--> Skip to main content

Cara Daftar Guru Belajar Mandiri Calon PPPK ASN di Handphone Android

Cara Daftar Guru Belajar Mandiri Calon PPPK ASN di Handphone Android - Belajar Madiri Seri PPPK artinya adalah merupakan suatu program yang telah disajikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk membatu para guru honorer calon asn pppk dalam pembelajaran materi, soal-soal atau latihan-latihan sebelum dibukanya seleksi pendaftaran p3k oleh BKN pusat. PPPK singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

cara pendaftaran guru belajar mandiri calon pppk asn

Program Guru Belajar Mandiri PPPK Kemendikbud ini bertujuan agar calon guru calon pppk mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK, mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang mudah, ringan, ringkas dan mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya. Maka dari itu para guru calon pppk disekolah dapat memanfaatkan momen kegiatan belajat tersebut untuk bekal nanti pada saat keguatian seleksi p3k dibuka oleh bkn atau pemerintah.


Persyaratan mengikuti program belajar mandiri pppk kemendikbud yaitu : 

  1. Semua guru non PNS yang terdaftar di Dapodik
  2. Telah memiliki Akun SIMPKB

Tahapan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK : 

Tahap 1 : Fasilitasi Pembelajaran
  1. Mempelajari substansi pedagogi dan bidang studinya masing-masing.
  2. Memanfaatkan fasilitas komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya.
  3. Mencoba beberapa soal formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman pada substansi yang telah dipelajari.
Tahap 2 : Tryout Modul Belajar Mandiri
  • Peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti latihan (tryout) soal-soal pedagogi dan bidang studinya masing-masing setelah proses belajar mandiri dilakukan.
  • Peserta yang telah mengikuti tryout dapat kembali ke Tahap 1 (Fasilitasi Pembelajaran) untuk melakukan pendalaman materi pedagogi dan materi sesuai bidang studinya masing-masing. Sehingga lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

Hasil yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK : 

  1. Me-refresh kembali pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat sebelumnnya
  2. Memberikan pengalaman baru terkait belajar mandiri dengan mengedepankan konsep komunitas pembelajaran
  3. Memanfaatkan teman sebaya (peer learning) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilan
  4. Lebih siap dalam menghadapi seleksi calon guru ASN PPPK

Syarat dan Ketentuan Program Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK : 

  1. Program ini diperuntukkan bagi peserta yang akan mengikuti seleksi guru ASN PPPK. Program ini hanya memfasilitasi peserta untuk belajar mandiri dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi dimaksud dan tidak menjamin kelulusan peserta menjadi guru ASN PPPK. Kementerian yang berwenang menentukan kelulusan adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB)
  2. Peserta wajib menuntaskan Fasilitasi Pembelajaran selama 7 (tujuh) hari sejak pemilihan mata pelajaran. Jika tidak tuntas maka diberikan kesempatan 1 (satu) kali untuk mengulang atau mengganti mata pelajaran
  3. Peserta tuntas Fasilitasi Pembelajaran yang belum mengikuti Try-Out dapat mengubah mata pelajaran lain sebanyak 1 (satu) kali
  4. Sanggup melaksanakan Try-Out sesuai jadwal yang ditetapkan oleh sistem. Bila masih tersedia jadwal Try-Out dan kuota Try-Out belum terpenuhi, peserta dapat memiliki kesempatan 1 (satu) kali Try Out Ulang

Untuk guru calon asn pppk yang ingin belajar mandiri secara online melalui sebuah portal layanan guru belajar, admin ingatkan kembali siapkan terlebih dahulu sim pkb kalian semua, agar mempermudah dalam proses login di sim pkb atau proses pendafataran online guru belajar mandiri pppk. Bagaimana cara daftar belajar mandiri pppk kemendikbud tersebut? Nah! untuk daftar belajar mandiri pppk yang disajikan oleh kemedikbud caranya cukup mudah, sobat blog tinggal ikuti langkah-langkahnya pada uraian yang telah kami sajikan.

CARA DAFTAR GURU BELAJAR MANDIRI PPPK KEMENDIKBUD MELALUI HANDPHONE ANDROID (SERI BELAJAR MANDIRI CALON ASN PPPK 2021)

1. Langkah Pertama, siapkan terlebih dahulu smartphone atau handphone yang sudah terhubung kedalam jaringan internet

2. Setelah itu, buka browser internet yang sering digunakan dan masukan alamat link portal guru belajar mandiri pppk / p3k yaitu https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ atau klik saja alamat tersebut

3. Selanjutnya, klik menu garis-garis dan pilih masuk
cara daftar guru belajar pppk

4. Berikutnya, login dengan akun sim pkb yang anda miliki

cara login belajar pppk

5. Jika sudah, pilih Belaja Mandiri Calon PPPK ASN dengan klik Selengkapnya

cara daftar belajar mandiri pppk


6. Maka, untuk melanjutkan proses kegiatan guru belajar mandiri calon pppk asn, silahkan klik menu "DAFTAR"
daftar pppk kemdikbud

7. Kemudian, anda akan diarahkan pada pemilihan Jenjang pendidikan terakhir D4/S1, sesaikan pendidikan, klik kotak kecil untuk menyetujui ketentuan pendaftaran, lalu klik "DAFTAR" 

pilih mapel pppk kemdikbud

8. Selesai. sobat guru tinggal menunggu proses pendaftaran 1 x 24 atau reload browser internet anda, maka akan muncul menu "TAUTAN FASILITASI" di dasboar tersebut.


Artikel Lainnya : 

DOWNLOAD RPP DARING SD KELAS 1 S/D 6 KURIKULUM 2013

CARA AKTIVASI AKUN BELAJAR ID 

CARA MENGATASI PTK INVALID DI VEVAL PTK KEMDIKBUD


Itulah tadi uraian mengenai Tata Cara Daftar Guru Belajar Mandiri Calon ASN PPPK Kemendikbud di Handphone Android. Bagi sobat blog yang lupa sim pkb masing-masing, silahkan bisa menghubungi ketua komunitasnya atau bisa juga ke admin Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat untuk reset akun sim pkb. Mudah-mudahan sobat guru yang mengikuti pelatihan ini selalu diberi kesehatan baik dalam pemahaman materi, pengerjaaa soal-soal dan lain sebagainya. Oh ya, admin lupa sampikan! pelatihan pppk kemendikbud ini waktunya fleksible, dapat dikerjakan kapan saja dengan batas tanggal yang telah ditentukan. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekeliruan. Sekian dan terima kasih.


Advertisement
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar