-->
Skip to main content

Cara Update Rekening Bank Sekolah di Bos Online

Cara Update Rekening Bank di Bos Online Kemdikbud - Bos adalah merupakan singkatan dari Bantuan Operasional Sekolah. Bantuan Operasional Sekolah bertujuan untuk penyelenggaraan pendidikan yang ada di sekolah.

Bos Reguler turun ke sekolah atau pencairannya dalam satu tahun itu ada empat tahap yaitu triwulan satu sampai dengan triwulan empat. Besaran dana bos atau bantuan operasional sekolah yang disalurkan oleh pemerintah atau diterima oleh sekolah berdasarkan dari alokasi jumlah siswa yang terdaftar pada Aplikasi dapodikadasmen kemdikbud.

Aplikasi Dapodikasmen adalah suatu aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah atau lebih kita kenal dengan sebutan aplikasi dapodik dimana didalamnya terdapat tentang data-data peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, inventaris sekolah dan data lainya yang berhubungan dengan keadaan di sekolah.


Sekolah negeri maupun swasta dibawah naungan kemdikbud wajib untuk melakukan penginstalan aplikasi dapodik di laptop atau komputer sekolah, karena apabila sekolah tidak memiliki atau tidak terinstal aplikasi dapodik dan atau tidak melakukan sinkronisasi data (update data) maka otomatis baik itu bos maupun kesesuaikan data untuk tpg ( tunjangan profesi guru ) mungkin bisa juga akan mengalami kendala. Maka, penting sekali selalu upadate jika aplikasi dapodik terbaru telah keluar.

Kembali lagi pada pokok pembahasan utama, di dalam Juknis BOS 2019 ( Permendikbud No 3 Tahun 2019 ) ada point point penting tentang biaya alokasi bos / dana bos yang dihitung per siswanya dalam satu tahun. Biaya dana bos yang dibayarkan oleh pemerintah yang di hitung per siswa dalam 1 tahun yaitu sebagai berikut :


Cara Update Rekening BOS di Bos Online Kemdikbud

Bos Online adalah merupakan sebuah portal untuk pelaporan keungan sekolah penerima bos yang telah di gunakan oleh sekolah. Selain untuk melaporkan penggunaan dana bos, sekolah juga dapat mengetahui penyaluran dana bos yang akan diterima nanti (berdasarkan jumlah siswa) melalui portal bos tersebut. Jika sekolah ingin sekalian langsung melaporkan penggunaan dana bos yang telah digunakan, kami sediakan juga tautan tentang cara laporan penggunaan dana bos di bos online.


Baca juga : Cara Laporan Bos Online


Portal BOS / Bos Online pada tahun 2020 ini, sekolah diwajibkan untuk melakukan update rekening bos atau memperbaharui rekening bos didalam laman bos kemdikbud , karena sekolah-sekolah yang di merger atau perubahan nama sekolah apabila nama pada rekeningnya tersebut berbeda, maka otomatis harus diperbaharui kembali. Admin sendiri sampai lupa untuk memperbaharui nama rekening yang ada di dapodik , karena pada tahun sebelumnya perubahan nama rekening hanya bisa dilakukan melalui aplikasi dapodik. Nah! untuk tahun baru 2020, perubahan nomor rekening atau nama rekening bos sekolah sudah bisa dilakukan melalui portal bos kemdikbud. Caranya bagaimana min? Untuk mengetahui cara atau langkah-langkah update rekening bos sekolah / verifikasi rekening bos sekolah pada portal bos atau laman bos online yaitu sebagai berikut :

Cara Update Rekening BOS di Portal BOS

  1. Buka lama bos online di https://bos.kemdikbud.go.id/ pada browser internet yang sering anda gunakan melalui laptop atau komputer yang terhubung ke internet.
  2. Setelah itu, masukan ke menu " login sekolah "
  3. Selanjutnya, masukan email dan password dapodik, lalu " login "
  4. Berikutnya, centang captcha " I'm not a robot " dan klik " Proses "
  5. Tahap selanjutnya, pilih menu " profile " dan klik " Update Rekening Bank "
  6. Kemudian, Pilih Bank / " Kode Bank " dan lengkapi juga " Cabang Bank ", " No Rekening ", " Nama Rekening ", " NPWP Sekolah " dan " Kode POS Sekolah"
  7. Untuk proses akhir, Klik " Simpan "



Untuk melakan verifikasi rekening bos atau upadate rekening di bos online tidak hanya dapat dilakukan melalui laptop atau komputer pc saja sahabat, tapi bisa juga kalian melakukannya melalui smartphone atau handphone android. Akan tetapi, apabila sahabat blog mengejakan melalui handphone android, maka tampilan layar portal bos ada sedikit perbedaan, baik itu dari kolom menu bawah, atas dan lain sebagainya. Bagaimana cara update rekening bos melalui handphone ? Update rekening bos di hp cukup mudah sob, seperti halnya langkah-langah yang telah kami jelaskan tadi.

Cara Upadete Rekening Bos di Handphone

  1. Masuk laman fortal bos di https://bos.kemdikbud.go.id/
  2. Isi email dan password dapodik
  3. Klik kode pengaman
  4. Pilih profil
  5. Upadate Rekening Bos
  6. Lengkapi Bank
  7. Selesai


Demikianlah tadi cara memasukan rekening sekolah di bos online atau upadate rekening bank sekolah pada bos online kemdikbud. Mudah-mudahan uraian yang telah admin buat di atas tadi dapat bermanfaat bagi sahabat operator atau bendahara bos atau kepala sekolah yang sedang mencari langah-langkah tentang cara mengisi rekening sekolah pada halaman portal bos online kemdikbud. Maaf jika terdapat kekeliruan pada ulasan yang telah admin buat. Terima kasih!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar