-->
Skip to main content

Cara Laporan Bos Online Kemdikbud Per Tahap

Cara Laporan Bos Online Kemdikbud Per Tahap - Bos Online merupakan sebuah sebuah fortal laporan penggunaan Dana Bantuan Operasional sekolah (BOS) yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat untuk menunjang berbagai kegiatan di Sekolah berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam juknis bos 2020 atau Permendikbud No 8 Tahun 2020 pada pasal 2 yaitu bertujuan untuk membantua biaya operasional sekolah dan meningkatkan aksebilitas dan peningkatan bagi peserta didik.

Cara Laporan Bos OnlineTerbaru Tahun 2020

Penyaluran Dana Bantuan Opersioanal Sekolah (BOS) mulai tahun 2020 ada 3 Tahap yaitu Tahap I, II dan III. Besaran alokasi dana bos reguler yang diterima oleh sekolah per tahapnya dihitung dari jumlah siswa yang sudah memiliki NISN. Alokasi dana yang diterima per siswanya adalah sebagai berikut :


Tanggal Penetapan pengambilan data untuk tahun berjalan atau tahun yang akan datang berikutnya yaitu tanggal 31 Agustus. Data tersebut diambil berdasarkan dari data dapodik.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun sebelumnya atau tahun 2020, bentuk laporan penggunaan dana di bos online adalah 4 kali dalam setahun yaitu triwulan I, II, III dan IV. Pelaporan BOS Online untuk tahun 2020 sistem dana bos yang disalurkan oleh pemerintah yang telah digunakan oleh sekolah ada tiga tahap, dalam setiap tahapnya dengan rincian komponen yaitu sebagai berikut :
  1. Penerimaan Peserta Didik Baru
  2. Pengembangan Perpustakaan 
  3. Kegiatan Pembelajaran dan Ektrakulikuler
  4. Kegiatan Asesmen / Evaluasi Pembelajaran
  5. Administrasi Kegiatan Sekolah
  6. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan
  7. Langganan Daya dan Jasa
  8. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah
  9. Penyediaan Alat Multimedia Pembelajaran
  10. Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK), Praktek Kerja Industri (Prakerin) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di dalam Negeri, Pemantauan Kebekerjaan, Pemagangan Guru dan Lembaga Profesi P1
  11. Penyelenggaraan Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian, Sertifikat Kompetensi dan Uji Kompetensi Uji Kemampuan Bahasa Inggris Berstandar Internasional (Test of English for Internasional Communication/TOEIC) dan bahasa asing lainnya bagi kelas akhir SMK
  12. Pembayaran Honor Guru berstatus non Aparatur Sipil Negara (ASN)


Sebelum masuk pada fortal bos atau bos online Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, apa saja yang harus sahabat persiapkan? Nah! Pasti sudah tau bukan apa yang harus dipersiapakan dalam pengisian bos online. Seperti tahun sebelumnya, untuk pengisian bos online yang menjadi dasar pengisiannya atau kertas kerja yang dientrikan pada fortal bos adalah Rekapitulasi Penggunaan Dana Bos atau BOS-K7a.

Laporan Pengguanan Dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) kemdikbud atau Rekapitulasi Pengunaan Dana Bos Reguler pada bos online, akeses login yang sahabat gunakan yaitu username dapodik. Pada portal bos online ada 2 akses pilihan untuk masuk kedalam sistem pelaporan tersebut. yaitu sebagai berikut :
  • Pilihan pertama, Login SSO Dapodik (Username dan Password Dapodik) dan
  • Pilihan kedua, Login Alternatif (Username Dapodik, NPSN dan Kode Registrasi Dapodik)
Untuk Sementara, akses login bos online kemdikbud yang dapat kita gunakan sekarang ini adalah dengan "Login Alternatif" seperti yang tadi admin bahas.

Cara Laporan Penggunaan Dana BOS di BOS Kemdikbud

1. Langkah Pertama, Persiapkan terlebih dahulu laptop yang terhubung ke jaringan Internet.

2. Setelah itu, buka browser internet yang sering sobat gunakan, misalnya google chroom, mozilla firefox, internet exspoler, microsoft bing dan lain sebagainya. Untuk kali ini, opspwk menggunakan browser google.

3. Selanjutnya, ketik pada pada browser internet anda dengan nama bos kemdikbud dan klik saja  langsung link/situs bos kemdikbud go id yang muncul pada pencarian teratas atau bisa juga dengan klik alamat bos online yang sudah admin sediakan 👉 BOS KEMDIKBUD 


alamat bos online kemdikud

4. Berikutnya, tahap login bos online dengan memilih menu "login sekolah", klik Link Alternatif dan masukan Username Operator / login dapodik, NPSN Sekolah masing-masing dan Kode registrasi Dapodik


cara login bos online

5. Setelah itu, Ceklis kotak "I am not a robot" dan Klik "Proses"


Cara masuk bos online


6. Tutup Notifikasi Pemberitahua Update Rekening Bank yang muncul pada layar laptop atau komputer.

7. Tahap selanjutnya, klik menu "Tambah" pada lish pelaporan

8. Pilih Tahun Pelaporan, contoh : Tahun 2020

9. Kemudian, pilih kembali Tahap Pelaporan (Tahap I, Tahap II atau Tahap III)

10. Pada kolom Dana isikan jumlah Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diterima sekolah per tahapnya.

11. Jika sudah, pada laporan online bos maka masukan penggunaan dana bos atau uang bos yang telah digunakan oleh sekolah untuk setiap komponennya, mulai dari komponen Penerimaan Peserta Didik Baru sampai dengan Pembayaran Honor. Lihat pada uraian komponen yang telah admin jelaskan diatas.

cara laporan bos online


Baca Juga : Bos Online 2019 


12. Apabila semua komponen penggunan dana bos sudah terisi, langsung saja anda klik menu "Proses".


Cara Mengakhiri Laporan Bos Online

Pada kolom sebelum proses atau diatas menu proses, terlihat sisa dana bos yang telah digunakan oleh sekolah. Untuk pengisian komponen kegiatan, admin ingatkan kembali, sahabat bisa melihatnya pada Realisasi Penggunaan Dana Bos yang sudah di download atau tercetak pada aplikasi arkas, seperti Bos K7a tampilan rekapitulasi penggunaannya.

Bagaimana cara laporan bos online melaui Handphone ataua Tablet ? Nah! untuk lapor bos online pada bos kemdikbud atau fortal bos online, caranya atau langkah-langkahnya hampir sama seperti hal laporan bos melalui kompter/laptop, hanya tampilan saja yang berbeda ya sob. Jadi, sahabat mau laporan bos online dengan handphone ataupun laptop, data yang kita laporan nanti akan tetap tersimpan pada BOS Kemdikbud atau portal Bos Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Demikianlah tadi cara laporan bos online terbaru per tahap pada bos kemdikbud atau portal bos online, mudah-mudahan uraian yang telah admin buat tidak ada kesalahan, baik dari tulisan maupun langkah demi langkahnya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar