-->
Skip to main content

RKT Terbaru SD/MI

RKT Tahun 2019 - Assalamualaikum. Halo sahabat Opspwk web.id sekalian, dimanapun berada semoga dalam keadaan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting bagi anda semua, terutama untuk sekolah baru maupun lama yang belum sama memahami betul  tentang isi dari rencana kerja tahunan (RKT) dan rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS). Di kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tentang gambaran yang ada pada rencana kerja tahunan sekolah. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak pada ulasan berikut.


Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah rencana kerja sekolah yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan setiap kegiatan disekolah, dalam kurun waktu 1 tahun. Pada RKT itu memuat ketentuan yang sangat jelas mengenai kesiswaan, kurikulum & kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, peran serta masyarakat dan kemitraan, budaya dan lingkungan sekolah, serta rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.

Baca Juga : Program UKS Terbaru 

Tujuan dari penyusan RKT adalah sebagai berikut :
  1. Untuk memberikan dasar, arah, dan tujuan yang jelas bagi sekolah negeri dan swasta  dalam mengembangkan proses pendidikan selama kurun waktu 1 tahun.
  2. Untuk memberikan gambaran ideal sekolah selama kurun waktu 1 tahun.
  3. Untuk memberikan informasi menyeluruh mengenai sekolah yang meliputi kondisi kekinian dan masa depan sekolah selama 1 tahun.

Manfaat penyusuan RKT adalah sebagai berikut :
  1. Menjadi pedoman kerja (kerangka acuan) dalam mengembangkan sekolah masing-masing.
  2. Sebagai dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah.
  3. Sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumber daya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah.


Ruang Lingkup RKT adalah sebagai berikut :
  1. Rencana kerja atau program kerja sekolah selama 1 Tahun.
  2. Jadwal kegiatan sekolah dalam 1 tahun.
  3. Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah.

Dalam Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) ada beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut :
  1. Memembentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS) dengan bukti pendukung berupa SK TPS atau Surat Keputusan TIM Pengembang Sekolah.
  2. Menganalisis program pada rencana kerja jangka menengah yang menjadi skala prioritas pada tahun bersangkutan dengan pendukung berupa Hasil analisis sekolah.
  3. Melaksanakan program di tahun bersangkutan memerlukan pembiayaan, maka perlu ada uraian dari program, volume, satuan, harga satuan, jumlah harga, dan sumber dana.
  4. Menyetujui melalui rapat dewan pendidikan setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan disahkan oleh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota, dan untuk sekolah swasta rencana kerja itu disahkan oleh penyelenggara sekolah.
  5. Menyusun rencana kerja tahunan harus dilengkapi dengan rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS) dalam dokumen tertulis agar mudah dibaca dan dipahami oleh para pemangku kepentingan pendidikan.

Sistematika RKT

Sistematika Rencana Kerja Tahunan dalam Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017 meliputi :
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan Hukum
C. Tujuan
D. Manfaat Menjelaskan
E. Ruang Lingkup

BAB II PROFIL SEKOLAH
BAB III RENCANA KERJA TAHUN ....
BAB IV RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
BAB V PENUTUP



Pada penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah itu dibutuhkan suatu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan anggaran pendapatan dan belanja tahunan sekolah yang meliputi :
  • sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola.
  • penyusunan dan pencairan anggaran, serta penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional.
  • kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya.
  • pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran untuk dilaporkan kepada komite sekolah serta institusi di atasnya, mengacu pada ketentuan Standar Biaya dan Standar Biaya Kementerian Keuangan.

Bagi bagi sahabat opspwk.web.id yang ingin unduh contoh rencana kerja tahunan (RKT) sekolah. Silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan :


Demikian tadi ulasan mengenai RKT Tahun 2019, semoga apa yang kami sampaikan tadi dapat dipahami oleh semua pembaca. Apabila ada salah dalam tutur kata kami mohon maaf sebesar-besarnya karena kami masih dalam tahap belajar. Semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih....

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar