-->
Skip to main content

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Belajar id Kemdikbud

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Belajar id Kemdikbud - Akun Pembelajar Belajar id adalah merupakan akun yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu sekolah dalam mengakses suatu program atau aplikasi dan layanan elektronik yang disajikan Kemdikbud. Akun guru pembelajar dapat di manfaatkan oleh semua guru untuk menggunakan layanan elektronik dan aplikasi-aplikasi resmi dari kemdikbud agar membantu para guru disekolah dalam melayani peserta didiknya dalam pembelajaran daring atau kegiatan pembelajaran secara online dari rumah. 

cara aktivasi akun pembelajaran

Akun Pembelajaran Belajar id yang diluncurkan oleh kemdikbud dapat di gunakan oleh Guru, Tenaga Kependidikan dan Peserta didik, baik pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas 10-13, Program paket A kelas 5 dan 6, Program Paket B Kelas 7-9 dan Program Paket C Kelas 10-12.

Aplikasi apa saja yang yang dapat di akses bagi pengguna akun pembelajaran ? Aplikasi yang dapat diakses dengan akun pembelajar dari kemdikbud diantara yaitu Rumah Belajar, Google Classroom, Google Hangout, Google Slides, Google Sheet, Google Drive, Google Doc, Zoom, Zenius, Khan Academy, Bahaso, Pahamify, Pintaria, Udemy, Coursera, Ruang Guru, Buncee, CK 12, DataClassroom, Drawp for School, Formative, LanSchool, Rediker, Schoolrunner, Story Jumper, Sycamore school, RealSmart, Tes Blendspace, Tynker, Unicheck, quizizz, Salamender Soft, PBS learning media, Knovation learning, Flat for Edu Quipper dan Sekolah.mu


CARA AKTIVASI AKUN PEMBELAJAR BELAJAR ID

Untuk dapat mengakses akun guru pembelajar tersebut, sahabat harus terlebih dahulu meminta emailnya kepada sang pejuang data atau opertor sekolah yang telah di unduh pada laman pd.data.kemdikbud.go.id. Setelah memiliki akun pembelajar tesebut, sobat guru dapat dapat masuk untuk mengaktifkan akun guru pembelajar pada laman gmail seperti halnya kita masuk menggunakan email google. Bagaimana cara aktivasi akun pembelajaran ? Nah! Untuk mengaktifkan akun pembelajaran sobat blog tinggal lihat tata cara aktivasi akun pembelajar pada uraian yang Opspwk.web.id sajikan.

Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemdikbud
  • Langkah Pertama, siapkan terlebih dahulu akun pembelajar yang diberikan operator sekolah
  • Setelah itu, buka browser internet yang sering anda gunakan, baik membukanya browser internetnya melalui handphone, tablet, laptop ataupun komputer
  • Kemudian, buka laman google gmail di browser masing-masing atau sign in to google tautan Login Google Gmail atau sign in gmail
login google


  • Jika sudah, masukan email akun pembelajar anda dan Next
isi email akun pembelajaran

  • Selanjutnya, masukan kembali password akun pembelajar dan klik Next
isi password akun pembelajar

  • Berikutnya, anda akan di arahkan pada tautan persetujuan kebijakan pengguna, klik Accept

  • Selanjutnya, lakukan perubahan password email atau kata sandi email akun pembelajaran dengan password yang mudah diingat oleh anda.
perubahan kata sandi akun pembelajaran

  • Selesai

Selamat sobat blog sudah berhasil melakukan aktivasi dan dapat menggunakan layanan akun pembelajaran tersebut, simpan baik-baik akun anda. Karena akun tersebut merupakan akun komunitas Kembdikbud yang nanti segala layanan dan informasi dari kemdikbud kedepannya akan muncul pada email tersebut. Setelah guru yang sudah melakukan aktivasi akun pembelajar, biasanya aplikasi google classroom menjadi pilihan utama dari beberapa aplikasi yang ada saat ini, maka dari itu silahkan manfaatkan sebaik-baiknya akun pembelajaran kemdikbud.

Artikel Lainnya : 


Itulah tadi ulasan tentang tata cara aktivasi akun pembelajaran belajar id yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mudah-mudah akun tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Guru, Siswa dan Tenaga Kependidikan. Semoga bermanfaaat, mohon maaf jika terdapat kekeliiruan pada uraian yang telah admin sajikan. Sekian dan terima kasih.

Advertisement
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar