-->
Skip to main content

Cara Mengetahui Profil Mahasiswa di Forlap Dikti

Cara Mengetahui Profil Mahasiswa di Forlap Dikti - Assalamualaikum, Halo sahabat opspwk.web.id sekalian dimanapun kalian berada semoga dalam keadaan sehat, di kesempatan kali ini kami akan menyajikan ulasan yang cukup penting bagi anda semua, terutama anda yang masih kebingungan dalam cek status mahasiswa di forlap dikti. Pada Kesempatan ini kami akan membagikan ulasan mengenai cara mengetahui profil mahasiswa di forlap dikti.

Cara Cek Profile Mahasiswa pada situs Forlap Dikti

Forlap Dikti adalah salah satu fasilitas  Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi atau biasa dikenal dengan Kementrian Riset Dikti adapun sebutan lainya yaitu PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Forlap Dikti merupakan layanan Kementrian Riset Dikti yang dimana merupakan suatu system yang mengelola data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional mulai dari profil perguruan tinggi, profil program studi, penelitian, dosen dan mahasiswa aktif sampai dengan lulusan.

Dari berbabagi informasi yang kami dapat banyak sekali mahasiswa di perguruan tinggi, masih banyak kesulitan untuk cek data mereka sendiri di forlap dikti, mungkin bisa saja karena kurang pahamnya dalam menggunakan fasilitas internet. Apabila mahasiswa terdaftar pada situs forlap dikti atau pddikti, maka status mahasiswa tersebut sudah tidak diragukan lagi karena mereka memang benar terdaftar di perguruan tinggi bersangkutan. Dan apabila data tidak ditemukan pada forlap dikti, mungkin bisa jadi akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan beasiswa, melanjutkan ke perguruan tinggi lainya, mendaftar cpns dan syarat untuk kenaikan pangkat pns (apabila Izajah terakhinya belum dinilai sama sekali dan menjadi tambahan angka kredit).

Bagaimana cara mengetahui profil mahasiswa di forlap dikti?

Untuk cek profile anda di forlap dikti caranya cukup mudah, berikut ini kami sampaikan satu persatu langkah-langkahnya.
1. Buka aplikasi browser google atau mozilla.
2. Ketik atau masukan alamat situs forlap dikti : https://forlap.ristekdikti.go.id
3. Pilih menu pencarian data lalu klik profil mahasiswa

Cara Pencarian Mahasiswa di Forlap Dikti
Pencarian Mahasiswa

4. Setelah jendela menu profile mahasiswa terbuka masukan Nama Perguruan Tinggi, Program Studi, Kata Kunci (nama mahasiswa/NIM) dan Pengaman. 
Panduan Pencarian NIM Mahasiswa
Pencarian Data Mahasiswa

5. Maka disana tampil nama anda pada jendela, lalu ketik klik nama tersebut.
Cek Nama Mahasiswa pada Forlap DIkti
Nama Mahasiswa

6. Maka muncul biodata ketika sudah anda diklik.
Biodata Mahasiswa pada Situs Forlap Dikti
Biodata Mahasiswa

7. Selanjutnya untuk melihat riwayat mahasiswa klik pada menu riwat status kuliah dan status studi
Cara Cek Nilai Mahasiswa
Riway Status Kuliah

Cara Melihat Riwayat Studi Mahasiswa
Riwayat Studi


Baca juga : Cara mengetahui Status Akreditasi Kampus di BAN-PT 


Setelah biodata anda muncul pada ulasan yang telah disampaikan tadi oleh kami maka anda sudah tidak diragukan lagi sebagai mahasiswa aktif atau mahasiswa lulusan perguruan tingggi, dan apabila data tidak ditemukan atau adanya perbedaan pada pada biodata dan riwayat kuliah, maka anda bisa langsung datang ke perguruan tinggi anda kuliah, untuk melakukan perbaikan data tersebut, agar sesuai atau sinkron.

Demikian ulasan mengenai "Cara Mengetahui Profil Mahasiswa di Forlap Dikti", semoga ulasan  tadi dapat bermanfaat bagi anda semua dan menjadikan tambahan pengetahuan untuk kedepannya, kurang lebihnya kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih!.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar