-->
Skip to main content

Draf Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2020

Draf Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2020 - Akreditasi merupakan serangkai kegiatan penilaian baik teknis maupun akademis suatu penyelenggara pendidikan atau sekolah dengan tujuan menghasilkan lulusan spesifikasi kompetensi yang relevan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan. Selain dari pada itu sebagian orang berpendapat, akreditasi adalah merupakan potret atau suatu gambaran pada umumnya lembaga pendidikan atau sekolah yang terlihat nyata dengan kondisi keadaan yang sebenarnya melalui program kerja yang telah dibuat. 

Instrumen akreditasi sd


Sebelum mengahadapi akreditasi, baik sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) dan sederajat lainnya, biasa mempersiapkan dokumen-dokumen penting atau dokumen pendukung untuk akreditasi tersebut. Dokumen pendukung yang harus dipersiapkan oleh sekolah, rincian kelengkapan peniliannya terdapat dalam intrumen akreditasi. 

Intrumen akreditasi yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini yaitu instrumen akreditasi sd 2020 atau instrumen akreditasi SD/MI Tahun 2020. Untuk mengetahui selengkapnya tentang dokumen akreditasi yang harus dipersiapkan oleh Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) simak saja pada ulasan yang kami sajikan.


Baca Juga : Contoh RKT SD REV.2019 



Draf Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2020

Dokumen Akreditasi untuk penilaian pada setiap komponen kompetensi yang telah telah rinci, terdapat dalam instrumen akreditasi sd 2020 yaitu sebagai berikut  : 

A. Kompetensi Mutu Lulusan

- Poin Ke-1 (Satu)

  • Tata tertib sekolah/madrasah
  • Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  • Jurnal harian Guru piket
  • Catatan Guru pembimbing/wali kelas/guru BK
  • Poster afirmasi
- Poin Ke-2 (Dua)
  • Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  • Catatan Guru Agama
  • Buku aktifitas kerohanian siswa/laporan kegiatan
  • Poster afirmasi/foto-foto kegiatan
- Poin Ke-3 (Tiga)
  • Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  • Perangkat pembelajaran
  • Catatan guru kelas/mata pelajaran
  • Pajangan hasil kerja siswa
  • Poster afirmasi/foto-foto kegiatan
- Point Ke-4 (Empat)
  • Dukungan program pencegahan perundungan sekolah/madrasah dan bukti-bukti penangan bully/perundungan.
  • Catatan guru BK
  • Poster afirmasi, pajangan slogan dan papan bicara
- Point Ke-5 (Lima)
  • Dokumen program pengembangan kemampuan abad ke-21
  • Dokumen program kesiswaan
  • RPP guru
  • Catatan guru
  • Sertifikat, piala, piagam dan sebagainya
- Point Ke-6 (Enam)
  • Dokumen program pengembangan minat dan bakat siswa dalam pengembangan minat dan bakat
  • Pajangan kresi seni budaya siswa
  • Sertifikat, piala, piagam, foto-foto kegiatan dan sebagainya
- Point Ke-7 (Tujuh)
  • Hasil Ujia Nasional (UN) dalam 3 tahun terakhir
  • Hasil Ujian Sekolah Berstandan Nasional (USBN) dalam 3 tahun terakhir
  • Rata-rata nilai rapot kelas dalam 3 tahun terakhir
  • Data lulusan yang diterima dijenjang pendidikan berikutnya (SMP/SMA/PTN)
- Point Ke-8 (Delapan)
  • Buku Catatan siswa
  • Tugas-tugas siswa
- Point Ke-9 (Sembilan)
  • Dokumen penelusuran mutu siswa/lulusan





B. Komponen Proses Pembelajaran

- Poin Ke-10 (Sepuluh)
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Jurnal / Catatan harian guru mata pelajaran
  • Dokumen suvervisi kepala sekolah/madrasah
- Point Ke-11 (Sebelas)
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Instrumen penilaian pengatahua, sikap dan keterampilan
  • Nilai atau skor hasil penilaian
  • Jurnal atau catatan harian guru tentang kapan penilaian dilaksanakan
  • Catatan tindak lanjut hasil evaluasi
- Poin Ke-12 (Dua Belas)
  • Dokumen hasil tes diagnostik atau tes lain
  • Program pelaksana pengayaan
  • Program pelaksana remedial
  • Catatan bukti program remedial dan pengayaan telah dilaksanakan 
  • Hasil penilaian pelaksanaan remedian dan pengayaan
  • Bukti-bukti lainnya
- Poit Ke-13 (Tiiga Belas_
  • Observasi .......
- Point Ke-14 (Empat Belas)
  • Program sekolah yang terkait dengan budaya literasi membaca dan menulis
  • Bahan bacaan yang tersedia di kelas dan atau perputakaan
  • Daftar peminjaman buku perpustakaan
- Poin Ke-15 (Lima Belas)
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terutama penggunaan dalam hal penggunaan media dan sumber belajar
  • Dokumen tenang sarana dan prasarana yang bisa digunakan dalam pembelajaran
  • Tata tertib pemanfaatan sarana prasarana memuat beberapa anjuran dan larangan

C. Komponen Mutu Guru

- Point Ke-16 (Enam Belas)
  • Kelengkapan Dokumen RPP
  • Indikator
  • Srategi/metode pembelajaran
  • Tahapan pembelajaran
  • Pemanfaatan lingkungan
  • Pemanfaatan TIK
  • Dokumen evaluasi dan refleksi
- Point Ke-17 (Tujuh Belas)
  • Dokumen hasil evaluasi diri
  • Dokumen refleksi dan dokumen rencana tindak lanjut
  • Dokumen perbaikan kinerja yang dilakukan oleh guru sejawat

- Point Ke-18 (Delapan Belas)
  • Karya tulis yang dipublikasikan
  • Karya tulis yang tidak dipubikasikan 
  • Bukti keikutsertaan kegiatan pengembangan profesi
- Point Ke-19 (Sembilan Belas)
  • Hasil pengembangan / modifikasi strategi, model. dan teknik pembelajaran
  • Hasil evaluasi pengembangan / modifikasi strategi,  model, metode pembelajran
  • Bukti hasil penyebarluasan hasil pengembangan
- Point Ke-20 (Dua Puluh)
  • Kelengkapan Dokumen RPP
  • Jejaring KD dan Indikator untuk masing-masing mata pelajaran
  • Strategi atau metode pembelajaran
  • Tahapan pembelajaran
  • Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
  • Dokumen Evaluasi dan Refleksi


D. Komponen Manajemen Sekolah

- Point Ke-21 (Dua Puluh Satu)
  • Visi, misi dan tujuan sekolah
  • Dokumen atau notulen proses penyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah (Undaanga rapat, foto kegiatan, absensi dan sebagainya
  • Rencana kerja sekolah (RKS), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
  • Dokumen sosialisasi visi, misi dan tujuan sekolah
  • Dokumen hasil evaluasi tahunan pencapaian visi, misi, tujuan sekolah dan rencana sekolah
- Pint Ke-22 (Dua Puluh Dua)
  • Program supervisi yang dibuat kepala sekolah / madrasah
  • Insrtumen supervisi yang digunakan
  • Catatan pelaksanaan supervisi yang mendeskripsikan tahap praobervasi, observasi dan refleksi
  • Catatan evaluasi pelaksanaan supervisi sebagai bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan 
  • Rekomendasi tindak lanjutt perbaikan yang disarankan oleh kepala sekolah / madrasah
  • Pelaksanaan tindak lanjut pemantauan pelaksanaan saran tindak lanjut
  • Surat Penugasan / SK Penugasan





- Poin Ke-23 (Dua Puluh Tiga)
  • Rencana pengembangan sekolah atau sejenisnya yang menunjukkan kemampuan sekolah memanfaatkan potensi dan merebut peluang yang ada
  • Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  • Rencana kegiatan dan anggaran tahunan (RAKT)
  • Dokumen/ MOU kerja sama pihak sekolah dengan lembaga di luar sekolah
  • Proposal/TOR
  • Notulen rapat dan kegiatan yang menunjukkan kegiatan kreatif dan inovatif sekolah (foto, berita acara, notulen, dan sebagainya 
  • Bukti lain tentang usaha-usaha kreatif yang dilakukan kepala sekolah
  • Publikasi program di web / medsos
  • Bantuan lembaga luar kepada sekolah yang berdampak penting bagi pengembangan sekolah
- Poin Ke-24 (Dua Puluh Empat)
  • Rencana dan program sekolah atau yang sejenisnya
  • Notulen kegiatan baik dalam bentuk catatan maupun foto dan bukti lainnya yang menunjukkan jalinan komunikasi dan interaksi baik tatap muka maupun melalui media sosial dengan berbagai pihak
  • Dokumen kerja sama antara siswa atau guru dengan warga masyarakat termasuk orang tua siswa (al. SK kepanitiaan)
- Point Ke-25 (Dua Puluh Lima)
  • Kebijakan dan program kerja sekolah yang berkaitan dengan budaya bersih, indah, aman, dan tertib
  • Notulen kegiatan baik dalam bentuk catatan maupun foto dan bukti lainnya yang menunjukkan adanya pembiasaan warga sekolah dalam penanaman budaya bersih, indah, aman dan tertib
  • Dokumen terkait dengan prestasi sekolah dalam lomba-lomba di bidang lingkungan hidup
  • Keberadaan slogan dan pesan-pesan afirmasi
- Point Ke-26 (Dua Puluh Enam)
  • Kebijakan dan program kerja sekolah yang berkaitan dengan pelibatan masyarakat
  • Bukti pelaksanaan kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti undangan, daftar hadir, dokumentasi
- Poit Ke-27 (Dua Puluh Tujuh)
  • Dokumen kurikulum secara utuh
  • Silabus
  • RPP
  • Program tahunan
  • Program semesteran
  • Kalender akademik
  • Dokumen pengembangan kurikulum seperti notulen rapat, SK Tim, absensi kegiatan, dsb.
- Point Ke-28 (Dua Puluh Delapan)
  • Pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan
  • Pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan
  • Deskripsi kerja guru dan tenaga kependidikan
  • Deskripsi kerja guru dan tenaga kependidikan
  • Pelatihan, kursus, seminar, workshop, dsb yang diikuti oleh tenaga kependidikan
  • Instrumen penilaian kinerja
  • Hasil penilaian kinerja
  • Pemberian tindak lanjut penilaian kinerja
  • Sistem atau kebijakan penggajian di sekolah
  • Daftar gaji guru dan tenaga kependidikan
  • Standar Operasi dan Prosedur Pengelolaan SDM di sekolah
- Point Ke-29 (Dua Puluh Sembilan)
  • Pembagian tugas guru
  • Uraian tugas guru
- Point Ke-30 (Tiga Puluh Satu)
  • 1 SOP Pengelolaan sarana dan prasarana
  • Program kerja sekolah (RKJM, RKT, RKAS)
  • Kartu Inventaris Barang (KIB) A, B, C, D, E, F
  • Kartu Inventaris Ruangan (KIR)
  • Buku pengeluaran barang
  • Dokumen pemeliharaan barang
  • Penugasan staf kebersihan/keindahan


Baca Juga : Contoh RKJM SD



- Point Ke-31 (Tiga Puluh Satu)
  • Rencana kerja sekolah dan rencana anggaran sekolah
  • Kebijakan pembiayaan sekolah
  • Bukti penerimaan sumbangan dan bantuan
- Point Ke-32 (Tiga Puluh Dua)
  • Rencana Kerja Sekolah (RKS)
  • Laporan keuangan sekolah
  • Dokumen hasil audit oleh auditor internal atau eksternal
  • Dokumen penyampaian hasil audit ke pihak-pihak yang berkepentingan
- Point Ke-33 (Tiga Puluh Tiga)
  • Foto-foto kegiatan siswa
  • Informasi yang dipublikasikan terkait dengan kegiatan siswa
  • Data siswa yang mengikuti kegiatan kesiswaan
- Point Ke-34 (Tiga Puluh Empat)
  • Program BK (harian, mingguan, bulanan, semester, tahunan)
  • Format layanan yang sudah diisi
  • Rencana pelaksana layanan


Selengkapnya : 

DRAF PDF INSTRUMEN AKREDITASI SD 2020

Download 


Itulah tadi rincian uraian dokumen pendukung yang terdapat pada Draf Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2020. Untuk sobat blog yang membutuhkan dokumen PDF Instrumen Akreditasi sd 2020 tersebut, silahkan unduh saja pada tautan yang telah kami sajikan. Semoga bermanfaaat, mohon maaf jika terdapar kekeluruan pada uraian diatas. Sekian dan terima kasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar