-->
Skip to main content

Cara Instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b

Aplikasi Dapodikdasmen 2020.b - Aplikasi Dapodikdasmen 2020 b kini sudah dirilis oleh Admin Dapodikdasmen pada tanggal 16 Februari 2020 melaui situs resminya dapodikdasmen di https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Dapodik merupakan suatu aplikasi pendataan sekolah yang berkaitan dengan siswa, guru, sarana prasarana, tunjangan profesi guru dan hal lainnya yaitu berhubungan dengan bos atau bantuan operasional sekolah.


Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah atau di singkat Dapodikdasmen pada saat ini yaitu Dapoikdasmen versi 2020.b atau dapodik versi terbaru 2020.b yang telah memiliki beberapa perubahan dan pembaharuan pada aplikasinya. Pembaharuan dan perbaikan pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020 b tersebut menurut infomasi yang didapat dari admin dapodikdasmen yaitu sebagai berikut :
  1. [Pembaruan] Penambahan data pelengkap pada formulir sekolah  terkait pemungutan iuran kepada orang tua siswa.
  2. [Pembaruan] Penambahan Lembar Konfirmasi sebelum  melakukan sinkronisasi.
  3. [Pembaruan]  Penambahan fitur tukar pengguna bagi peran  Operator Sekolah.
  4. [Pembaruan]  Penambahan logo baru Dapodik.
  5. [Pembaruan] Penambahan tombol salin email dari identitas GTK  ketika melakukan penambahan/perubahan akun GTK.
  6. [Pembaruan] Penambahan referensi jenis sertifikasi Sertifikasi Industri.
  7. [Pembaruan] Penambahan referensi jenis diklat  Pelatihan Industri.
  8. [Perbaikan]  Perubahan alur proses sinkronisasi, yang berhak  melakukan proses sinkronisasi adalah peran Kepala Sekolah.
  9. [Perbaikan]  Perubahan alur bisnis proses penginputan buku.
  10. [Perbaikan]  Perbaikan dan penambahan  validasi lokal.
  11. [Perbaikan] Perubahan data  nomor rekening BOS hanya dapat dilakukan pada laman  https://bos.kemdikbud.go.id.
  12. [Perbaikan] Penambahan keterangan tutup atap TIDAK MEMILIKI ATAP  pada kondisi bangunan.
  13. [Perbaikan]  Perubahan atribut NUKS pada GTK menjadi Nomor  Registrasi (STTPP)/NUKS.
  14. [Perbaikan]  Penguncian attribut  NIK pada formulir peserta didik dan formulir GTK.

Aplikasi Dapodikdasmen 2020.b / Patch Dapodik Vesri 2020.b

Aplikasi dapodikdasmen untuk versi 2020.b untuk semester dua tahun ajaran 2019/2020 sahabat blog dapat langsung upadate atau memperbaharui dapodik yang telah terinstal pada laptop anda dengan download aplikasi dapodik versi 2020 b pada beranda dapodikdasmen (cek dihalaman berita) atau dapat langsung mengunduhnya pada link yang telah di download melalui tautan yang berikut ini :


CARA INSTAL APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2020.B 

Langkah-langkah  Update / Instal Patch Dapodikdasmen 2020.b 
1. Persiapkan terlebih dahulu aplikasi dapodik / patch dapodik yang dibutuhkan oleh sahabat, untuk sekarang dapodik yang digunakan pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020 yaitu dapodik versi 2020.b.

2. Selanjutnya, langsung saja klik 2x aplikasi dapodik yang telah anda unduh tadi, apabila mucul di layar laptop noftifikasi "Do you want to allow this app from an unknown publiser to make changes to your device ?"  / pemberitahuan izin instal dapodik di laptop, maka langsung saja pilih "YES".

3. Kemudian, pilih lanjut dan pasang, tunggu beberapa saat sampai dengan proses instal patch dapodik selesai.


4. Berikutnya, login dapodik dengan username dan password dapodik sekolah anda.

5. Selesai

Advertisement



Cara instal Aplikasi dapodik 2020.b untuk laptop yang belum terpasang dapodik / Instal Ulang Dapodik.

1. Pertama, sebelum sahabat ops melakukan instalasi dapodik offline Pacth 2020.b, download terlebih dahulu prefill dapodik pada situs dapo dikdasmen kemdikbud go id / dapodikdasmen unduhan dan masuk ke menu data prefill, kemudian pilih salah satu link prefill dapodik 2020 b menurut wilayah masing-masing.

2. Jika sudah, simpan prefill dapodik tersebut untuk tahap registrasi dapodik nanti.

3. Kemudian, instal aplikasi dapodik versi 2020.a terlebih dahulu pada awal instalasi ulang, lalu updatekan aplikasi dapodik tersebut ke Patch Dapodik 2020.b. Lihat di poin no 2 pada langkah-langkah update / instal Patch dapodik 2020.b

4. Selanjutnya, simpan prefill dapodik yang sobat unduh tadi di dalam folder prefill_dapodik di Data C (jika tidak ada folder tersebut, buat saja secara manual oleh anda dengan cara klik kanan, pilih new folder dan ketik prefill_dapodik ).


3. Tahap berikutnya, setelah prefill dapodik tersimpan di Data C, Isikan kelengkapan data pada menu Registrasi Dapodik yang muncul pada dekstop / layar laptop anda. Apabila mengalami kegagalan pada saat registrasi, cek kembali prefill dapodik tersebut di C, jika hilang pastekan kembali prefill dapodikdasmen di folder prefill_dapodik. Tetap tidak bisa? download ulang kembali prefill dapodik dengan non aktifkan terlebih dahulu antivirus yang terpasang di kompter atau laptop, solusi lainnya bisa juga langsung melakukan registrasi dapodik secara online dengan syarat laptop atau komputer sobat terhubung dengan internet yang memiliki signal yang baik.

4. Setelah berhasil registrasi, coba dapodik login dengan memasukan username dan password dapodik sekolah masing-masing.

5. Selesai


Itulah tadi cara instal aplikasi dapodik 2020 .b / Pacth Dapodik 2020.b. Bagi sahabat operator yang melakukan instal ulang dapodik atau belum terpasang dapodik pada laptop, maka proses yang harus dilakukan adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi pendukungnya yaitu aplikasi dapodik 2020.a, maka selanjutnya patch dapodik 2020.b sudah bisa anda gunakan. Oh ya!!! jangan lupa juga download prefill dapodiknya bagi yang registrasi dapodik offline, bagi yang ingin melakukan registrasi online langsung saja tidak perlu download prefill dapodik. Jika pada saat proses unduh prefill dapodik username / password anda tidak tidak ditemukan atau salah, coba dengan password lama tersebih dahulu. Apabila sudah berhasil mengunduh prefill dapodik, maka proses registrasi dapodik juga samakan passwordnya seperti yang tadi saat proses download prefill. Berhasil registrasi dapodik offline, akan tetepi ketika login dapodik username dan password tidak ditemukan? Mungkin bisa anda coba dengan password dapodik pada semester 1 kemari. Mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada uraian yang admin buat. Sekian dan terima kasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar