, tempat lahir, tanggal lahir dan ibu kandung. Untuk tanggal lahir bisa langsung anda ketik tahun lahir-bulan-tanggal pada  kolom pencarian, contoh 2007-06-05
  • Jika sudah, jang lupa untuk mengisikan kode pengaman atau kode captcha pada kolom yang telah tersedia
  • Kemudian "Cari Data"
Cara Cek NISN Berdasarkan Nama Siswa



Sebagai tambahan dari kedua penjelasan tadi, maka apabila sobat ingin melakukan cek nisn secara langsung yang berdasarkan nama, karena tanggung sudah masuk pada link no.1 tadi, maka tidak perlu repot-repot  untuk keluar browser, cukup klik menu filter yang bersansingan dengan menu beranda. Pencarian Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN selain dapat dilakukan dengan menggunakan laptop atau komputer PC, nisn siswa tersebut juga dapat sahabat akses melalui handphone atau tablet dirumah.


Artikel lainnya : 5 Aplikasi GPS Map Untuk PPDB  


NISN saya tidak ditemukan pada situs nisn kemdibud tersebut? Apabila menemukan kendala seperti itu maka sobat bisa menghubungi sekolah sebelumnya atau sekolah terkait, agar disesuaikan dengan yang ada pada nisn dapodik terdaftar.

Itulah tadi uraian mengenai cara cek nisn terbaru 2020. Semoga ulasan yang opspwk.web.id buat ini dapat bermanfaat, baik untuk siswa, orang tua/wali siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada uraian cek nisn yang  telah dibuat. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar