-->
Skip to main content

Cara Cek NRKS dan Penginputan Pada Aplikasi Dapodik

Cara Cek NRKS dan Penginputan Pada Aplikasi Dapodik - Kemdikbud memberikan pelayanan kemudahan kembali dalam cek nomor nrks kepala sekolah atau yang telah dinyatakan lulus dan menerima tanda tamat pendidikan kepala sekolah (lulus diklat penguatan kepala sekolah). Untuk melakukan cek nrks, kepala sekolah saat ini dapat melihatnya langsung melalui fortal lppks kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) yang akan admin bahas nanti. Sebelum berlanjut kepada topik pembahasan inti mengenai cek nrks, ada baiknya juga kita mengetahui terlebih dahulu apa itu nrks ? Nah! Pada kesempatan kali ini admin blog akan sedikit menjelaskan tentang NRKS dan langkah-langkah mengisikannya pada aplikasi dapodik.


NRKS adalah nama singkatan dari Nomor Registrasi Kepala Sekolah. Sahabat blog pastinya sudah mendengar bukan tentang apa itu nuks ? Ya benar, nuks yaitu nomor unik kepala sekolah atau disingkat nuks. NUKS didapat ketika seorang kepala sekolah yang menjabat maupun belum menjabat atau calon kepala sekolah telah dinyatakan lulus dalam diklat penguatan kepala sekolah. Kepala Sekolah yang sudah menjabat dan belum memiliki nuks atau nomor unik kepala sekolah, maka diharuskan melalui diklat penguatan kepala sekolah yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Prajabatan Kepala Sekolah (LPPKS) yang bekerjasama dengan lembaga lainnya sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

Di Dalam diklat penguatan, kepala sekolah akan diberikan pendidikan kembali tentang teknik analisis manajemen, pengembangan rencana kegiatan sekolah, pengelolaan keuangan, pengelolaan sarana dan prasarana, pengembangan kurikulum dan lain sebagainya. Setelah dinyatakan lulus, maka kepala sekolah berhak menerima Sertifikat Diklat atau Surat Tanda Tamat Pendidikan Prajabatan (STTPP) dan disamping itu akan terbit juga nrks atau nomor registrasi kepala sekolah.

NRKS atau nomor registrasi kepala sekolah yaitu merupakan nama baru dari nomor unik kepala sekolah atau yang dahulu biasa kita sebut juga dengan nama NUKS. Sebelum kita melanjutkan mengenai cara mengisi nrks di dapodik, ada baik juga mengetahui langkah-langkang atau cara cek nomor registrasi kepala sekolah secara online. Cara cek nrks kepala sekolah cukup mudah sahabat blog, bisa memanfaatkan laptop maupun komputer pc dirumah, ataupun smartphone (handphone andorid) dengan syarat perangkat tersebut harus terhubung kedalam jaringan internet / terkoneksi ke internet.

CARA CEK NRKS DAN PENGINPUTAN PADA APLIKASI DAPODIK

CARA CEK NRKS KEPALA SEKOLAH 

1. Cek NRKS Melalui Laptop / Komputer dengan jaringan hotspot handphone
Cara Cek NRKS Kepala Sekolah menggunakan Laptop / Komputer dengan menggunakan jarungan internet hotspot seluler handphone android :
  • Langkah Awal, Hubungkan terlebih dahulu Laptop / Komputer dengan jaringam hotspot handphone android anda. (Jika lupa password hotspot, maka sobat blog dapat melihatnya pada menu pengaturan hp masing-masing).
  • Kemudian, masuk ke browser internet yang sering digunakan, untuk kali ini admin memprakekannya melalui google croom.
  • Berikutnya, buka situs resmi cek nrks lppks kemdikbud atau klik pada alamat link http://lppsks.kemdikbud.go.id/sttpp
  • Jika sudah, sahabat blog dapat memilih beberapa cara untuk cek nrks kepala sekolah dengan berdasarkan NIP / NUPTK atau cek nrks berdasarkan nama menurut wilayah masing-masing provinsi.
  • Berikutnya, misalkan anda memilih alternatif cek nrks berdasarkan nama, maka lansung saja masukan nama kepala sekolah dan pilih provinsi (ketik saja 3-4 huruf depan, agar nama provinsi muncul secara otomatis pada layar). 
  • Setelah itu, langsung saja klik menu "cari sekarang"
  • Selesai.
Cara Cek NUKS Terbaru

2. Cara Cek NRKS di Handphone Android
Jika tadi sobat melakukan cek nuks / nrks dengan menggunakan laptop atau komputer, maka sekarang saatnya kita memanfaatkan handphone android anda. Coba ikuti langkah-langkah yang kami berikan pada uraian berikut :
  • Pertama, buka browser internet anda
  • Kemudian, masukan alamat  http://lppsks.kemdikbud.go.id/sttpp
  • Jika sudah, masuk pada kolom pencarian dan isikan berdasarkan nama misalkan, lalu pilh nama provinsi dan klil cari sekarang
  • Maka, akan terlihat nrks yang kita cari tadi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bendahara Lebih dari 1 di dapodik 

CARA MENGISI NRKS DI DAPODIK

Cek nrks kepala sekolah sudah dilakukan, maka selanjutnya kita pada pokok ini pembahasan. Pokok inti pada ulasan kali ini adalah cara memasukan nkrs di dapodik. Langkah yang harus kita lakukan setelah berhasil cek nrks kepala sekolah yaitu sebagai berikit : 
  1. Pertama, Buka Aplikasi Dapodik Offline di laptop masing-masing.
  2. Setelah itu, masukan username dan pasword dapodik operator sekolah atau kepala sekolah 
  3. Setelah itu, pilih menu pengaturan dan tukar pengguna menjadi kepala sekolah (Jika menggunakan login operator) 
  4. Berikutnya, pada beranda dapodikdasmen pilih menu gtk, lalu klik tendik dan pilih nama kepala sekolah 
  5. Kemudian, klik ubah apabila sudah memilih nama kepala sekolah anda.
  6. Jika sudah terbuka, pada tampilan ubah data kepala sekolah geser kebawah sampai kalian menemukan nomor registrasi (STTPP) / NUKS dan masukan saja no nrks yang sebelumnya tadi anda cek pada situs lppks
  7. Sinkronkan dapodik, agar terkirim ke server dapodikdasmen
  8. Selesai

Baca juga : Cara Tukar Pengguna Pada Aplikasi Dapodikdasmen 


Itulah tadi uraian mengenai tata cara cek nrks dan langkah-langkah mengisi nrks pada aplikasi dapodik . Bagi sahabat blog yang sedang mencari solusi tata cara infut nrks / nuks kepala sekolah pada aplikasi dapodik, sahar dapat mengikuti langkah yang admin buat tadi. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekerlirua. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar