-->
Skip to main content

Cara Instal dan Share Aplikasi E-Raport SD di Beberapa Laptop

Cara Instal dan Share Aplikasi E Raport SD di Beberapa Laptop - E Rapor SD yaitu merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan dapodik dikembangkan oleh tim Direktorat Pembinaan SD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud ). E Rapor ini berfungsi sebagai bahan laporan dalam penilaian guru kepada peserta didiknya disekolah atau hasil belajar siswa yang nantinya diinfutkan kedalam aplikasi tersebut. E Raport SD yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mengacu pada kaidah sistem penilaian pada jenjang sekolah dasar dan penilian yang ada pada e rapor tersebut dapat dimplementasikan atau dapat diterapkan pada satuan pendidik pelaksana kurikulum 2006 (K-2006) dan Kurikulum 2013 (K-13).


Pada e raport sd sebelum melakukan instal, ada baiknya cek terlebih dahulu aplikasi dapodikdasmen kita, apakah sudah terpasang atau belum? Karena, e roport ini apabila laptop / komputer pc tidak terpasang aplikasi dapodik, akan mengalami erorr data. Seperti halnya pmp dikasmen offilne, jika tidak terpasang dapodik maka sistemnya akan mengalami erorr atau login pmp tidak berfungsi sama sekali karena tidak terintegrasi aplikasi dapodikdamen sekolah kita. Nah! pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara instal e raport sd dan cara share aplikasi e rapot di beberapa laptop atau bisa juga jika memungkinkan mengerjakannya melalui handphone android. Namun admin sarankan mengerjakannya hanya melalui laptop atau komputer PC.

PERSYARATAN INSTAL APLIKASI E RAPORT SD 

Laptop / Komputer PC yang nantinya akan dijadikan server e rapor berdasarkan buku panduan aplikasi e rapor versi 1.0 yang dikeluakan tim pengembang e rapor sd yaitu sebagai berikut :
  • Prosesor Serata Dual Core
  • OS windows XP / Windows 7 / 8 /10 (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau server 2012.
  • RAM minimal 2 Gb, disarankan 4 GB (agar lebih optimal)
  • Ruang kosong pada drive C minimal 500 Mb.



CARA INSTAL APLIKASI E RAPOR SD

Pada saat kalian akan melakukan instal e rapor sd, sebaiknya matikan terlebih dahulu antivirus yang aktif pada laptop atau komputer kalian, supaya instalasi berjalan dengan sempurna dan tidak mengalami kegagalan pada saat melakukan login e ropor sd, seperti window firewall dan antivirus lainya. Cara mematikan windows defender firewall cukup mudah, tinggal kalian menekan tombol Win+R dan ketik "firewall.cpl", jangan menggunakan tanda kutif atas ya sob pada saat sistem run telah terbuka.


Langakah-langkah Instal Aplikasi E Raport V.1.0 2019

1. Langkah Pertama, download aplikasi e raport sd terlebih dahulu oleh sahabat melalui link tautan yang sudah admin sediakan.
2. Selanjutnya, setelah sobat blog mengunduh e rapor langsung saja doble klik atau klik kanan dan pilih Run as administrator.
3. Berikutnya, seletah muncul tampilan intalasi e rapor sd, pilih "Lanjut Saya Setuju Lanjut Lanjut (jika siap pemasangan e rapor sd) → Lanjut Pasang (tunggu beberapa menit saat penginstalan berjalan) → Lanjut Selesai".



CARA MENAMBAHKAN ADMIN E RAPORT SD DAN SINKRON PERAIKAN DATA DI DAPODIK 

  • Pertama, Sebelum memasuki tahapan login e raport sd, maka user deafult awal perama kali instal yaitu user : admin dan password : admin123456
  • Kemudian, Pilih User sebagai "Admin" 
  • Selanjutnya, Tentukan pilihan Tahun Ajaran dan Login

  • Berikutnya setelah login e rapor berhasil, maka langkah selanjutnya yaitu update / sinkornkan semua data yang terdapat pada menu ambil data dapodik (tunggu beberapa menit sampai dengan penarikan data dapodik benar-benar masuk pada aplikasi e raport sd)

  • Tahapan selanjutnya, pilih menu data user lalu generate ulang password (generate ulang password berfungsi agar guru dan wali kelas dapat login ke e rapor sd). Untuk user dan passwor guru pns yaitu User : NIP dan Pass : 123456 dan untuk guru non pns / honor yaitu, User : Nama Tanpa Spasi dan Password : 123456

  • Jika kalian ingin menambahkan admin baru pada e rapor sd, maka langsung saja klik menu Data AdministratorDaftar AdministratorTambah AdministratorTambah Nama LengkapUser ID dan Password (Saran yang mudah kalian ingat misalkan user : email dan password : 123456) dan Klik Simpan


Setelah sahat opspwk.web.id berhasil menambahkan admin dan melakukan generate ulang password, maka kalian sudah bisa melakukan login e rapor di laptop masing-masing.

                                                                    

CARA SHARE APLIKASI E RAPORT SD DI BEBERAPA LAPTOP

1. Pertama, Siapkan terlebih dahulu jaringan internet yang sahabat gunakan baik itu melalui jaringan wifi di sekolah atau hotspot smartphone andorid, lalu hubungkan / connent internet. (Jika menggukan hotspot handphond android, cek terlebih dahulu signal internet yang kalian gunakan, agar terhindar dari gagal penyimpanan data).
2. Jika sudah terhubung dalam satu jaringan internet, maka untuk melihat ip addreess internet kalian, tekan saja tombol win+R → ketik contolviews network status and taksconnentions ke jaringan internet anda Detail IPv4 Address (Bagi pengguna winwows 10 maka langsung saja klik pada gambar jaringan internet yang terdapat pada bagian bawah sebelah kanan, lalu klik properties dan scoll ke bawah, maka akan terhilah ip addres jaringan internet kalian. Ingat yang dimasikan nanti IPv4 Address +:2698 ya sob, bukan IPv4 DNS Servers)
3. Berikutnya, masukan ip address telah kalian buka tadi kedalam browser internet laptop / komputer guru dan tambahkan dibelakangnya kode :2698 ( contoh : 192.168.40.41:2698 ). maka akan terbuka login e rapor sd tersebut, asalkan laptop server ( laptop terintegrasi dapodikdamen ) dalam keadaan hidup.




Bagi sahabat yang ingin mengetahui selengkapnya mengenai aplikasi e raport sd, kami sajikan pada tautan beriktu ini :

PANDUAN APLIKASI
E RAPORT SD V.1.0


PANDUAN SINGKAT 
ANALISIS SOAL USBN DAN OSN
JENJANG SD


PANDUAN PENILAIAN
JENJANG SD



Link Unduh E Raport SD :


Itulah tadi sebuah ulasan mengenai cara instal dan share apalkasi e raport sd di beberapa laptop. Mudah mudahan dengan adanya langkah-langkah ini, dapat menambah kembali wawasan sahabat blog semuanya khusunya buat admin sendiri. Semoga bermanfaat. Maaf! Jika ada kekeliruan...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar