-->
Skip to main content

Juknis BOS Tahun 2020 PDF

Juknis BOS Tahun 2020 PDF - Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler telah resmi disahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 5 Februari 2020. Juknis Bos 2020 tersebut didalamnya berisikan penjelasan singkat mengenai bos reguler, alokasi dana bos per siswa, peraturan penggunaan dana bos, tata cara penggunaan dana bos dan sampai dengan tata cara pelaporan dana bos atau bantuan operasional sekolah.

Petunjuk Teknis Bantuan Operasonal Sekolah Tahun 2020

JUKNIS BOS TAHUN 2020 TERBARU

Dalam Juknis Bos 2020 sekarang ini, alokasi dana bos yang diterima per siswanya yaitu sebagai berikut :


Komponen pembiayaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020 untuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah terdiri dari 12 komponen pembiayaan, yaitu :

  1. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
  2. Pengembangan Perpustakaan
  3. Kegiatan Pembelajaran dan Ektrakurikuler
  4. Kegiatan Asisment / Evaluasi Pembelajaran
  5. Administrasi Kegiatan Sekolah
  6. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan
  7. Langganan Daya dan Jasa
  8. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah
  9. Penyediaan Alat Multimedia Pembelajaran
  10. Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK), Praktik Kerja Industri (Prakerin) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di dalam Negeri, Pemantauan Kebekerjaan, Pemagangan Guru dan Lembaga Profesi P1
  11. Penyelenggaraan Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian, Sertifikasi Kompetensi dan Uji Kompetensi Kemampuan Bahasa Inggris Berstandar Internasional (Test of English for Internasional Communication/TOEIC) dan bahasa asing lainya bagi kelas akhir SMK; dan/atau
  12. Pembayaran honor Guru berstatus non Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pembiayaan Bos untuk Guru dan Tenaga Kependidikan yang berstatus honor di Sekolah Negeri maupun Swasta, pada juknis bos terbaru tahun 2020 yaitu sebesar 50% dari alokasi dana bos yang diterima sekolah dengan syarat bagi guru honor yaitu, 1). Tercatan pada dapodik per tanggal 31 Desember 2019, 2). Memiliki NUPTK dan 3). Tidak atau belum menerima tunjangan profesi guru, kemudian sisanya diberikan kepada tenaga kependidikan disekolah.

Dalah hal pembelian buku teks dan non teks dalam juknis bos 2020 terbaru ini tidak dibatasi pembeliannya atau sesuai dengan kebutuhan di sekolah dan untuk alat multimedia juga tidak ditentukan kuntitas dan kualitas dari barang yang dibeli tersebut.


Baca artikel : Mengenai Update Rekening Bos Online


Pemeliharaan sarana prasarana sekolah dalam keadaan rusak ringan, maka untuk alokasi dana bos perbaikan tersebut dilijat berdasarkan perbaikan kerusakan komponen non struktural banguna sekolah dengam ketentuan biaya pergantian kurang dari  30% (tiga puluh persen), perbaikan / pembelian meubelair sekolah, pemeliharan / perbaikan laptop atau komputer pc dan sebagainya, pemeliharaan taman dan fasiliatas sekolah dan lain-lainnya.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai  Peraturan Menteri Pendididikan dan Kebudayaan Republik Indonesa Nomor Delapan Tahun Dua Ribu Dua Puluh atau Permendikbu 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah. Maka admin sediakan berupa Pdf Juknis BOS 2020 beserta link download nya.

PDF JUKNIS BOS TAHUN 2020



SALINAN JUKNIS BOS TAHUN 2020 


Itulah tadi uraian mengenai juknis bos 2020 atau Permendikbud No 8 Tahun 2020. PDF Juknis Bos Tahun 2020 yang telah disahkan oleh mendikbud pada tanggal lima februari dua ribu dua puluh, sekarang sudah dapat dijadikan dasar dalam rencana kegiatan anggaran sekolah atau RKAS 2020. Hampir saja lupa, mungkin sekalian penutup, untuk pengambilan data dapodik atau cut off bos dalam juknis bos tahun 2020, hanya 1 kali  dilakukan yaitu tanggal 31 Agustus tahun sebelumnya. Mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekeliruan! Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar