-->
Skip to main content

Cara instal aplikasi RKAS kemdikbud versi 1.32 beserta langkah aktivasinya

Cara Instal Aplikasi RKAS Kemdikbud Versi 1.32 beserta langkah aktivasinya - RKAS merupakan suatu aplikasi yang dibuat oleh kemdikbud untuk mempemudah pelaporan keuangan BOS / Bantuan Operasional Sekolah mulai dari perencanaan keuangan, pengarahan, pengorganisasian,  pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Pada aplikasi rkas kemdikbud go id ,  sekolah harus terlebih dahulu melakukan instalasi aplikasinya dan terutama anda harus mengetahui terlebih dahulu kode registrasi yang diberikan oleh dinas pendidikan Kab/Kota tempat anda.

Cara instal aplikasi RKAS kemdikbud versi 1.32 berserta langkah aktivasinya

Berikut ini kami sampaikan cara instalasi aplikasi rkas kemdikbud Versi 1.32. Pada langkah-langkah awal dan sebelumnya download terlebih dahulu aplikasinya disini :

Download Button

atau bisa unduh langsung di http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id. 

Panduan Instal Aplikasi RKAS Versi 1.32 yaitu sebagai berikut : 

  • Pertama : Buka aplikasi RKAS Kemdikbud dan Klik Kanan pada mouse, langsung saja pilih "Run as administator" / bisa langsung dengan cara ke-dua dengan "doble klik" pada aplikasi rkas


  • Kedua : Setelah melakukan klik Setup-RKAS.exe, maka akan muncul pada layar “This will instal ERKAS. Do you wish continue?”, Kalau kita translatekan ke dalam bahasa indonesia “Ini akan menginstal ERKAS. Apakah Anda ingin melanjutkan?. Jika ingin mlanjutkan pilih tombol “YES” dan jika tidak “NO”.


  • Ketiga : Pada tahap Selanjutnya, “Ceklis create a desktop shortcut”, apabila anda ingin menyimpannya pada layar destop komputer / laptop. Klik tombol “NEXT” untuk melanjutkan.


  • Keempat : Ready to instal? Pada langkah berikutnya setelah muncul seperti bacaan tadi di layar , Klik “INSTAL”.  

  • Kelima : Tunggu beberapa saat, sampai proses instalasi E-RKAS selesai.


  • Keenam : Ceklis kotak kecil “Launch ERKAS” (Untuk meluncukan langsung aplikasinya, tergantung yang sahabat mau). Kemudian Klik “FINISH”. Maka aplikasi akan terbukas secara otomati jika tadi kita ceklis (Launch ERKAS).


Pada langkah berikutnya, Aplikasi RKAS Kemdikbud yang sudah kita instal di komputer PC / Laptop Bendahara BOS,  maka sobat akan dibawa ke tahap menu aktivasi aplikasi kode yang diberikan oleh dinas pendidikan setempat. Aplkiasi ini juga secara otomatis akan Meng-Update sendiri jika menemukan koneksi internet disekitar. Maka dari itu disarankan pada awal instalasi dan sinkorisasi data menggunakan konesksi internet yang stabil, agar mempercepat tahapan registrasi.

Cara Aktivasi Registrasi Aplikasi RKAS Terbaru Versi 1.32 

  • Langkah awal, Masukan Kode Aktivasi sekolah masing-masing
  • Berikutnya, Isi Nama Sekolah
  • Selanjutnya, Masukan Nomor handphone
  • Isikan Password dan Ulangi Paswordnya kembali.
  • Cek gambar bulat ( Warna Hijau : Terhubung dengan server dan Merah : Tidak terhubung ke jaringan internet).
  • Apabila terlihat bulat hijau maka langsung saja lakukan Klik “REGISTRASI”
  • Tunggu sampai proses registrasi pada tahap aktivasi selesai
  • Selesai, anda sekarang sudah bisa login dengan menggunakan registasi yang dibuat tadi.


Demikianlah tadi Cara Instal Aplikasi RKAS Kemdikbud Versi 1.32 , mudah-mudahan dengan adanya tutorial ini dapat membantu Bapak atau Ibu Kepala Sekolah / Bendarara BOS. Untuk selanjutnya pada tampilan berikutnya diaplikasi E-RKAS akan tersedia menu-menu khusus mulai dari penganggaran, petatausahaan, dasbor, kertas kerja, pengesahan dan lain sebagainya. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada ulasan yang kami buat. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar