-->
Skip to main content

Contoh Program Supervisi Tebaru Revisi 2019

Program Supervisi Tebaru Revisi 2019 - Program Supervisi Tahun 2019 pada sekolah disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan oleh seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi tersebut yaitu meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan untuk sebagai salah satu upaya meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi sekolah.



Kerangka Prorgam Supervisi Akademik dan Manajerial Sekolah.

Pertama, LEMBAR PENGESAHAN
Kedua, KATA PENGANTAR
Ketiga, DAFTAR ISI
Keempat, BAB I. PENDAHULUAN
  • A. Latar Belakang
  • B. Landasan Hukum
  • C. Tujuan Suvervisi Pendidikan
  • D. Ruang Lingkup

Kelima, BAB II. ANALISIS HASIL SUPERVISI
  • A. Pemetaan Standar Nasional
  • B. Hasil Analisis Internal Manajerial

Keenam, BAB III. RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI
  • A. Rencana Supervisi Akademik
  • B. Jadwal Supervisi Akademik
  • C. Rencana Supervisi Manajerial
  • D. Jadwal Supervisi Manajerial

Ketujuh, BAB IV. PENUTUP
Kedelapan, Lampiran-lampiran

Supervisi adalah merupakan bagian dari tugas kepala sekolah saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk dirumuskan dengan baik, sesuai dengan Permendikbud No 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah secara jelas dan rinci mengamanatkan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah meliputi tugas manajerial supervisi dan kewirausahaan. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran di dalam kelas kepada guru yang bersangkutan, peningkatan kualitas tata administrasi tenaga administrasi dan pencapaian tujuan pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan.


Baca Juga : Contoh Dokumen 1 SD Kurikulum 2013 


Penyusunan Program Supervisi bertujuan sebagai berikut :

  1. Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan Sekolah 
  2. Meningkatkan kinerja siswa/siswi dalam perannya sebagai peserta didik yang belajar dengan semangat tinggi, agar dapat mencapai prestasi belajar secara optimal
  3. Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
  4. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan. 
  5. Meningkatkan keefektifan dan keefisiensian sarana dan prasarana yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan belajar siswa
  6. Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah, khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kinerja yang optimal, yang selanjutnya siswa dapat mencapai prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan.
  7. Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah sedemikian rupa sehingga tercipta situasi yang tenang dan tentram serta kondusif bagi kehidupan sekolah pada umumnya, khususnya pada kualitas pembelajaran yang menunjukkan keberhasilan lulusan

Adapun Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan di sekolah yaitu sebagai berikut :

Supervisi Akademis :
  1. Pengembangan Silabus/ Perumusan Indikator
  2. Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran
  3. Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
  4. Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
  5. Supervisi BK / Pengembangan Diri

Supervisi Internal Manajerial :
  1. Administrasi Tata Usaha
  2. Kurikulum
  3. Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
  4. Sarana / Prasarana
Contoh Supervisi Akademis dalam pelaksanaan disekolah agar berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : 1). Kepala Sekolah, 2). Pengawas Pembina, 3). Wakil Kepala Sekolah dan 4). Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .

CONTOH JADWAL SUPERVISI 

Semester Ganjil :

  • Agustus : Minggu Ke-3 dan Ke 4
  • November s.d Desember: Ke-4 dan Ke-1
Jadwal Supervisi Semester I

Semester Genap : 

  • Januari : Minggu Ke- 3 dan 4
  • Mei : Ke 2 dan 3
Jadwal Supervisi Semester II

Instrumen Supervisi Akademik dengan Teknik Individual / instrumen supervisi guru meliputi beberapa komponen penilaian : 

1. Perencanaan pembelajaran :
  • .............
2. Pelaksanaan pembelajaran :
  • A.Kegiatan Pendahuluan
  • B.Kegiatan Inti
  • C.Kegiatan Penutup

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN MELAKSANAKAN HUBUNGAN PRIBADI SUPERVISI GURU



A. MEMBANTU MENGEMBANGKAN PERILAKU POSITIF PADA DIRI SISWA
  • Membantu murid untuk menyadari kekuatan dan kelemahan diri
  • Membantu murid untuk menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri
  • Membantu siswa untuk dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran
  • Menunjukkan simpati
  • Menunjukkan keramahan dan menghargai orang lain

B. MENAMPILKAN KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menunjukkan kegairahan dalam pembelajaran
  • Memberikan kesan menguasai materi
  • Menunjukkan kemantapan mengajar

C. MENGELOLA INTERAKSI DALAM KELAS
  • Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
  • Menciptakan iklim belajar yang kondusif


Download :



Demikianlah tadi sedikit ulasan Contoh Program Supersivi Revisi 2019, semoga dangan adanya supevisor ini dapat bermanfaat bagi semua dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan di setiap unit kegiatan dan administrasi sekolah masing-masing. Untuk selengkapnya Bapak/Ibu dapat unduh pada tautan yang sudah kami sediakan. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar