-->
Skip to main content

Donwload Dokumen 1 Terbaru SD K13 Tahun Pelajaran 2019-2020

Dokumen 1 Terbaru SD K13 Tahun 2019/2020 - Kurikulum 2013 adalah merupakan kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kemdikbud RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) K-2006. 

Donwload Dokumen 1 Terbaru SD K13 Tahun Pelajaran 2019-2020

K-13/Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu. Dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan.

Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.

CONTOH DOKUMEN 1 KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SD TAHUN 2019/2020


1. Tujuan Penyusunan Kurikulum 2013 : 
Mempersiapkan insan Indonesia untuk memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.


2. Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013 :
Pelaksanaan pembelajaran pada pelaksanaan kurikulum 2013 terbaru memiliki karakteristik yang berbeda dari pelaksanaan kurikulum 2006. Berdasarkan hasil analisis terhadap kondisi yang diharapkan terdapat maka dipeloleh 14 prinsip utama pembelajaran yang perlu guru terapkan.

Ada pun 14 prinsip itu adalah :
  • Dari siswa diberi tahu menuju siswa mencari tahu; pembelajaran mendorong siswa menjadi pembelajar aktif, pada awal pembelajaran guru tidak berusaha untuk meberitahu siswa karena itu materi pembelajaran tidak disajikan dalam bentuk final. Pada awal pembelajaran guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu fenomena atau fakta lalu mereka merumuskan ketidaktahuannya dalam bentuk pertanyaan. Jika biasanya kegiatan pembelajaran dimulai dengan penyampaian informasi dari guru sebagai sumber belajar, maka dalam pelaksanaan kurikulum 2013 kegiatan inti dimulai dengan siswa mengamati fenomena atau fakta tertentu. Oleh karena itu guru selalu memulai dengan menyajikan alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan rasa ingin tahu siswa dan dengan alat bantu itu guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan bertanya.
  • Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber; pembelajaran berbasis sistem lingkungan. Dalam kegiatan pembelajaran membuka peluang kepada siswa  sumber belajar seperti informasi dari buku siswa,  internet, koran, majalah, referensi dari perpustakaan yang telah disiapkan. Pada metode proyek, pemecahan masalah, atau inkuiri siswa dapat memanfaatkan sumber belajar di luar kelas. Dianjurkan pula untuk materi tertentu siswa memanfaatkan sumber belajar di sekitar lingkungan masyarakat. Tentu dengan pendekatan ini pembelajaran tidak cukup dengan pelaksanaan tatap muka dalam kelas.
  • Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah; pergeseran ini membuat guru tidak hanya menggunakan sumber belajar tertulis sebagai satu-satunya sumber belajar siswa dan hasil belajar siswa hanya dalam bentuk teks. Hasil belajar dapat diperluas dalam bentuk teks, disain program, mind maping, gambar, diagram, tabel, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mempraktikan sesuatu yang dapat dilihat dari lisannya, tulisannya, geraknya, atau karyanya.
  • Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar, tetapi dari aktivitas dalam proses belajar. Yang dikembangkan dan dinilai adalah sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.
  • Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu; mata pelajaran dalam pelaksanaan kurikulum 2013 menjadi komponen sistem yang terpadu. Semua materi pelajaran perlu diletakkan dalam sistem yang terpadu untuk menghasilkan kompetensi lulusan. Oleh karena itu guru perlu merancang pembelajaran bersama-sama, menentukan karya siswa bersama-sama, serta menentukan karya utama pada tiap mata pelajaran bersama-sama, agar beban belajar siswa dapat diatur sehingga tugas yang banyak, aktivitas yang banyak, serta penggunaan waktu yang banyak tidak menjadi beban belajar berlebih yang kontraproduktif terhadap perkembangan siswa.


Baca juga : Cek Info GTK melalui Dapodikdasmen  


DOKUMEN 1 KURIKULUM 2013 LENGKAP


Tujuan Pendidikan, Visi Misi Dan Tujuan Sekolah
1. Tujuan Pendidikan 
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan Pendidikan Dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.


2. Visi Sekolah
"Terwujudnya Sumber Daya Manusia Yang Sehat, Cerdas, Trampil Berdasarkan  Iman Dan Taqwa"

Indikator Visi :
  • Unggul dalam bola Volly 
  • Unggul dalam sepakbola mini
  • Unggul dalam olahraga atletik
  • Cerdas dalam mata pelajaran MIPA
  • Cerdas dan unggul dalam Lomba Bahasa Indonesia
  • Terampil dalam lomba menganyam
  • Terampil dalam menggambar
  • Berprestasi dalam Baca Tulis Al Quran

3. Misi Sekolah
  • Peningkatan manajemen sekolah dalam mewujudkan visi
  • Pengoptimalan proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  • Pengembangan ketrerampilan di bidang prestasi Bola Voli. 
  • Peningkatan keterampilan Baca Tulis Al Quran
  • Meningkatkan volume praktek dalam pembelajaran SBK

Baca Juga : Program Ekstrakurikuler Pramuka 


4. Tujuan Sekolah
  • Terciptanya managemen sekolah yang baik. 
  • Terciptanya proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  • Terciptanya siswa yang trampil di bidang Bola Voli.
  • Peningkatan keterampilan Baca Tulis Al Quran
  • Meningkatkan volume praktek dalam pembelajaran SBK


STRUKTUR KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, distribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap peserta didik. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran.

STRUKTUR KURIKULUM 2013 SD
Struktur Kurikulum 2013 SD

Prinsip pengintegrasian IPA dan IPS di kelas I, II, dan III di atas dapat diterapkan dalam pengintegrasian muatan lokal. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan seni, budaya dan keterampilan, serta bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.


Baca Juga :




Di kelas IV, V, dan VI nama mata pelajaran IPA dan IPS tercantum dan memiliki Kompetensi Dasar masing–masing. Untuk proses pembelajaran Kompetensi Dasar IPA dan IPS, sebagaimana Kompetensi Dasar mata pelajaran lain, diintegrasikan ke dalam berbagai tema. Oleh karena itu, proses pembelajaran semua Kompetensi Dasar dari semua mata pelajaran terintegrasi dalam berbagai tema.

Link Unduh :


Itulah tadi sedikit paparan mengenai Contoh Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dilengkapi dengan SK. Tim Pengembang Kurikulum dan Surat Rekomendasi. Untuk baca selengkapnya, Bapak/Ibu Guru atau Kepala Sekolah dapat Meng-Unduhnya pada tautan yang sudah kami sediakan. Mohon maaf jika ada kekeliruan! Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar