-->
Skip to main content

Cara Mudah Login PDUN Kemdikbud

Cara mudah login PDUN Kemdikbud - USBN adalah merupakan singkatan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional , usbn diadakan karena bertujuan untuk mengukur capaian komptensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).



Untuk mendapatkan hasil un yang sesuai dengan pencapaian kompetensi lulusan , maka banyak sekali guru di sekolah berlomba-lomba agar peserta didiknya mampu mendapatkan nilai ujian yang baik. Lalu bagaimana agar peserta didik kita mampu mendapatkan nilai ujian yang sesuai dengan capaian kompetensi lulusan? Nah! Hal yang bisa dilakukan sesuai dengan tupoksi Guru secara optimal yaitu :
  1. Merencanakan : Membuat perencanaan pembelajaran / rencana pelaksaan pembelajaran ( RPP ) yang menarik bagi siswa , prota dan promes dan lain sebagainya.
  2. Melaksanakan : Melaksanakan program pembelajaran dengan metode-metode khusus, pendekatan sesuai kebutuhan siswa dan melakukan kegiatan belajar diluar kelas yang menarik agar dapat menumbuhkan minat belajar siswa.
  3. Melatih : Melatih keterampilan siswa yang hendak dicapai, misalnya seorang siswa diajari oleh gurunya untuk membuat sebuah layang-layang yang berbentuk segi empat dari bambu dan kertas, seterusnya siswa tersebut dilatih untuk menghitung layang layang agar dapat terbang di udara secara sempurna. 
  4. Mengevaluasi : Melaksanakan evaluasi pmbelajaran untuk mengukur kberhasilan proses pembelajaran. Pada proses evaluasi seorang guru dapat menentukan sampai sejauh mana tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang telah disampaikan kepada peserta didiknya disekolah
  5. Menganalisis : Mengananlisis hasil evaluasi untuk menentukan rencana tindak lanjut. Proses analisis disini guru dapat menentukan kembali rencana tindak lanjut yang harus dilakukan agar peserta didik mampu mencapai nilai yang lebih baik lagi.
  6. Melaksanakan tindak lanjut pembelajaran : Melkasanakan RTL (Perbaikan/Pengayaan) sesuai hasil analisis. Pada proses rencana tindak lanjut atau disingkat RTL , maka apabila siswa belum dapat mencapai nilai yang memuaskan disekolah, guru dapat menentukan kembali rencana tinjak lanjut yang harus dilakukan pada proses pembelajaran berikutnya.

CARA MUDAH LOGIN PDUN DATA KEMDIKBUD

PDUN adalah sebuah portal pendataan calon peserta ujian nasioal yang dibuat oleh kemdikbud. Data siswa yang muncul pada situs pdun itu berdasarkan hasil dari sinkronisasi dapodik sekolah . Sekolah Negeri maupun sekolah swasta dibawah naungan kemdikbud yang telah mengirimkan data dapodikdasmen maka sekolah tersebut dapat mengeceknya langsung siswa-Nya / calon peserta un pada alamat pdun data kemdikbud go id atau hamalan http://pdun.data.kemdikbud.go.id .

Cara Masuk pdun data kemdikbud / cara login pdun beserta langkah-langkah yang harus dilakukan

  • Pertama, buka laman pdun.data.kemdikbud.go.id atau http://pdun.data.kemdikbud.go.id melalui komputer / laptop , atau bisa juga menggunakan handphone (kami sarankan, buka menggunakan komputer/laptop agar tampilannya lebih sempurna).
  • Berikutnya, Masukan username dan password dapodik atau bisa juga alternatif lain dengan menggunakan kode registrasi dapodik yang biasa kita gunakan. kemudian klik login pdun  agar sekolah dapat masuk ke manajemen pdun


Sekolah-sekolah yang telah berhasil login pdun data kemdikbud disanalah sahabat admin  dapat melihat menu-menu khusus yang memiliki fungsinya masing-masih pada manajemen PDUN , menu yang tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Beranda
Beranda adalah merupakan bagian dari halaman awal / tampilan muka. Ketika anda pertama kali masuk ke portal pdun maka akan terlihat informasi pengguna yang muncul setelah berhasil login pdun dan itu adalah merupakan bagian dari beranda.  Di laman beranda pdun memuat informasi pengguna mulai dari Peran ,  nama operator sekolah, NIP / NIM , Jabatan , nomor yahoo messenger , skype , alamat rumah , kode wilayah sekolah dan nomor handphone / telepon. Jika terdapat kesalahan indentitas anda selaku admin / operator sekolah, maka perbaiki melalui aplikasi dapodikdasmen dan sikronkan kembali agar data tersebut dapat segera masuk pada pdun kemdikbud (http://pdun.data.kemdikbud.go.id)

2. Calon Peserta UN
Calon peserta UN adalan merupakan peserta didik yang akan dijadikan sebagai peserta sebelum ujian nasional berlangsung pada waktu yang telah ditentukan. Ketika kita lakukan klik menu calon peserta un, maka terdapatlah data-data siswa yang muncul berdasarkan hasil dari sinkonisasi dapodikdasmen sekolah masing masing. Menu calon peserta un yang muncul pada dasbor tersebut yaitu :
  • Pengaturan Kursi Peserta Didik :  Atur Nomor Urut Rombel
  • Unduh File Calon Peserta UN : File DZ PDUN tersebut akan bisa kalian unduh setelah pengaturan Nomor Urut Rombel berhasil dilakukan. 
  • Unduh Calon Peserta Ujian Nasional (CPUN) ke exel : Unduhan data calon peserta un dalam bentuk file ms.exel. Apabila terdapat kesalahan nama , tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung, maka perbaiki melalui verval pd kemdikbud go id
  • Unduh Berita Acara : Berita Acara Serah Terima Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional dalan bentuk pdf yang nantinya ditandatangani oleh penanggung jawab pihak pertama (Kepala Sekolah) dan diterima pihak kedua yaitu Ketua Panitia Ujian Nasional Kab/Kota Setempat.
  • Filter PD berdasarkan NISN : cek pdun bagi siswa yang belum memiliki NISN

3. Logout 
Logout merupakan Bahasa Inggris yang dalam arti bahasa Indonesia yaitu keluar. Kita sering mendengar ataupun melihat menu logout tersebut pada media-media sosial misalkan facebook , instagram dan twitter , kita pastinya sebagai pengguna sudah mengetahui betul ketika akan keluar pada halaman tersebut karena sudah terbiasa menggunakannnya.


CARA UNDUH FILE DZ PDUN KEMDIKBUD

  1. Langkah pertama sahabat operator harus mengunjungi laman pdun http://pdun.data.kemdikbud.go.id kemudian login mengunakan user dan pasword masing-masing dapodik atau menggunakan alternatif lain untuk masuk di laman pdun dengan menggunakan kode registrasi sekolah. 
  2. Setelah berhasil login di pdun, maka akan muncul tampilan menu utama yang terdiri dari Beranda, Calon Peserta UN, dan Logout. 
  3. Berikutnya klik Menu Calon Peserta UN, lalu Menu pengaturan no kursi di pdun berisi tingkat, jenis rombel, dan nama urut rombel. sebelum unduh calon peserta ujian pdun alangkah baiknya sahabat operator mengatur nama urut rombel tersebut. Caranya bagaimana? tinggal kita doble klik pada menu dibawah nama urut rombel yang sejajar dengan Kelas 6A (nama kelas yang tertera pada aplikasi dapodik), piliih 01 atau 02 (ruangan yang digunakan).
  4. Selanjutnya pilih Menu unduh file Calon Peserta UN di pdun maka kita akan diarahan untuk download data Calon Peserta UN atau biasa dinamakan file DZ. Pada arahan unduh Calon Peserta UN akan mucul informasi berupa "Pastikan data siswa calon peserta UN sudah lengkap dan valid, sebelum file ini diberikan ke panitia UN Dinas Kab/Kota". Apabila kita sudah yakin lengkap dan valid Calon Peserta UN di pdun tinggal piliih "YA". 

Itulah tadi uraian mengenai cara login pdun data kemdikbud .Sahabat operator pastinya lebih memahami betul langkah-langkah tentang pdun tersebut, karena setiap tahun kita sering menggunakan aplikasi pdun kemdikbud. Seiring dengan berjalannya waktu, maka tidak ada salahnya kita mulai lebih awal memastikan data calon peserta ujian nasional itu benar-benar betul, baik itu dari nama, tempat dan tanggal lahir siswa, nama orang tua, alamat rumah, nomor nisn , nomor induk dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada uraian yang telah kami buat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar