-->
Skip to main content

Tips mengetahui siswa yang sudah memiliki NISN dan belum memiliki NISN pada situs verval pd kemdikbud

Tips mengetahui siswa yang sudah memiliki NISN dan belum memiliki NISN pada situs verval pd kemdikbud - verval pd adalah suatu situs pengelolaan data peserta didik yang di rancang oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan kemdikbud. Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) tersebut bertujuan untuk membandikan antara data peserta didik yang ada di dapodik dengan yang ada pada situs itu sendiri, sehingga siswa yang dikirim melalui aplikasi dapodik sekolah yang masuk ke pdsp akan dilakukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh tim pusat, untuk memastikan agar siswa hanya memiliki satu no nisn (Sumber: Buku Panduan Sistem PDSP).

siswa meliliki nisn dan belum memiliki nisn


NISN adalah merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN sangat penting dimiliki oleh semua siswa yang duduk di bangku sekolah sd , smp , sma dan smk sederajat. Karena nomor tersebut digunakan untuk penarikan data siswa mutasi, siswa melanjutkan ke jenjang berikutnya dan sampai dengan yang tertulis kedalam Ijazah.

Pada kesempatan kali ini kami akan memabikan sedikit informasi bagaimana cara mengetahui siswa yang sudah memiliki nisn dan sisiwa yang belum memiliki nisn. Mau tau bagaimana caranya? langsung saja lihat pada uraian yang akan opspwk web id bahas berikut.

TIPS MENGETAHUI SISWA YANG SUDAH MEMILIKI NISN DAN BELUM MEMILIKI NISN 

  • Langkah Pertama , Buka aplikasi browser internet google chrome/mozila firefox, ketik di verval pd kemdikbud go id  https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id  
  • Kemudian verval pd login, cara login verval pd yaitu masukan "username" dan "password" (email dan password dapodik) lalu jangan lupa klik "Log In". 
cara login verval pd, masukan email dan password dapodik

  • Selanjutnya akan muncul pada tampilan dasbor komputer / laptop atau handphone dalam bentuk grafik lingkaran. Pada gratfik tersebut memuat perbandingan data siswa verval pd belum memiliki nisn dan data yang sudah masuk kedalam referensi / sudah punya NISN.
  • Tahap berikutnya, terilhat ada beberapa menu khusus yang ada pada situs verval pd dan tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Untuk melanjutkan pada pengecekan data siswa yang memiliki nisn buka saja di menu referensi, klik saja " Aktif ". Maka akan muncul beberapa sisiwa yang sudah memliki nins mulai dari kelas bawah sampai dengan kelas atas.
  • Selanjutnya, apabila sahabat ops ingin melihat siswa yang belum ada NINS-Nya, Klik "Belum Memiliki NISN", maka disana akan terlihat peserta didik yang belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

  • Selesai.

Demikianlahlah tadi Tips mengetahui siswa yang sudah memiliki NISN dan belum memiliki nisn pada situs verval pd kemdikbud , selain untuk cek nisn siswa , siswa lulusanpun dapat kita lihat pada menu referensi setelah menu "Aktif". Semoga apa yang kami sampaikan tidak terdapat kekeliruan. Semoga ulasan yang ini bermanfaat bagi semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar