-->
Skip to main content

Cara cepat melihat siswa terdeteksi ganda pada aplikasi dapodikdasmen

Cara cepat melihat siswa terdeteksi ganda pada aplikasi dapodikdasmen - Pada tanggal 18 Oktober 2019, Admin Dapodikdasmen telah share tentang siswa terdeteksi ganda . Siswa tersebut terdeteksi ganda karena peserta didik yang bersangkutan terdaftar lebih dari 1 sekolah atau terdaftar di dua sekolah ataupun ganda pada sekolah tertentu. Sebagaimana yang disampaikan berita pada dapo dikdasmen kemdikbud go id yaitu sebagi berikut : 
  • "Untuk meningkatkan akurasi data Dapodik, dilakukan pembersihan/cleansing terhadap data siswa yang terindikasi berganda". 
  • "Sekolah yang terkena aksi pembersihan/cleansing ini (sesuai daftar) akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS Broadcast"
Tindakan/proses yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh sekolah tersebut :
  1. "Sekolah melakukan sinkronisasi atau jika diperlukan melakukan install ulang Aplikasi Dapodikdasmen"
  2. "Untuk data siswa yang berganda dalam satu sekolah, maka setelah sinkronisasi data salah satu siswa yang berganda akan terhapus"
  3. "Untuk data siswa yang berganda antar sekolah, maka setelah sinkronisasi kedua data siswa akan dikeluarkan dari aplikasi Dapodik di kedua sekolah dengan status keluar Mutasi dan alasan keluar Terdeteksi Siswa Berganda pada sub-menu PD Keluar"
  4. "Selanjutnya sekolah yang mengklaim bahwa siswa yang datanya berganda tersebut adalah benar siswa di sekolahnya dan bermaksud untuk memasukkan kembali ke aplikasi Dapodiknya maka sekolah dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi untuk melakukan pembatalan siswa keluar melalui manajemen Dapodikdasmen Dinas Pendidikan (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019)"
Sumber : 



Baca juga : Cara cek info gtk melalui dapo dikdasmen kemdikbud 



CARA MENCARI SISWA GANDA DI DAPODIK 

Bagaimana cara cepat melihat sisiwa terdeteksi ganda pada aplikasi dapodikdasmen? Cara cek siswa berganda di dapodik tidaklah terlalu sulit, sahabat semua pasti sering melakukan hal sebagaimana kami lakukan pada saat mempercepat untuk cek data dapodik siswa , cek dapodik guru beserta dengan tenaga kependidikan. 



Untuk mempercepat atau memudahkan pencarian data peserta didik dapodikdasmen di laptop atau komputer pc, sobat hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit. Berikut ini langkah-langkanya :

1. Buka terlebih dahulu dapodik sekolah yang biasa kita lakukan
2. Masuk ke menu Peserta Didik, kemudian klik PD Keluar



3. Setelah masuk ke menu pd keluar, yang perlu anda lakukan yaitu klik tanda panah "Baris/Halaman", lalu pilih "Tampilkan Semua".
4. Berikutnya, geser rol menu ke kanan sampai dengan ujung.



5. Tahap selanjutnya, klik "Alasan Keluar", maka akan terlihat tanda panah ke atas akan menujukan abjad mulai dari "A-Z" dan bilamana tanda panah ke bawah, maka akan menjukan abjad indonesia dari "Z-A". Maka sahabat operator pilih abjad unik / "tanda panah ke bawah" pada menu Alasan keluar dan pada saat itu kalian akan menemukan Alasan "Terdeteksi Siswa Berganda".



6. Setelah berhasil menemukan alasan tersebut klik untuk menandai, lalu geres kembali rol kekanan, agar dapat melihat nama siswa yang terdeteksi alasan keluar ganda.

7. "SELESAI"


Untuk solusi siswa terdeteksi ganda, jika siswa tersebut memang benar ada atau aktif di sekolah kita, maka konfirmasi ke admin kabupaten/kota untuk pembatalan / dimasukannya kembali ke sekolah  kita (lihat pada no. 4 yang sebagaiana disampaikan admin dapodikdasmen). 

Daftar Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020 yang Terdeteksi memiliki siswa ganda pada dapodikdasmen :


Itulah tadi uraian tentang cara cepat melihat siswa terdeteksi ganda pada aplikasi dapodikdasmen. Mudah-mudahan dengan adanya tutorial ini dapat membantu Bapak/Ibu operator yang sedang kesulitan untuk mencari siswa yang terdeteksi ganda pada dapodik. Semoga bermanfaat...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar