-->
Skip to main content

Cara Cek Laporan Penggunaan Dana Bos Tanpa Perlu Akses Login Dapodik

Cara Cek Laporan Penggunaan Dana Bos Tanpa Akses Login Dapodik - Perubahan baru dan mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah yang sebelumnya oleh Pemerintah dalam setahun ada empat kali atau empat triwulan, untuk tahun 2020 telah diubah menjadi tiga tahap dalam satu tahun.

cara cek laporan bos online kemdikbud


Bos Online merupakan salah satu situs kemdikbud yang dirancang guna untuk pelaporan penggunaan dana bos yang telah diterima oleh sekolah. Sekolah-sekolah yang telah menerima bos dan menggunakannya, maka diwajibkan dengan segera untuk mengisikan penggunaan dana bos kedalam system laporan bos online atau portal bos online yang telah disediakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan. 


Melakukan laporan bos online bagi operator sekolah merupakan hal yang sudah terbiasa, karena laporan bos online tersebut cukup mudah dipahami oleh kalangan ops. Pelaporan penggunaan dana bos 2020 yang sekarang langkahnya sama saja seperti pada laporan bos online 2019 tahun lalu. Hanya yang membedakan pada saat awal pertama login dan tahapan laporan bos online tersebut. Pada saat pertama masuk portal bos online akses login untuk sekarang dapat menggunakan 2 cara, yaitu bisa dengan login dapodik atau username dapodik dan kode registrasi dapodik.

CARA CEK LAPORAN PENGGUNAAN DANA BOS TANPA AKSES LOGIN DAPODIK


Cara Melihat Dana Bos Yang Sudah Cair

Laporan bos online atau penggunaan dana bos dapat diketahui oleh semua orang setelah sekolah-sekolah melaporkan penggunaan dananya pada portal bos online atau situs bos online kemdikbud. Cara laporan bos online tersebut sudah admin bahas pada artikel sebelumnya dimana penggunaan dana bos diisikan per komponen masing-masing.

Untuk sekolah yang telah melaporkan penggunaan dana bos pada portal bos online, maka semua orang sudah bisa melihat laporan bos online tersebut dengan mudah. Cara melihat laporan bos online dengan mudah tanpa akses dapodik bagaimana? Bagi sahabat blog yang ingin mengetahuinya, simak saja langkah-lankahnya pada uraian yang telah ops pwk  sajikan.

Cara Cek Laporan Bos Online

  1. Langkah Pertama, Buka browser internet di laptop atau handphone yang sudah biasa sahabat gunakan.
  2. Berikutnya, ketik alamat bos online yaitu : https://bos.kemdikbud.go.id atau search saja di google bos online kemdikbud
  3. Selanjutnya, pada portal bos online terlihat menu "Masuk Website", langsung saja anda pilih.
  4. Jika sudah, Pilih "Pengguanaan Dana""Jenjang" (misalkan SD) → "Provinsi""Kabupaten/Kota""Status" (Pilih Negeri  atau Swasta) → "Sekolah" (untuk lebih cepat ditemukan, masukan NPSN pada menu tersebut) → "Pilih Tahun" (Misalkan Tahun 2020" → "Klik Submit"
  5. Setelah itu, maka akan terlihat penggunaan dana bos untuk setiap komponennya atau per komponen kegiatan tersebut.
Cara Cek Laporan Bos Online
Cara Cek Laporan Bos Online

Selain dari melihat laporan bos online 2020 yang telah masuk, sobat juga dapat cek pelaporan bos online 2019 atau pada tahun-tahun sebelumnya. Hanya yang membedakan dari segi tampilan laporan bos online yang biasanya terlihat per triwulan, untuk bos online 2020 yaitu per tahap.


Baca Juga : Cara Laporan Bos Online Terbaru Per Tahap 


Kalau yang tadi pembahasan mengenai cek laporan bos online pada salah satu sekolah, untuk tambahan kali ini, admin blog akan sajikan kembali cara cek loporan bos online bagi yang sudah dan belum melaporkan Penggunaan Dana Bos untuk semua sekolah per daerah masing-masing. Selain itu disana pada portal bos online yang akan kita tampilkan nanti,  sahabat juga dapat melihat dana bos yang sudah disalurkan oleh pemerintah per tahapnya.

Advertisement



Cara Melihat Dana Bos Yang Sudah/Belum Disalaurkan Oleh Pemerintah dan Pelaporan Dana Bos oleh Sekolah

  • Pertama, Ikuti langkah-langkah pada cara cek bos online diatas di point 1 s/d 3.
  • Berikutnya, Pilih "Penyaluran Dana" → "Laporan Pencairan".
  • Setelah itu, pilih menu "Penyaluran Dana" "Laporan Pencairan""Sama Seperti Pada Poin Nomor 4" (yang membedakan tidak ada menu pilihan sekolah, jadi langsung saja kabupaten/kota).
  • Jika sudah, maka anda dapat melihat sekolah-sekolah yang telah melaporkan penggunaan pada bos online dan Dana bos yang telah disalurkan oleh pemerintah (TABEL LAPORAN PENCAIRAN).
Cek Laporan Bos Online Kemdikbud
Cek Laporan Bos Online Kemdikbud

Baca Artikel lainnya : Aplikasi GPS Map untuk keperluan PPDB Online 


Untuk sahabat sobat blog yang belum melaporkan penggunaan dana bos di bos online pertahapnya, mudah-mudahan dapat dengan segera mengisikan laporan tersebut dengan cepat pada portal bos online yang telah disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Bagi anda yang ingin mengunduh file dokumen laporan penggunaan dana bos atau laporan keseluruhan sekolah yang sudah/belum melaporkan dana bos, maka setelah Submit langsung saja unduh exel yang ada disampingnya.

Itulah tadi ulasan mengenai cara cek laporan bos online tanpa harus akses login dapodik. Semoga ulasan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua yang ingin mengetahui tentang cara cek laporan penggunaan dana yang telah dinyataan sukses dan masuk kedalam sistem bos online atau portal bos online kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar