-->
Skip to main content

Tata Cara Cetak Surat Mutasi Siswa di Dapodikdasmen Kemdikbud

Tata Cara Mudah Cetak Surat Mutasi Siswa Melalui Link Resmi Dapodikdasmen - Mutasi siswa adalah merupakan perpindahan seorang siswa dari sekolah lama ke sekolah yang baru. Perpindahan/mutasi siswa pada dasarnya dikarenakan atas permintaan orang tua siswa atau wali siswa yang ikut pindah tugas kerja ke luar kota ataupun hal lainnya sehingga siswa tersebut diharuskan ikut bersamanya. Siswa Mutasi yang bersekolah di negeri/swasta dibawah naungan Dinas Pendidikan atau Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), maka siswa tersebut diwajibkan untuk di mutasikan melalui aplikasi dapodik. 

mutasi siswa dapodik

Mutasi Dapodik pada tahun sebelumnya atau di dapodik 2020 bisa dilakukan secara online oleh sekolah, karena pada situs dapodikdasmen diberikan menu khusus untuk melakukan mutasi siswa. Pada Dapodik 2021 di tahun 2020 mutasi siswa tidak bisa lagi dilakukan secara online (situs dapodikdasmen), mutasi siswa hanya dapat dilakukan melalui dapodik offline kemudian mengirimkannya melalui jaringan internet atau sinkron dapodik. Setelah berhasil melakukan mutasi siswa lewat dapodik, kemudian kami ingin cetak surat mutasi dapodik, bagaimana caranya? Nah! Pada kesempatan kali ini, admin hanya akan sedikit memberikan tata cara cetak surat mutasi siswa dapodik melalui link dapodikdasmen atau cetak surat mutasi dapodik untuk peserta didik. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak saja pasa uraian yang Opspwk.web.id sajikan. 


CARA CETAK SURAT MUTASI SISWA DI DAPODIKDASMEN KEMDIKBUD

Langkah-langkah cetak surat mutasi siswa di Dapodikdasmen : 

1. Langkah Pertama, persiapkan terlebih dahulu komputer atau laptop yang terhubung ke jaringan internet, atau bisa juga sobat blog menggunakan handphone yang kalian gunakan.

2. Berikutnya, buka browser internet yang sering sahabat gunakan, misalnya google chrom, mozilla firefox, internet explorer, microsoft bing dan lain sebagainya.

3. Selanjutnya, masukan alamat situs dapodikdasmen yaitu https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/


4. Jika sudah masuk ke beranda dapodikdasmen, maka pilih menu Login dan klik manajemen sekolah

mutasi siswa


5. Setelah itu, klik login menggunakan SSO => Masukan username dan password dapodik masing-masing

mutasi siswa


6. Kemudian, setelah berhasil masuk manajemen dapodikdasmen kalian tinggal klik menu siswa dan pilih keluar.

7. Jika sudah, cari nama siswa yang akan anda cetak surat mutasi siswa tersebut atau apabila ingin lebih cepat lagi dalam pencarian, pada menu Search masukan nama siswanya.

mutasi siswa





8. Langkah berikutnya setelah siswa berhasil ditemukan, maka sahabat blog tinggal klik gamba printer yang berwarna biru disamping Mutasi 

9. Cetak surat mutasi dapodik atau unduh surat mutasi siswa tersebut dalam pdf yang telah disajikan oleh kemdikbud atau admin dapodikdasmen kemdikbud.

9. Selesai.


Surat mutasi ini sangat berguna sekali dalam hal peng admistrasian data, agar memudahkan operator sekolah untuk menarik siswa tersebut dari sekolah sebelumnya. Oh ya! jika kalian ingin langsung masuk ke manajeman dapodikdanmen atau manajemen sekolah, tingal masukan saja alamat situ berikut https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/


Artikel Lainnya : Cara Cek Info GTK 2020 Untuk Guru dan Kepala Sekolah


Itulah tadi uraian tentang tata cara cetak surat mutasi siswa di dapodikdasmen kemdikbud. Semoga langkah-langkah yang admin sajikan ini dapat membatu sahabat semua yang belum mengetahui sama sekali tentang pembaharuan cara cetak surat mutasi siswa di dapodikdamen kemdikbud. Mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekeliruan. Sekian dan terima kasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar