-->
Skip to main content

Contoh RKJM SD Terbaru Tahun 2018 s.d 2022


Contoh RKJM SD - RKJM yaitu merupakan singkatan dari Rencana Kerja Jangka Menengah, dimana rkjm dibuat atau disusun sebagai panduan sekolah dalam melaksanakan program-program kegiaatan selama 4 tahu kedepan. Dengan adanya rkjm sekolah ,maka sekolah dapat memenuhi perencanaan dalam melaksanakan tugas untuk mengembangkan 8 Standar Nasional Pendidikan. Apa saja itu 8  Standar Pendidikan Nasioanal Pendidikan? 8 standar pendidkan nasional tersebut yaitu sebagai berikut :
  1. standar isi, 
  2. standar kompetensi lulusan
  3. standar proses
  4. standar pendidik dan tenaga kependidikan
  5. standar, pengelolaan, 
  6. standar sarana dan prasarana
  7. standar penilaian 
  8. standar pembiayaan.

Selain itu, agar terpenuhinya syarat ketentuan 8 Standar Nasional Pendidikan / PP 19 Tahun 2017, maka sekolah harus dapat melaksanakan standar nasioanal tersebut, jika ada bagian-bagian standar yang belum terpenuhi, sekolah bisa meningkatkannya kembali pada tahun berikutnya. Sebagai contoh, sekolah pada tahun pertama berencana untuk membeli perlengkapan kegiatan ekstrakurikuler agar dapat meningkatkan bakat perkembangan siswa, apabila perlengkapan yang termasuk kedalam standar sarana dan prasarana sekolah belum dapat terpenuhi, maka sekolah bisa merencanakannya pada tahun berikutnya. Jika ingin standar sarana dan prasarana tersebut itu terpenuhi, maka tidak ada salahnya membeli pada tahun tersebut.

Baca Juga : Contoh Rencana Kerja Tahunan Sekolah  

Pada Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah melibatkan dewan guru, komite sekolah, pengawas dan unsur dinas pendidikan. Dengan melinbatkan semua unsur pemangku kepentingan tersebut, maka sekolah dapat melakukan proses demi proses, mulai dari analisis lingkungan sekolah, kelemahan yang ada disekolah dan mengevaluasinya kembali.




Demikilanlah tadi sedikit ulasan tentang rkjm sekolah , mudah-mudahan dengan adanya rkjm doc yang sudah kami sediakan pada menu unduhan, dapat meningkatkan kembali perkembangan sekolah Bapak/Ibu. Semoga betmanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar