-->
Skip to main content

Cara Mudah Daftar CPNS 2019 Pada Fortal SSCN BKN

Cara Mudah Daftar CPNS 2019 di Portal SSCN BKN - Saat ini pelamar cpns sedang dihadapi dengan masalah dengan proses registrasi maupun proses pendaftaran yang kadang baik dan kadang juga sulit untuk terbuka fortal sscn bkn go id tersebut. Hal itu mungkin saja bisa terjadi karena saking banyaknya pengguna internet yang saling berebut masuk sscn untuk mendaftarkan diri agar dapat mengikuti Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) Tahun 2019.


Pemerintah pada tahun 2019 membuka formasi cpns dengan kuota cpns sebanyak 15.286 yang terbagi kedalam 3 formasi. Tiga formasi tersebut diantaranya yaitu guru 6.324, tenaga kesehatan 31.756, beserta tenaga teknis fungsional dengan kuota cpns 2019 sebesar 23.660. Sebelum kita membahas ke inti permasalahan, ada baiknya sobat mengetahaui dan memahami terlebih dahulu alur pendaftaran cpns yang di mulai dari proses registrasi akun sscn , dokumen persyaratan cpns yang harus anda persiapkan, dan sampai dengan kedalam proses pendaftaran cpns menuju instansi yang akan dituju nanti pada sscasn bkn go id 2019 . 

ALUR PENDAFTARAN CPNS, REGISTRASI AKUN CPNS DAN PENDAFTARAN CPNS 2019


ALUR PENDAFTARAN SELEKASI CPNS 2019 

  1. Akses Portal
  2. Buat Akun
  3. Login SSNC
  4. Daftar Instansi
  5. Verifikasi
  6. Masa Sanggah
  7. Tes Seleksi
  8. Hasil Seleksi

Setelah mengetahui Alur Seleksi CPNS yang terdapat pada sistem sscasn maka sudah jelas proses yang dilalui oleh pelamar cpns nanti akan seperti itu. Bagaimana cara membuat akun dan login sscn untuk melanjutkan proses pedaftaran ssc? Nah! Sobat tidak perlu khawtir kami disini akan sedikit memberikan solusinya mulai dari proses registrasi akun sscn  , log in sscn , pedaftaran instansi dituju sampai dengan cara upload data ke dalam portal sscn. Proses itu admin ketahui berdasarkan pengalam pribadi sendiri dan pengalaman pada saat membatu sahabat admin yang sedang kesulitan mendaftar, karena takut salah memasukan data pada sistem sscn. Memang benar, admin sendiri pada saat mengawali proses pendaftran sampai dengan proses memasukan data di system, hati terasa kekhawatiran yang sangat mendalam, karena tidak ingin salah memilih dan memasukan data-data pada formulir sscn bkn.

PROSES REGISTRASI AKUN SSCN BKN

Sebelum memulai registrasi akun sscn, persikan terlebih dahulu oleh sahabat laptop ataupun komputer PC, jangan menggunakan perangkat android ya sobat, karena fitur menu yang terdapat pada portal tidak akan terbuka secara sempuran.

Cara Registrasi Akun SSCN

1. Bukan alamat http://sscn.bkn.go.id pada browser internet yang sering digunakan.
2. Setelah berhasil masuk ke alaman sscn bkn, maka pilih menu "REGISTRASI".
3. Kemudian, Isi nomor Katu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap yang sesuai dengan KTP, tanggal lahir dan kode CAPTCHA yang tertera pada layar, lau Klik menu "LANJUTKAN"
4. Tahap Selanjutnya, . Lengkapi data isian pribadi yang ada pada formurir sscn, mulai "Nama Tanpa Gelar", "Tempat Lahir", "Email Pribadi", "Password dan Konformasi Pasword", "Pilihan Pertanyaan Pengaman 1 dan Isi Jawabannya", "Pengaman 2 dan Jawabannya", "Upload Foto Latar Merah" dan "Isi Kode CAPTCHA". Saat mengisi form nama lengap dan tempat lahir sesuikan dengan yang tertera pada Ijazah tanpa menggunakan gelar, jangan lupa isi email yang paten digunakan oleh sahabat dan apabila tidak memiliki maka bikin email saja mudah ko sob. Lalu fungsi pertanyaan pengaman 1 dan 2 untuk apa? Pengaman 1 dan 2 yaitu berfungsi ketika kalian lupa passoword yang sudah dibuat sebelumnya. Sebagai contoh "kalian ingin melakukan reset password akun sscn karena lupa atau tidak ingat sama sekali, maka pertanyaan tersebut nanti akan muncul setelah data isian lengkap dan proses pemiliham pengaman pertanyaan 1 / 2 ataupun pertanyaan yang dipilih oleh sobat saat registrasi akun sscn sebelumnya berhasil dilakukan". Untuk unggah foto cpns berlatar merah maksimal 200kb.
5. Jika sudah, Tahapan yang ketiga, tampilan yang muncul pada layar desktop laptop / komputer yaitu verifikasi data / pengecekan ulang data untuk memastikan bahwa form yang telah isi pada proses registrasi akun sscn sudah betul atau telah sesuai datanya. Lalu Klik "Proses Pendaftaran Akun", bilamana ada ketidak sesuaian data maka langsung saja klik menu "KEMBALI".
6. Tahap ke empat akan muncul tampilan pendaftaran akun SSCN 2019 telah selesai dilakukan oleh anda. Download terlebih dahulu kartu informasi pendaftaran sscn akun 2019 pada menu yang sudah tersedia yaitu dengan klik "CETAK INFORMASI PENDAFTARAN", kemuadian cetak dengan menggunakan printer. Kartu informasi akun sscn setelah tercetak, maka agar tidak lupa juga untuk melakukan swafoto dengan memengang ktp dan kartu informasi akun ssc yang tadi telah kita cetak tadi.

CARA DAFTAR SSCN BKN DAN PROSES PEMILIHAN INSTANSI TUJUAN.

Badan Kepegawaian Negara ( BKN ) sebelum resmi membuka akses sscn bkn go id pada tanggal 11 November 2019 kemarin, bkn pusat membagikan terlebih dahulu kepada umum mengenai tata cara pendaftaran cpns secara lengkap yang terdapat pada buku panduan pendaftaran cpns 2019 . Buku panduan seleksi cpns 2019 tersebut sangat lengkap sekali menurut pendapat saya pribadi sendiri, karena pada buku pendaftaran cpns tersebut memuat tentang info sscn 2019 yang dimulai dari alur cpns , dokumen seleksi cpns , registrasi akun sscn atau ssacn dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mendaftar dan langah-langkah menentukan tujuan yang akan kita pilih setelah berhasi login sscasn ? Perlu kita ketahui sebelum sscn login kita mulai, maka persiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan / syarat cpns yang sesuai dengan instansti yang dilamar. Nah disini kami akan memberikan sedikit gambaran tentang proses berlangsungnya pendaftaran dan pemilihan instasnsi yang dituju pada .

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019 di SSCN 2019

1. Langkah Pertama, Siapkan terlebih dahulu laptop / komputer
2. Kemudian, Buka fortal sscn dengan alamat http://sscn.bkn.go.id pada browser internet sahabat.
3. Setelah itu, Klik menu "LOGIN" dan masukan NIK dan password pada laman logi akun sscn 2019 dan selanjutnya klik "MASUK".
4. Berikutnya, Upload Swafoto Anda dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN (bagi pelamar yang belum upload swapfoto). lalu klik "SELANJUTNYA"
5. Jika sudah, Isi "Gelar Depan dan Gelar Belakang (bila ada, jika tidak ada isi tanda garis 👉 - )" dan pilih juga "Jenis Disabilitas".
6. Lengkapi biotada diri anda, Masukan alamat rumah yang sesuai dengan KTP secara lengkap termasuk Desa/Kelurahan dan Kecamatan didikan. Untuk Provinsi dan Kabupaten / Kota ? Nah! Pengisian data pada menu tersebut apabila ingin secara otomatis cepat muncul pada layar dan dapat kita pilih langsung, masukan saja tiga sampai empat kata awalan huruf nama provinsi dan kabupaten/Kota (Kab/Kota Akan mucul setelah berhasil memilih Nama Provinsi). Kami contohkan saja, misalkan anda tinggal di daerah purwakarta yang berada diwilayah Provinsi Jawa Barat , awalan huruf yang kita masukan misalkan jawa barat , huruf awalan yang kita ketik berarti jawa , maka nama provinsi yang ada hubungannya dengan pulau jawa, secara otomatis akan mucul dilayar, lalu pilih apabila sudah ditemukan. Untuk Kabupaten / Kota pun sama langkahnya seperti itu, asalkan nama propinsi sudah kita pilih.



7. Isi akun media sosial anda, misalkan sahabat hanya memiliki akun media sosial facebook , maka yang kita masukan pada form tersebut https://www.facebook.com/nama akun (contoh : https://www.facebook.com/opspwk ).
8. Selanjutnya, Isi " Tinggi Badan ", "Nomor Telepon Rumah dan No Ponsel / Handphone (samakan isiannya saja jika nomor telepon rumah tidak punya".
9. Masukan kode CAPTCHA, lalu klik "SELANJUTNYA".
10. Tahap berikutnya mendaftar formasi, "PIIH INSTANSI dan JENIS FORMASI". Untuk memilih Instansi yang dituju pada sscn bkn go id formasi , sahabat bisa ikuti caranya seperti pada langkah memilih nama provisi yang terdapat pada point nomor 6 (enam).


11. Pilih "PENDIDIKAN, JABATAN, NOMOR PESERTA SERTIFIKASI GURU (bila ada) dan LOKASI FORMASI". Pada menu pilihan lokasi formasi cpsn yang akan dilamar nanti, untuk mempercepat bisa juga ikuti point nomor 6 diatas.
12. Isikan Nilai "IPK". IPK adalah merupakan singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif yang terdapat pada Transkrip Nilai Akademik dan bagi pelamar cpns sma / smk yang dimasukan adalah nilai Ijazah. Perhatikan juga, jika pada nilai IPK yang tertera pada Transkrip Nilai menggunakan tanda koma, maka pada sscn tanda koma (  ,  ) tersebut diganti dengan tanda titik ( . ).
13. Lengkapi, " NOMOR IJAZAH , TAHUN LULUS, JENIS PT (Dalam Negeri/Luar Negeri), TANGGAL IJAZAH, NAMA PERGURUAN TINGGI (PT), NAMA PERGURUAN TINGGI (Diketik manual), AKREDITASI PERGURUAN TINGGI dan AKREDITAS PROGRAM STUDI".
14. Selelah data tadi sudah lengkap, maka untuk proses berikutnya masukan kembali kode "CAPTCHA" dan klik "SELANJUTNYA".
15. Proses Upload Data / Dokumen PDF dan JPG yang telah di scan, Pada bagian ini, proses upload data dan jenis dokumen yang di unggah pada fortal sscn tersebut tergantung dari persyaratan Instansi yang dilamarnya, karena persyaratan cpns pada tiap instansi itu berbeda-beda, jadi untuk memastikannya kembali lebih baik cek terlebih dahulu formasi cpns dan dokumen persyaratan lainnya pada instansi yang akan dituju oleh anda. Jika sudah klik "SELANJUTNYA"
16. Proses Resumen Pendaftaran, Jika sudah pasti dan tidak ragu lagi bahwa data yang telah kita isi telah benar, maka centang kotak kecil "☑️" yang ada pada desktop pc anda. Pastikan kembali Dokumen yang sudah di unggah pada sscn benar-benar sesuai datanya, cek saja pada menu "LIHAT" dan apabila sudah ok centang kembali kotak kecil. Data sudah benar dan Upload Data Dokumen sudah sesuai, maka untuk proses selanjutnya klik "AKHIRI PROSES PENDAFTARAN". Catatan, Ingat setelah mengakhiri poses pendaftaran, maka kalian tidak akan bisa lagi melakukan pembatalan data, karena data tersebut sudah terekam di sscn bkn.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai Petujuk Teknis Pendaftaran CPNS 2019, lihat pada Buku Panduan CPNS 2019 yang dapat kalian unduh.




Demikianlah tadi uraian tentang Cara Mudah Daftar CPNS 2019 di Fortal SSCN BKN. Hal terpenting lainnya, pastikan juga kecepatan jaringan internet yang sahabat gunakan, karena kecepatan signal internet tersebut sangat berpengaruh pada saat membuka fortal sscn. Pada saat mengalami loading lama ketika melakukan proses pengisian formulir pendaftran, bisa copykan link yang sedang kita buka tersebut dan paste pada tab browser internet baru. Semoga membantu, terima kasih! Mohon maaf jika ada kekeliruan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar