-->
Skip to main content

Cara Unduh Prefill Dapodik dan Registrasi Dapodik 2021

Cara Unduh Prefill Dapodik dan Registrasi Dapodik Versi 2021 - Prefill Dapodik adalah merupakan data beckup dapodik sekolah atau file pendukung untuk registrasi dapodik secara offline. Pada saat sekolah akan melakukan registrasi dapodik, maka disana kita diberikan pilihan registrasi secara offline atau  registrasi online. Sekolah yang melakukan registrasi dapodik secara online, tidak perlu repot-repot untuk mengunduh file prefill dapodik di beranda dapodikdasmen dan sebaliknya jika akan memilih registasi dapodik 2021 secara offline diwajibkan terlebih dahulu untuk download prefill dapodik tersebut pada situs resmi yang telah kemdikbud sediakan.

Cara Registrasi Dapodik 2021

Dapodik adalah suatu aplikasi pendataan yang digunakan oleh sekolah-sekolah dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Aplikasi Dapodik 2021 ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk penyimpanan data secara online atau tidak sebatas offline saja. Dengan adanya dapodik, sekolah diberikan kemudahan untuk menyimpan data siswa, data guru dan tendik, sarpas dan lain-lian. Kembali lagi pada topik pembahasan, prefill dapodik yang diunduh pada laman dapodikdas kemdikbud, digunakan bagi pengguna yang melakukan registrasi dapodik 2021 secara offline. Adapun online, hanya untuk pengguna yang melakukan registrasi dapodik versi 2021 secara online dan tidak perlu download prefill dapodik tersebut, karena secara otomatis akan link dengan server dapodik.


CARA UNDUH PREFILL DAPODIK DI DAPODIKDASMEN KEMDIKBD

1. Langkah Pertama, siapkan terlebih dahulu komputer atau laptop yang terhubung kedalam jaringan internet

2. Berikutnya, buka browser internet yang sering anda gunakan, misalnya google chrome, mozilla firefox, microsoft bing dan lain sebagainya.

browser internet google dan mozilla


3. Setelah itu, masukan alamat dapodikdasmen atau https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan 



4. Selanjutnya, pilih menu "Data Prefill" dan pilih link "Unduh Prefill Dapodik" menurut provinsi atau wilayah masing-masing



5. Jika sudah, pilih salah satu link alternatif download prefill dapodik yang mudah diakses oleh kalian.

link prefill dapodik


6. Setelah link unduhan prefill dapodik terbuka, masukan "username, password dapodik dan kode registasi dapodik"

7. Langsung saja, klik generate dan tunggu beberapa saat sampai menu download muncul.

Cara unduh prefill dapodik


8. Kemudian, klik "download"

cara download prefill dapodik


9. Selesai.



Baca Juga : Cara Instal Dapodik Terbaru Versi 2021 



CARA REGISTRASI DAPODIK VERSI 2021

1. Pertama, masukan prefill dapodik yang sobat unduh tadi pada folder Prefill Dapodik yang terdapat di "Partisi C" atau data program.

Cara menyimpan prefill dapodik


2. Selanjutnya buka aplikasi dapodik terbaru sudah terintal di loptop / komputer masing-masing

3.  Berikutnya, pilih jenis registasi "Offline" dan masukan username, password dan kode registrasi dapodik

4. Setelah itu, klik tombol "Submit" dan tunggu sampai proses registrasi dapodik offline selesai.

Cara registrasi dapodik 2021

5. Jika mengalami kegagalan pada saat proses registrasi dapodik versi 2021, ada kemungkinan prefill dapodik yang sahabat unduh tadi corrupt atau file rusak (proses unduhan tidak sempurna).


Baca Juga : Daftar Pembaharuan Dapodik 2021 


Itulah tadi langkah-langkah unduh prefill dapodik dan cara registrasi dapodik 2021. mudah-mudah tahap demi tahap atau proses download prefill dapodik dan registrasi dapodik berjalan dengan sempurna. Proses instal dapodik selain dapat dilakukan secara offline, sahabat bisa juga mencobanya untuk melakukan registrasi secara online, akan tetapi jika proses registrasi dilakukan secara online, jangan lupa untuk mengkoneksikan internet dan gunakan jaringan yang baik. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekliruan. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar