-->
Skip to main content

Cara Mengatasi Bendahara BOS Ganda di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Mengatasi Bendahara BOS Ganda di Dapodik - Bendahara adalah Seseorang yang telah tugaskan untuk mengatur dan mengelola tentang keuangan, baik itu uang yang masuk maupun uang yang keluar. Dalam suatu organisasi ataupun perusahaan kecil maupun besar, bendahara sangatlah dibutuhkan sekali, karena dengan adanya bendahara, pengelolaan keuangan akan semakin lebih tertata rapih. Bendahara bertugas dan bertanggung jawab atas pemasukan dan pengeluaran dalam laporan keuangan, misalnya petanggunjawaban dalam suatu organisasi, perusahaan, cv ataupun instansi pemerintahan.


Bendahara pada suatu instansi pemerintahan khususnya di sekolah, tekadang ada pergantian dalam beberapa tahun sekali, ada juga yang diberikan lagi tugas atau sk bendahara bos oleh atasan untuk mengelol kembali keuangan. Setelah mendapatkan sk bendahara bos dari atasan (kepala sekolah), biasanya sekolah yang sudah terkoneksi ke dapodikdasmen dengan mengirimkan data dengan mengunakan laptop atau komputer lewat aplikasi dapodik , maka sekolah tersebut dapat juga memperbaharui kembali data bendahara yang telah terpilih kedalam sistem dapodik atau aplikasi dapodikdasmen sebelum pengiriman data dapodik berlangsung. Dalam sistem dapodik, berdahara bos yang sebelumnya telah terisikan nomor sk bendahara bos dan tmt tugas pada tugas tambahan, sekolah dapat juga untuk memperbarui sk bendahara bos sesuai tmt dan tst tanggal tugas.

Bendahara bos di sekolah yang masa tugasnya telah habis dan digantikan dengan bendahara bos baru, maka dengan segera sekolah harus mengupdatenya kembali di dapodik dengan nomor dan tanggal tugas bendahara sesuai sk bendahara bos yang telah dikeluarkan oleh sekolah. Selain nomor dan tanggal SK Bendahara BOS yang di entri di dapodik sekolah, pada menu tugas tambahan tersebut ada harus diisikan tmt dan tst. TMT adalah merupakan singkatan dari terhitung mulai tugas, dan tst adalah tanggal selesai tugas atau tanggal sudah habis masa tugas bendahara bos.

SK Bendahara baru di dapodik sudah terisi, akan tetapi terlihat pada beranda dapodikdasmen tebaca lebih dari satu, cara mengatasi bagaimana? Nah! mungkin hal tersebut tidak hanya dialami oleh admin sendiri, sahabat operator yang mengalami perubahan bendahara pastinya juga ada sebagian yang pernah mengalaminya. Pada kesempatan kali ini admin blog akan sedikit berbagi pengalaman tentang cara mengatasi bendahara bos yang tedeteksi ganda atau lebih dari satu di aplikasi dapodikdasmen.


Baca Juga : Cara Membuat Tugas Tambahan Bendahara BOS di Dapodik 

Cara Mengatasi Bendahara BOS Ganda (Lebih dari 1) di Dapodik


  • Pertama, siapkan terlebih dahulu sk bendahara atau fhoto copynya yang akan sobat entri nanti pada data dapodik
  • Selanjutnya, buka dapodik kalian dengan menggunakan username dan passwoard masing-masing sekolah
  • Berikutnya, setelah sobat blog berhasil login dapodik maka masuk ke menu GTKGuruPilih GuruPilih Guru / Bendahara Lama dan Bendahara Baru→Isikan TST pada bendahara lama, misalkan TST : 31/13/2019 dan untuk bendahara baru isikan seperti cara membuat tugas tambahan bendahara sebelumnya. 
  • Jika sudah sk bendahara bos di perbaharui pada aplikasi dapodik, maka jangan lupa untuk melakukan  reload blowser atau tekan F5 / Ctrl+F5. Apabila pada dasbor beranda dapodikdasmen masih terlihat lebih dari 1, maka cek ulang tst pada tugas tambahan bendahara yang lama. Masih belum berubah? coba lakukan clear history browser pada laptop atau komputer yang anda gunakan tersebut. 



Untuk Tahun Ajaran 2019/2020 pada semester 2, Apllikasi Dapodik yang telah di rilih oleh kemdikbud yaitu Pacth Dapodik 2020b. Dapodik 2020b marupakan sebuah pembaharuan yang dari aplikasi dapodik 2020a yang sudah terinstal. Kemudian pada tanggal 23 Februari 2020 kemdikbud merilis kembali dapodik 2020b Pacth 1. Sama seperti halnya seperti Pacth Dapodik 2020b, tinggal melakukan peninginstalan saja tanpa harus registasi ulang. Terkecuali jika anda melakukan penginstalan ulang dapodik pada laptop baru atau laptop lama yang belum ada aplikasi dapodinya. Maka sobat ops sebelum Pacth Dapodik 2020b dan Dapodik 2020 b Pacth 1 diinstal, harus telebih dahulu menginstal dapodik  2020a. 👉Cara Instal Apikasi Dapodik 2020 b


Download Dapodik 2020 Tahun 2019/2020 Semester Dua :
=> Dapodik 2020a (Apabila melakukan instal ulang dapodik)
=> Pacth Dapodik 2020b
=> Dapodik 2020b Pacth 1

Download : Contoh SK Bendahara BOS 


Demikianlah tadi ulasan mengenai cara mengatasi bendahara bos lebih dari 1 pada aplikasi dapodikdamen. Mudah-mudahan ulasan yang kami buat dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya yang sedang mencari solusi tentang cara mengatasii bendahara ganda di dapodik. Jangan lupa ya sob jika disekolah ada pergantian bendahara, tst bendahra lamanya diisikan, untuk bendahara baru hanya no sk bendahara bos dan  tmt tambahan saja yang diisi di dapodik. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan!!! Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar