-->
Skip to main content

Cara Cetak Surat Pengantar Ujian Diklat PKP Berbasis Zonasi di SIM PKB

Cara Cetak Surat Pengantar Ujian Diklat PKP Berbasis Zonasi di SIM PKB - Pengingkatan Kompetensi Pembelajaran ( PKP ) yaitu merupakan salah satu Program Kemdikbud melalui Dirjen GTK dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ). Pengembangan Profesi Berkelanjutan pada kegiatan peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi ini surat pengantar ujian pkp tersebut nantinya akan muncul setelah berakhirnya kegiatan pkp. Pada saat kegiatan pkp berakhir, maka  diadakan ukg peserta diklat pkp oleh Dirjen GTK Kemdikbud. Peserta dapat melihat kapan waktu ujian atau jadwal ujian yang terlah ditentukan melalui SIM PKB.

SIM PKB pada fortal gtk belajar kemdikbud go id terdapat beberapa menu yang harus kita pahami terlebih dahulu, mulai dari beranda , materi diklat , pelatihanku , rapor pelatihanku , prog. pendidikan profesi guru dan profilku. Nah! Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit memberikan uraian tentang cara cetak surat Pengantar Diklat PKP Berbasis Zonasi di link gtk.belajar.kemdikbud.go.id / SIM PKB pada akun masing-masing ptk.


CARA CETAK SURAT PENGANTAR DIKLAT PKP / UJIAN DIKLAT PKP

  • Langkah Pertama, Persiapkan terlebih dahulu Laptop / Komputer PC.
  • Kemudian, Buka browser internet yang sering anda gunakan, lalu ketik alamat SIM PKB di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id
  • Selanjutnya, masukan username dan password sim pkb masing-masing yang telah muncul pada layar laptop kalian.
  • Jika fortal sim pkb telah terbuka, klik menu "PELATIHANKU" →  "PILIH JENIS PELATIHAN ( Jenis Pelatikan Diklat PKP )"  → "TAHUN ( Tahun Diklat PKP )"  → lanjut Klik "PILIH".
  • Jika Sudah, Klik "CETAK SURAT PENGANTAR" yang berada dibawah Lokasi Ujian, maka secara otomatis surat pengantar ukg atau ujian pkp akan terunduh / download secara otomatis di sistem browser internet yang kalian gunakan.


Cara Download Surat Pengantar Ujian PKP ini selain bisa di buka di laptop / komputer, anda juga bisa download surat pengantar Diklat PKB ini melalui ponsel / handphone android yang kalian miliki, ataupun bisa juga menggunakan tablet .Sebelumnya pastikan terlebih dahulu koneksi internet-nya atau apabila menggunakan koneksi smartphone , signal internet yang kalian gunakan cek dulu ya sobat, agar tidak mengalami kendala pada saat download pdf surat pengantar diklat PKP di sim pkb / Sim GPO.


=> Baca Juga : Cara Cetak Surat Pengantar PPG di SIM PKB


Untuk akun sim pkb yang tidak dapat login sim pkb / masuk pada fortal sim pkb, maka langkah yang harus dilakukan oleh gtk yang bersangkutan yaitu, minta reset kembali ke ketua komunitas kkg atau ke dinas pendikan setempat, agar di cetak ulang akun sim guru untuk dapat login kembali. Saran admin, lebih baik hasil cetak ulang akun setelah direset simpan baik-baik, atau bila perlu pdf atau xps-nya simpan dalam laptop sahabat dengan diberi nama forlder akun sim pkb / akun sim pkb kemdikbud.

Itulah tadi sebuah uraian tentang cara cetak surat pengantar Ujian Diklat PKB. Perlu diingat juga, sebelum kita berangkat ke lokasi ujian, pastikan membawa surat pengantar ujian akhir pkp yang terdapat pada situs gtk belajar kemdikbud go id / fortal sim pkb, karena disurat itu tertera kode pengaman atau nomor token ujian agar peserta ujian dapat masuk pada sistem ukg pada waktu yang telah ditentukan oleh pusat. Mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf! jika ada kekeliruan. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar