--> Skip to main content

Info Seputar Pendaftaran P3K 2021 dan Apakah Wajib Terdaftar di Dapodik ?

Info Seputar Pendaftaran P3K 2021 dan Apakah Wajib Terdaftar di Dapodik? - P3K adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Tahun sebelumnya perdaftaran formasi p3k terbatas, beda dengan tahun sekarang 2021 dimana guru honorer dan lulusan PPG dapat mengikuti seleksi PPPK atau P3K dan lulusan seleksi P3K akan menjadi guru p3k hingga batas 1 juta guru. Selain dari pada itu, bagi yang tidak lulus seleksi akan diberi kesempatan hingga 3 kali. 

info p3k 2021

Sebelum berlangsungknya seleksi p3k untuk guru tahun 2021, kembikbud nantinya akan menyediakan materi pembelajan secara daring atau secara online, agar dapat membantu para guru semua dalam mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi P3K Tahun 2021. Untuk mengetahui lebih lanjut simak sedikit paparan mengenai informasi seputar pendaftaran p3k dan apakah harus terdaftar di dapodik.


INFORMASI DAN TANYA JAWAB SEPUTAR P3K 2021 DAN APAKAH WAJIB TERDAFTAR DI DAPODIK ?

Informasi mengenai pendaftaran P3K 2021 :
1. Pendaftaran untuk menjadi guru PPPK terbuka untuk : 

  • Guru honorer THK-2 sesuai database THK-2 di Badan Kepegawaian Negara.
  • Guru honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan per 30 Juni 2020 (tidak harus memiliki NUPTK)
  • Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar sebagai guru. 

2. Bagi guru yang saat ini mengajar di sekolah negeri :

  • Jika tersedia formasi di sekolah tempat ybs. mengajar, akan otomatis didaftarkan di sekolah tersebut
  • Jika mengajar di dua sekolah atau lebih, akan didaftarkan di sekolah induk
  • Jika tidak tersedia formasi di sekolah tempat ybs. mengajar, ybs. dapat mendaftar di sekolah lain. 
3. Bagi guru swasta atau lulusan PPG yang saat ini tidak mengajar di sekolah negeri, dapat memilih mendaftar di sekolah negeri sesuai ketersediaan formasi. 

4. Pendaftaran dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara. 

5. Setiap peserta mendaftar di awal tahun 2021, dan diberikan kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali.



Baca Juga : Contoh SK PBJ Individu dan Kelompok



Pertanyaan-pertanyaan seputar pendaftaran P3K 2021

1. Bagaimana dengan guru yang belum terdaftar di Dapodik?

  • Bagi guru yang saat ini mengajar namun belum terdaftar di Dapodik maka tidak dapat mengikuti seleksi guru PPPK tahun 2021. Guru-guru tersebut disarankan segera berkoordinasi dengan sekolah dan Pemerintah Daerah terkait pendaftaran di Dapodik sebelum seleksi guru PPPK tahun 2022. 
2. Bagaimana dengan guru yang belum memiliki S1/D4?

  • Sesuai UU Guru dan Dosen, setiap calon peserta harus memiliki kualifikasi S1/D4. Bagi guru honorer yang belum memiliki kualifikasi S1/D4, disarankan untuk segera melakukan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
  • Latar belakang S1/D4 harus linear dengan mata pelajaran yang diajarkan. Di bulan November-Desember 2020, setiap calon peserta diminta mengisi latar belakang S1/D4 di situs InfoGTK : info.gtk.kemdikbud.go.id. 
3. Apakah tenaga kependidikan dapat mengikuti seleksi guru PPPK?

  • Tenaga kependidikan tidak dapat mengikuti seleksi guru PPPK
4. Mengapa guru swasta diperbolehkan mendaftar menjadi guru PPPK di sekolah negeri?

  • Tujuan utama pembukaan seleksi guru PPPK adalah untuk memenuhi kebutuhan guru, serta meningkatkan kesejahteraan guru-guru yang kompeten namun saat ini tidak dibayar dengan layak
  • Secara hubungan kerja, tidak jauh berbeda antara menjadi guru PPPK dengan menjadi guru kontrak di sekolah swasta. Misalnya, jangka waktu kontrak kerja guru PPPK minimal satu tahun. Maka jika seorang guru swasta kesejahteraannya sudah layak, tidak perlu mendaftar menjadi guru PPPK di sekolah negeri.

Informasi mengenai penempatan P3K
1. Bagi peserta yang lulus passing grade :
  • Di setiap sekolah, diprioritaskan guru yang sudah mengajar di sekolah tersebut dibandingkan guru swasta atau lulusan PPG yang mendaftar ke sekolah tersebut
  • Jika jumlah peserta yang lulus passing grade di sebuah sekolah melebihi formasi di sekolah tersebut, peserta-peserta dengan passing grade tertinggi akan ditempatkan terlebih dahulu. 
2. Peserta-peserta yang tidak mendapatkan tempat di sekolah pilihannya akan dirangking kembali :
  • Peserta rangking tertinggi akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang paling diprioritaskan Kemendikbud berdasarkan rapor mutu di kabupaten/kota yang sama, guna mendukung pemerataan kualitas pendidikan
  • Peserta bisa menolak penempatan mereka dan memilih untuk ikut ujian seleksi berikutnya
3. Bagi peserta yang tidak lulus passing grade : 
  • Pemerintah daerah dapat mendistribusikan peserta yang tidak lulus passing grade untuk tetap mengajar sebagai guru honorer sepanjang kebutuhan guru di sekolah tersebut belum terisi oleh PNS atau PPPK
  • Pemerintah daerah juga dapat menempatkan peserta yang tidak lulus passing grade sebagai tenaga kependidikan honorer.


Untuk mengetahui selengkapnya tentang info apa saja yang ada dalam mengenai Seleksi P3K Tahun 2021, silahkan liat pada drive telah admin sajikan. 


Download [Simpan]


Artikel Lainnya : 

CARA MENGATASI NIK PTK SILANG MERAH DI VERVAL PTK


Itulah tadi seputar informasi mengenai seleksi pendaftaran P3K 2021, mudah-mudahan sobat guru yang yang mengikuti seleksi PPPK atau P3K Tahun 2021 diberi kemudahan dan kelancaran, baik dari segi administrasi ataupun menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada saat ujian seleksi P3K Tahun 2021. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam informasi ini. Terus pantau situs bkn atau kemdikbud agar mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pendaftarn pppk tersebut.

Advertisement
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar