-->
Skip to main content

Contoh Laporan Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019



Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran - Permendikbud No 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah secara jelas dan rinci mengamanatkan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah meliputi tugas manajerial supervisi dan kewirausahaan. Pelaksanaan pengawasan pembelajaran saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilaksanakan dengan baik. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran di dalam kelas kepada guru yang bersangkutan, peningkatan kualitas tata administrasi  dan pencapaian tujuan pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan. 

Pelaksanaan pengawasan pembelajaran sebagai upaya membantu mengembangkan profesionalisme dan kompetensi guru tidak lepas dari kegiatan supervisi dan pemantauan pelaksanaan pembelajaran. Dalam pelaksanaannya supervisi pembelajaran menuntut adanya teknik supervisi dan instrumen yang mendukung ketercapaian tujuan supervisi pembelajaran yang sejalan dengan visi misi dan tujuan sekolah yang telah dirumuskan bersama. Penentuan model supervisi pembelajaran dan teknik supervisi akan sangat menentukan ketercapaian program tindak lanjut dari supervisi pembelajaran yang telah dirumuskan berdasarkan analisi supervisi yang telah dilaksanakan.


CONTOH PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN

Pelaksanaan Kegiatan Supervisi Pembelajaran

Pelaksanaan kegiatan supervisi pembelajaran di sekolah berjalan sesuai dengan jadwal supervisi akademik sebagaimana tercantum di dalam program supervisi. Kegiatan ini meliputi sosiali supervisi akademik, supervisi perencanaan pembelajaran, supervisi pelaksanaan pembelajaran, supervisi penilaian pembelajaran dan supervisi administrasi guru kelas dan guru mata pelajaran.

1. Sosialisasi Supervisi Akademik

Sosialisasi supervisi akademik dimaksudkan agar setiap pendidik mengetahui bahwa pelaksanaan pengawasan pembelajaran (supervisi dan pemantauan) merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan dengan tujuan perbaikan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah.

2. Supervisi Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran

Supervisi perencanaan pembelajaran adalah kegiatan pemantauan terhadap persiapan administrasi pelaksanaan pembelajaran yang akan digunakan oleh pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan ini meliputi telaah terhadap identitas mata pelajaran, rumusan indikator, rumusan tujuan pembelajaran, identitas materi pembelajaran, metode pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, pemilihan sumber belajar, skenario pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Kegiatan ini menggunakan instrumen telaah rencana pembelajaran. Berikut ini lampiran instrumen telaah rencana pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pengawasan pembelajaran di Sekolah

Contoh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru


3. Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran.

Supervisi pelaksanaan pembelajaran merupakan kegiatan pemantauan langsung pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pendidik di dalam kelas. Kegiatan ini memantau seluruh pelaksanaan perencanaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru. Dalam pelaksanaan kegiatan supervisor / penilai menggunakan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran. Instrumen ini terdiri atas pengamatan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Pada kegiatan pendahuluan supervisor memantau aktivitas pendidik dan peserta didik sebagaimana tertera dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan penyiapan peserta didik dalam mengawali pembelajaran, mengaikan materi, motivasi terhadap peserta didik, pemberian tugas, penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian garis besar materi ajar dan penjelasan kegiatan merupakan rangkaian kegiatan yang semestinya dilaksanakan dalam kegiatan pendahuluan.

Dalam kegiatan inti penilai memantau penguasaan materi ajar, penerapan strategi ajar yang mendidik, penerapan pendekatan saintific, penerapan pembelajaran, pemanfaatan media dan sumber belajar, melibatkan peserta didik dalam pebelajaran, dan penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran.

Pada kegiatan penutup penilai memantau rangkaian kegiatan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan akhir sebagaimana rencana awal pembelajaran, kegiatan ini meliputi kegiatan refleks atau membuat rangkuan bersama peserta didik, memberikan tes sesuai dengan penilaian autentik, penilaian berdasarkan indikator pembelajaran, penilaian sesuai dengan pedoman penskoran, melaksanakan kegiatan tindak lanjut dengan pemberian tugas baik 


4. Supervisi Penilaian Proses Pembelajaran

Supervisi penilaian proses pembelajaran dilaksanakan untuk memantau penilaian pembelajaran yang dilaksankan oleh guru. Kegiatan ini teriri dari penilaian terhadap rancangan alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik, penggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP, serta pemafaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya.

Supervisi Kepala Sekolah Kepada Guru


5. Supervisi Administrasi Guru

Supervisi administrasi guru adalah kegiatan pemantauan terhadap berbagai administrasi pendukung guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan adminsitrasi pendukung lain yang menjadi tugas pokok dan fungsi guru.


Untuk Bapak/Ibu yang membutuhkan contoh laporan supervisi pembelajaran dan beserta lampiran pendukung kegiatan supervisi pendidikan tersebut, selengkapnya silahkan unduh pada tautan yang sudah kami sediakan. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekeliruan!!!. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar