-->
Skip to main content

Cara Membuat Tugas Tambahan Kepala Sekolah dan Bendahara BOS

Cara Membuat Tugas Tambahan Kepsek dan Bendahara Bos - Dalam mewujudkan tata kelola keuangan bos yang transparan dan efektif, maka pemerintah saat ini telah mengembangkan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan konsep Sistem Elektronik BOS. Hal tersebut didalamnya terdiri dari beberapa aplikasi berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) untuk melakukan tata kelola keuangan bos, mulai dari perencanaan, realisasi sampai dengan pelaporan dana BOS.


Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di sekolah dalam Juknis Bos Permendikbud No. 3 Tahun 2019 dapat dilaksanakan secara daring atau luring. PJB disekolah yang dilaksanakan secara daring harus melalui sistem yang telah ditetapkan oleh kemdikbud. PJB secara daring telah dirancang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan suatu Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah). Dengan adanya SIPLah sekolah diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan efektifitas dalam penggunaan dana operasional sekolah yang disalurkan oleh pemerintah.

Sistem Elektronik Bos dan teknis pengoperasian SIPLAH nantinya akan terhubung pada aplikasi dapodikdas. Sehubungan hal itu, maka setiap sekolah negeri maupun swasta agar dapat tergintegrasi pada suatu sistem aplikasi tersebut dihimbau untuk melakukan pemutahiran data tugas tambahan kepala sekolah dan bendaha Bos (bagi yang belum sama sekali).  Penasaran bagaimana cara isi tugas tambahan Kepala Sekolah & tugas Bendahara BOS? Simak pada ulasan  yang sudah kami sediakan.


CARA MENGISI TUGAS TAMBAHAN KEPALA SEKOLAH 

Cara Membuat Tugas Kepala Sekolah d:

  • Login Operator pada aplikasi-dapodik terlebih dahulu  menggunakan user masing2 sekolah.

Cara login untuk membuat tugas tambahan kepala sekolah atau bendahara bos

  • Selanjutnya, klik gtk, pilih guru/tendik, lalu klik pilih nama salah satu guru/tendik dan kemudian klik menu ubah.

Pilih Guru atau tenaga pendidikan pada login operator dapodik


  • Setelah itu, pada data rinci, klik tugas tambahan.

Cara membuat tugas tambahan Kepsek

  • Apabila sudah muncul, klik tambah dan cari nama dengan nama "Kepala Sekolah".
  • Isi nomor SK dan Tanggal Terhitung Mulai Tugas (TMT), lalu "SIMPAN" 
cara isi tmt tugas tambahan kepala sekolah




    Catatan :
    • Terhitung Selesai Tugas (TST) jangan diisi jika kepala sekolah masih bertugas disekolah tersebut.
    • Jika dapat SK Penugasa baru sebagai kepsek (Tidak Mutasi), maka isi TST pada penugasan lama, lalu entri penugasan baru dan konfirmasi langsung ke operator dinas pendidikan setempat, agar data tersebut segera terupdate.

    CARA MENGISI TUGAS TAMBAHAN BENDAHARA BOS

    Cara Membuat Tugas Tambahan Bendahara Bos :

    • Langkah -langkah yang harus dilakukan sama halnya seperti pada penugasan kepala sekolah di poin 1-3.
    • Jika Poin 1 s/d 3 sudah dilakukan, maka klik tambah, cari "Bendahar BOS"
    • Selanjutnya, Isikankan Nomor SK Tugas Bendahara dan TMT Tambahan, kemudian "SIMPAN".
    Cara isi tugas tambahan bendahara Bos


    Catatan :
    *Sinkronkan Aplikasi Dapodik Anda Apabila Tugas Kepsek&Bendahara telah terisi semua.
    **Apabila mengalami kegagalan dalam sinkronisasi, cek terlebih dahulu koneksi internet yang anda gunakan.
    *** Cek juga pusla modem internetnya jangan lupa.

    Baca juga : Cara Laporan BOS Online Terbaru Per Tahap 



    Demikianlah tadi sebuah ulasan tentang cara membuat tugas tambahan kepala Sekolah maupun Bendahara BOS. Dengan adanya tutorial ini mudah-mudahan dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan Operator Sekolah Se-Indonesia. Mohon maaf jika ada kekeliruan pada ulasan yang telah kami buat ini. Semoga bermanfaat.

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar