-->
Skip to main content

Tutorial Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.a

Tutorial Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.a - Dapodik adalah merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh kemdikbud, untuk memudahkan sekolah dalam melakukan pengiriman data-data pokok yang berkaitan dengan siswa, guru, sarana-prasarana sekolah dan lain sebagainya. Dapodikdasmen / aplikasi dapodik sangatlah penting bagi sekolah, karena sekolah yang dibawah naungan kemdikbud yang telah mengirimkan data / sinkonisasi dapodik, maka sekolah tersebut itu akan mendapatkan bantuan operasioal sekolah (bos).


Tim Dapodikdas Pada tanggal 20 September 2019, telah merilis dapodik terbaru dalam versi 2020.a dan versi tersebut merupakan pembaharuan dari dapodik 2020 yang sebelumnya telah hadir. Lalu apa saja pembaharuan yang ada pada apikasi dapodik 2020 a? Pembaharuan yang ada pada versi 2020 a yang termuat pada website resmi dapodikdasmen yaitu sebagai berikut :
  • (Perbaikan) Bugs tampilan standar sarpras pada beranda
  • (Perbaikan) Bugs tampilan sanitasi pada data rinci sekolah
  • (Perbaikan) Bugs pada jenjang SD,SMP dan SLB ketika ada ruang yang berjenis ruang praktek dan ruang bengkel. Telah dipindahkan ke tabulasi ruang penunjang
  • (Perbaikan) Bugs pada tabulasi Ruang Praktek khusus untuk jenjang SMK
  • (Perbaikan) Bugs pada tampilan otomatis dengan warna jingga pada menu Alat
  • (Perbaikan) Bugs pada saat ingin merubah jurusan dan kurikulum rombongan belajar pada menu Rombongan Belajar
  • Selengkapnya => http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id 

Dapodik versi terbaru merupakan Dapodik_2020.a, apikasi terbaru ini bagi sekolah-sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi data dengan menggunakan dapodik versi sebelumnya 2020. Jika sekolah belum pernah sama sekali sinkron dapodik dengan 2020, maka gunakan Patch Dapodik 2020.a.

Cara Instal Aplikasi Dapodikdasmen 2020.a 

  • Pertama, unistal terlebih dahulu program dapodik 2020 (Saran kami, setelah unistal program dapodik,  restar laptop sahabat opspwk.web.id. 
  • Kemudian setelah on kembali komputer / laptopnya, maka lakukan instal dapodik 2020.a, langsung saja klik 2x / doble klik. Apabila sahabat belum mempunyai aplikasi-nya klik saja menu download yang kami sediakan atau klik → disini 
  • Berikutnya, langsung pilih tombol "Saya Setuju" → "Lanjut 2X" → "Tunggu Proses Instalasi" dan "Finish / Selesai". 

  • Setelah berhasil instal dapodik 2020a., Jangan lupa registrasi ulang dan yang perlu diingat juga, apabila kita melakukan registrasi dapodik online, cek sebelumnya koneksi internet yang digunakan, harap selalu stabil. Jika ingin melakukan registrasi secara offline, maka download terlebih dahulu prefillnya, lalu simpan di folder prefiil_dapodik pada disk C. 
  • Setelah berhasil melakukan registrasi ulang, login dengan user dapodik lama terlebih dahulu, kemudian rubah password ke yang baru.


Baca Juga : Cara merubah password gtk di dapodik 


Cara Instal Patch Dapodikdasmen 2020.a 

  • Tahap Awal, download patch dapodik 2020.a 
  • Selanjutnya, Instalkan pacth dapodik 2020a yang telah kita unduh 
  • Kemudian, klik lanjut saya setujupasangselesai


Download : 

Untuk pembaharuan pada aplikasi, setelah berhasil melakukan Instalasi versi 2020.a jangan lupa untuk melakukan Update kembali dengan menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2020.a Patch 1, unduh pada tautan yang kami sediakan.



Demikianlah tadi langkah-langkah instal aplikasi dapodik 2020.a, mudah-mudahan dengan adanya tutorial ini dapat membantu sekolah-sekolah yang kesulitan dalam melakukan instalasi dapodik 2020a. Semoga bermanfaat, mohon maat jika terdapat kekeliruan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar