-->
Skip to main content

Cara Mengatasi Tukar Pengguna Di Dapodik Yang Mengalami Kegagalan

Cara Mengatasi Tukar Pengguna di Dapodik Yang Mengalami Kegagalan - Dapodikdasmen merupakan Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Dapodik setiap tahun baru ajaran memiliki pembaharuan aplikasi yang dirisil oleh tim pengembang dapodik melalui laman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pembaharuan dapodik 2020 untuk versi b salah satunya adalah terdapat tambahan tukar pengguna di menu pengaturan pada dasbor beranda dapodikdasmen atau aplikasi dapodik. Dalam menu pengaturan dapodik terbaru, yang sebelumnya pada dapodik 2020 hanya ada menu managemen pengguna, pengaturan aplikasi, ganti profil sekolah, cek pembaharuan dan lain sebagainya, untuk sekarang ini aplikasi dapodik 2020b dilengkapi juga dengan menu tukar pengguna atau ganti pengguna dari akun operator ke akun ptk.



Pada saat melakukan tukar pengguna di dapodik, sahabat operator mengalami kendala atau kegagal dalam tukar pengguna. Bagaimana cara mengatasinya ? Nah! Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi pengalaman saja, bukan untuk menggurui ya sob, karena diluar sana banyak sekali master-master dapodik yang telah mengetahui sebelum rilisnya dapodik terbaru tentang permasalahan tukar pengguna di dapodik tersebut. Bagi sobat yang belum mengetaui cara mengatasi tukar pengguna di dapodik yang gagal, simak pada ulasan yang ops pwk telah buat.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Tukar Pengguna di Dapodik Pada Akun Operator

  1. Langkah pertama yang dilalukan yaitu, siapkan terlebih dahulu laptop anda yang sudah terinstal dapodik terbaru 2020b.
  2. Jika sudah, maka buka aplikasi dapodik atau login dapodik dengan menggunakan user dan passwoard masing-masing. 
  3. Selanjutnya, masuk pada menu gtk, lalu guru atau tendik dan pilih salah satu akun yang akan kita buat atau direset ulang.
  4. Berikutnya, setelah pilih salah satu guru atau tendik, kemudian klik menu penugasan→buat/ubah akun ptk→isi kolom password dan konfirmasi password.
  5. Berikutnya, setelah anda berhasil melakukan reset akun ptk dapodik atau membuat akun ptk pada aplikasi dapodik, maka anda pada saat itu juga bisa mencoba kembali untuk melakukan tukar pengguna dapodik tanpa harus sinkronisasi dapodik.


Baca Juga : Cara Membuat Akun PTK Dapodik / Reset Ulang Akun Guru dan Tendik  


Cara Tukar Pengguna di Dapodik Pada Login Operator

  1. Pertama, buka aplikasi dapodik dengan menggunakan login ptk operator sekolah.
  2. Setelah itu, pada dasbor beranda dapodikdasmen terlihat menu pengaturan, maka langsung saja klik menu pengaturan dan pilih tukar pengguna.
  3. Selanjutnya, masukan kode registrasi dapodik (apabila lupa, bisa menghubungi admin operator dinas di wilayah masing-masing).
  4. Berikutnya, klik tombol akun ptk dan pilih salah satu GTK / Guru / Tendik ataupun Kepala Sekolah (pada saat akan melakukan sinkron dapodik), maka ketik itu akun ptk dapodik secara otomatis akan langsung beralih sesuai dengan yang anda ditentukan pilihan tadi.


Baca Juga : Cara login mengunakan akun ptk dapodik pada pengisian tugas tambahan kepala sekolah / tugas tambahan bendahara bos 



Ketika sahabat blog menemukan teman-teman operator sekolah seperjuangan yang mengalami hal tersebut, bisa mencoba membantunya dengan mengkuti langkah langkah yang admin buat pada ulasan di atas tadi. Cara tersebut juga nantinya bisa berguna dalam hal pengecekan info gtk untuk mengetahui kelinearan jumlah jam mengajar (JJM) dapodikdasmen telah anda buat pada aplikasi.Info GTK adalah sebuah fortal untuk mengecek validasi data kelinearan jjm hasil dari sinkronisasi apk dapdikdasmen yang dikirim oleh sekolah. Sinkronisi dapodik tidak dapat dilakukan jika laptop atau komputer yang digunakan tidak terhubung ke internet atau tidak terkoneksi internet. Selain dari pada itu admin sarankan, dalam pengiriman data dapodik atau sinkron dapodik, internet yang anda gunakan harus baik atau stabil, agar nanti pada saat melakukan sinkron dapodik, pengiriman data berjalan dengan lancar.

Demikianlah tadi ulasaan mengenai cara mengatasi tukar pengguna di dapodik yang mengalami kegagalan atau gagal tukar pengguna dapodik. Mudah mudahan langkah atau cara tukar pengguna dapodik yang telah kami buat ini bermanfaat bagi sahabat operator semua. Mohon maaf jika terdapat keleliruan. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar