-->
Skip to main content

Cara Daftar PPG Dalam Jabatan Bagi PNS, Non PNS dan Guru Tetap Yayasan

Cara Daftar PPG Dalam Jabatan Bagi PNS , Non PNS , dan GTY - Program Pendidikan  Profesi Guru  sekarang dibuka kembali oleh Dirjen GTK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai tanggal 30 September 2019. Seleksi Profesi Guru Dalam Jabatan kali ini dibuka untuk Guru Tetap yaitu Pegawan Negeri Sipil, Non PNS dan Guru Tetap Yayasan.


Guru yang dapat mengikuti Program ini harus sudah terpenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh Dirgen GTK. Lalu apa saja syaratnya supaya kita dapat mengikuti Program PPG Dalam Jabatan? Persyarat yang harus penuhi oleh calon peserta ppg  / guru tetap (Guru PNS, Non PNS dan GTY) yaitu sebagai berikut :
  1. Memiliki kualifikasi akademik S-1 / D-IV dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT / Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
  2. Terdaftar pada Data Pokok Pendidikan Kemdikbud / Sudah terdaftar pada Aplikasi  Dapodik atau Dapodikdasmen
  3. Pengatan sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015
  4. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan / NUPTK
  5. Berusia setingginya 57th terhitung sampai 31 Desember 2019
  6. Sehat Jamani dan Rohani

Itulah tadi persyaratan bagi calon peserta ppg dalam jabatan 2019. Apabila peryaratan yang sebagaimana disebutkan tadi belum terpenuhi, maka guru yang bersangkutan tidak akan dapat mendaftar sebagai calon PPG Dalam Jabatan Tahun 2019. Jika persyaran-persyarata di atas sudah terpenuhi, maka anda bisa ikut seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2019.


Bagaimana daftarnya? Cara memdaftar sebagai seleksi akademil PPG tidaklah terlalu sulit kawan, cukup mudah ko !!! Sebelumnya mendaftar, persiapkan terlebih dahulu oleh sahabat, 1). Siapkan Akun sim pkb / sim gpo , 2). Scan Ijazah S-1 / D-IV, 3). Scan SK. Pengangkatan 2 Tahun Terakhir yang disahkan oleh Pejabat Daerah Kab/Kota dan Untuk GTY disahkan oleh Lembaga Masyarat Yayasan tersebut. Scan Ijazah dan SK. Pengangkatan minimal harus 100 kb dan maksilmal 1 MB dalam format PNG / JPEG / JPG

CARA MENDAFTAR PPG DALAM JABATAN 

  • Buka aplikasi browser internet yang sering anda gunakan. Kami sarankan mendaftkannya dengan menggukankan laptop / komputer , kerena apabila daftar lewat handphone , rentan fitur menu-menu yang ada pada situs sim pkb terbatas pada tampilannya.
  • Masukan alamat paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ atau klik disini 
  • Isikan Email dan Password SIM GPO. (Jika anda sudah terdaftar pada komunitas KKG/MGMP, kemudian pada saat login sim pkb terkendala dengan lupa password, maka solusinya hubungi ketua komunitas anda). Klik "LOGIN"




  • Selanjutnya setelah terbuka Portal SIM PKB / SIM-GPO , maka disana akan muncul tampilan informasi pada bagian yang paling atas tentang Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019 (PPG Dalam Jabatan). Langsung saja klik "LIHAT INFO" 
  • Pada bagian setelah memilih lihat info, maka terlihat status persyaratan calon ppg dalam jabat yang sudah terpenuhi. Mulai dari status kepegawaian, tmt mengajar , NUPTK ,kualifikasi akademik, Usia dan Status Sertifikasi (Belum/Sudah). Dari ke-enam data tersebut diamblil dari hasil sinkronisasi  dapodikdasmen  sekolah masing-masih. Apabila ada ketidak sesuaian data disana, maka perbaiki langsung tersebut lewat aplikasi dapodik dan jangan lupa sinkronkan juga, agar data yang tadi kita perbaiki terambil oleh server sim pkb.

  • Ketika data anda sudah sudah terpenuhi persyaratan, maka akan terlihat tombol ceklis hijau pada bagian-bagian yang sebelumnya kami sebutkan tadi diatas. Jika yakin ingin mengikuti Program PPG, langsung saja pilih "MENDAFTAR SEKARANG"

  • Langkah berikutnya, lengkapi Jenjang mapel yang diajukan misalkan SD, Bidang Studi PPG dan  Ijazah S1/D-IV dan kemudian upload scan Ijazah dan scan SK.Pengangtan 2 Tahun terakhir yaitu tahun 2018 dan 2019. Klik saja menu "FILE", maka secara otomatis akan terbuka sistem yang ditujukan untuk memilih file yang ada pada komputer/laptop. Cari File yang akan anda upload, Pilih→Open. Jika sudah klik "LANJUT"

  • Cek ulang kembali data-data yang sudah sahabat isi tadi, apabila sudah yakin tidak ada kesalahan data, maka lanjutkan ke "DAFTARKAN" dan akan muncul notifikasi pemberitahuan untuk menyakinkan kembali bahwa data yang akan dikirimkan nanti telah sesuai. "YA/TIDAK"

  • Selesai.

Baca Juga : Cara membuat tugas tambahan bendahara bos didapodik 


JADWAL SELEKSI PPG DALAM JABATAN TAHUN 2019  

  • Pendaftaran: 30 Sepermber 2019 s.d 30 Oktober 2019
  • Verifikasi dan Validasi Calon Peserta PPG: 2 September 2019 s.d 29 Oktober 2019
  • Penetapan Tes Uji Kopetensi (TUK) oleh LPMP : 14 s.d 18 Oktober 2019
  • Penempatan TUK : 30 Oktober 2019 s.d 04 November 2019
  • Cetak Kartu Calon Peserta PPG: 5-9 Nopember 2019
  • Pelaksanaan  Seleksi  Akademik oleh Dirgen GTK : 11-23 November 2019

Demikian tadi sebuah uraian mengenai Cara Daftar PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 , sebelumnya kami hanya mengingatkan saja kepada sahabat Opspwk.web.id yang telah mendaftar Seleksi PPG Dalam Jabatan, jangan lupa untuk terus memantau informasinya lewat akun sim pkb masing-masing, karena proses seleksi tersebut nantinya akan dilakukan Verifikasi Data dan Dajukan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota Setempat, kemudian disetujui oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Semoga informasi ini dapat menbantu Bapak/Ibu Guru yang ingin mengikuti PPG.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar