-->
Skip to main content

Cara mengetahui perbedaan NIK sisiwa Isian Dapodik dengan data Disdukcapil

Cara mengetahui perbedaan NIK sisiwa isian dapodik dengan data yang dukcapil - NIK merupakan nomor identitas yang sangatlah penting dimiliki oleh seseorang. NIK atau nomor induk kependudukan setiap orang itu berbeda-beda, dan kode wilayahnya pun juga beda beda.

Cara mengetahui perbedaan NIK sisiwa didapodik dengan data disdukcapil

Nomor NIK tersebut didapat ketika seseorang sebagai warga indonesia mendafarkan dirinya atau keluarganya ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) di daerahnya masing-masing dan mempunyai kekuatan hukum yang sah. Tanpa adanya No NIK ,seseorang akan kesulitan untuk memenuhi persyaratan  dalam hal yang berkaitan administrasi data. Sebagai contoh, "Ketika seorang yang ingin melakukan registrasi kartu handphone atau smartphone, nik merupakan salah satu syarat yang harus terpenuhi/ anda isi". Salah satu contoh lainnya ketika orang tua / wali yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah,  biasanya pertama kali yang ditanyakan oleh pihak sekolah yaitu Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga. Karena pada akte kelahiran dan kartu keluarga tercantum nomor induk kependudukan (NIK) calon siswa tersebut.

Pada Tahun 2019 ini, kemdikbud memberikan layanan informasi kepada sekolah-sekolah yang terdapat pada situs pd.kemdikbud.go.id untuk melihat perbedaan data yang telah sekolah entri didapodik dan data yang ada pada disdukcapil. Hal tersebut merupakan integritasi antara dapodik dan dinas dukcapil. Untuk melakukan perbandingan data agar mengetahui perbedaan data antara keduanya, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit langkah-langkah untuk pengecekan data yang terisi pada aplikasi dapodik dan data pada dukcapil.

Cara cek data siswa yang telah terisi di dapodik dan data yang terdaftar pada dukcapil. 

  • Pertama, buka aplikasi browser internet yang sering anda gunakan, kemudian ketik alamat situs http://pd.data.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan komputer / laptop atau bisa juga dengan handphone android sahabat.
  • Kedua, Masukan username dan password dapodikdasmen, seperti halnya cara login verval pd



Baca Juga : Cara Login verval pd sdm kemdikbud


  • Ketiga, Klik menu pada pojok kanan atas, lalu pilih dukcapil

pilih diskucapil


  • Keempat, Maka pada halaman tersebut akan terlihat perbedaan dan kesamaan data antara dapodik dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ). Jika yang berwarna hijau, berarti siswa tersebut sudah sesuai (sudah memiliki kesamaan) dan apabila warna merah, maka peserta didik bersangkutan belum sesuai datannya.

merah dengan nama siswa yang belum sesuai


Baca Juga : Cara reset akun ptk di dapodik


Dalam perbadingan data antara dapodik dan dukcapil, apabila menemukan data yang berbeda pada dapodik, misalkan nama, tempat dan tanggal lahir dan nama ibu kandung, segera perbaiki melalui verval pd kemdikbud dengan melampirkan hasil scan akte kelahiran / kartu keluarga / surat keterangan lahir . NIK yang tertulis pada kartu keluarga berbeda dengan data siak dukcapil? Dalam hal tersebut mungkin saja bisa terjadi kesalahan penulisan no nik, maka untuk memastikannya, datang langsung saja ke disdukcapil kabupaten/kota wilayah setempat.

Demikianlah tadi ulasan tentang Cara mengetahui perbedaan NIK sisiwa di dapodik dengan data yang dukcapil , semoga dengan hadirnya aplikasi ini dapat membantu sekolah-sekolah negeri maupun swasta. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada urian yang telah kami buat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar