-->
Skip to main content

Contoh Program Kerja UKS Tahun Pelajaran 2019/2020

Contoh Program UKS Tahun 2019/2020 - Usaha Kesehatan Sekolah atau UKS adalah program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan , pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah. Melalui Program UKS , sekolah diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas baik itu di sekolah negeri maupun di sekolah swasta

Contoh Program Usaha Kesehatan Sekolah

Untuk Keberhasilan program kerja usaha kesehatan sekolah dalam pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada akhirnya akan terlihat / tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik, dan ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS. Hal ini dikarenakan UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, yang dilakukan secara terpadu oleh 4 Kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di pusat maupun di daerah. Adapun landasannya, SKB 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.


CONTOH PROGRAM UKS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Program Usaha Kesehatan sekolah disusun berdasarkan Undang-undang No.36 Tahun 2009. Melalui penyusunan program usaha kesehatan sekolah yang terstruktur dan mudah dipahami diharapkan dapat membantu dalam pengembangan sekolah dan pencapaian visi misi serta tujuan sekolah.

Tujuan Program Uks

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah mempunyai tujuan sebagai berikut:

1. Tujuan umum
  • Peningkatan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sertamenciptakan lingkungan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukanmanusia Indonesia seutuhnya.

2. Tujuan khusus
  • Peningkatan pembinaan dan bimbingan teknis pelaksanaan kegiatan UKS di Sekolah
  • Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsiphidup sehat, serta berpartisipasi aktif didalam upaya peningkatan kesehatan disekolah dan lingkungan masyarakat.
  • Sehat, baik dalam arti fisik, mental maupun social
  • Memiliki daya hayat, dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaannarkotik, obat dan bahan berbahaya alkohol, rokok dan sebagainya

Ruang Lingkup Program Kerja UKS 

Ruang lingkup pembahasan program uks sd, program uks smp dan program uks sma dikelompokan menjadi tiga, yaitu kegiatan yang berkaitandengan lingkungan hidup, kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan diri dan kegiatanyang berkaitan dengan pendidikan kesehatan

BIDANG PENDIDIKAN KESEHATAN

Pendidikan kesehatan adalah upaya yang diberikan berupa bimbingan dan atau tuntunan kepada peserta didik tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek kesehatan pribadi (fisik, mental dan sosial) agar kepribadiannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik melalui kegitan kurikuler dan ekstrakurikuler.

1. Tujuan Pendidikan Kesehatan.
Tujuan pendidikan kesehatan ialah agar peserta didik:
  • Memiliki pengetahuan tentang kesehatan, termasuk cara hidup sehat.
  • Memiliki nilai dan sikap yang positif terhadap prinsip hidup sehat.
  • Memiliki keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan, dan perawatan kesehatan.
  • Memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.


Baca Juga : Cara Mengukur Jarak Dari Rumah Ke Sekolah 


2. Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan
Pelaksanaan pendidikan kesehatan diberikan melalui:

a. Kegiatan Kurikuler

Pelaksanaan pendidikan kesehatan melalui kegiatan kurikuler adalah pelaksanaan pendidikan pada jam pelajaran, sesuai Kurikulum yang berlaku di integrasikan ke semua mata pelajaran khususnya Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Pelaksanaan pendidikan kesehatan melalui peningkatan pengetahuan penanaman nilai dan sikap positif terhadap prinsip hidup sehat dan peningkatan keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan, dan perawatan kesehatan, mencakup:
  • Menjaga kebersihan diri.
  • Mengenal pentingnya imunisasi.
  • Mengenal makanan sehat.
  • Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza.
  • Menjaga kebersihan lingkungan (sekolah/madrasah dan rumah).

b. Kegiatan Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran biasa (termasuk kegiatan pada waktu libur) yang dilakukan di sekolah ataupun di luar sekolah dengan tujuan antara lain untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan peserta didik serta melengkapi upaya pembinaan manusia Indonesia seutuhnya. Kegiatan ekstrakurikuler mencakup kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan kesehatan. Kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan pendidikan kesehatan antara lain yaitu sebagai berikut :
  • Wisata siswa.
  • Kemah (Persami).
  • Ceramah, diskusi, simulasi, dan bermain peran;.
  • Lomba-lomba.
  • Bimbingan hidup sehat.
  • Apotik hidup.
  • Kebun sekolah.

c. Pendekatan dan Metode
  • Pendekatan : pendekatan individual, pendekatan kelompok, kelompok kelas, kelompok bebas dan lingkungan keluarga.
  • Metode : Belajar kelompok, kerja kelompok/penugasan, diskusi, belajar perorangan, pemberian tugas, dan pemeriksaan langsung.


Link Unduh :
Demikianlah tadi ulasan mengenai Contoh Program Usaha Kesehatan Sekolah Tahun 2019/2020. Untuk selengkapnya Bapak/Ibu dapat unduh file dalam bentuk word / ms.word pada tautan yang sudah kami sediakan. Semoga dengan adanya contoh program ini dapat membantu berjalannya kegiatan-kegiatan di sekolah masing-masing dan mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kekeliruan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar