-->
Skip to main content

Cara Menghitung Jarak Rumah Ke Sekolah Pada Sistem Zonasi PPDB

Cara Menghitung Jarak Rumah Ke Sekolah - Zonasi sekolah merupakan jarak tempat tinggal peserta didik dengan sekolah. Pada ppdb online maupun offline dalam sistem zonasi, sekolah tidak menekan lagi hasil nilai ujian siswa yang diperoleh, namun dengan menghitung jarak/radius rumah ke sekolah. Jadi tidak ada istilah sekolah favorit yang siswa memiliki kecerdasan berkumpul pada satu sekolah dan siswa kurang memiliki kecerdasan menjadi buangan ke sekolah bukan favorit.

Apa itu zonasi ? 

Zonasi adalah pembagian atau pemecahan suatu areal menjadi beberapa bagian, sesuai dengan fungsi dan tujuan pengelolaan (https://kbbi.web.id/zonasi).

Sistem zonasi menurut Mendikbud bertujuan : 1). menjamin pemerataan akses layanan pendidikan bagi siswa, 2). mendekatkan lingkungan sekolah dengan lingkungan keluarga, 3) menghilangkan eksklusivitas dan diskriminasi di sekolah, khususnya sekolah negeri, 4). membantu analisis perhitungan kebutuhan dan distribusi guru. Selain itu, hal terpenting di dalam penerapan PPDB adalah membuat anak mendapatkan layanan pendidikan yang terdekat dari rumah/tempat tinggalnya "Dirjen Hamid" .


Bagaimana cara menentukan jarak rumah ke sekolah? Untuk mengukur jarak tempat tinggal siswa ke sekolah cukup mudah, Anda bisa mengakses google map melalui komputer, laptop, notebook, handphone ataupun tablet. Penasaran bagaimana carab ukur tempat tinggal siswa dengan menggunakan google map? Simak uraian berikut.

Artikel lainya : 2 Cara Login PIP Sipintar Enterprise 

2 Cara Menghitung Zonasi Jarak Rumah Dengan Sekolah 

Langkah - langkah mengukur jarak tempat tinggal siswa ke sekolah dengan menggunakan komputer/laptop :

1. Buka broswer internet sering sahabat gunakan, misalnya google chrome atau mozilla firefox.

2. Ketik alamat https://www.google.com/maps atau klik 👉 disini

3. Ketik Nama Kota Anda, lalu tekan Enter


4. Selanjutnya, Skrol mouse/perbesar tampilan lokasi rumah, lalu klik kanan dan pilih ukur jarak pada titik koordinat rumah peserta didik yang tercantum dalam kartu keluarga (KK).



5. Kemudian, pilih sekolah yang akan kita tuju dan langsung saja klik tombol bagian kiri pada mouse, maka akan tampil dilayar jarak tempuh dari rumah ke sekolah.




Artikel lainya : 5 Aplikasi GPS Map Tebaik Untuk PPDB Online 

Cara mengukur radius dari rumah ke sekolah dengan handphone android:

1. Buka Aplikasi Google Map.

2. Selanjutnya, tekan titik lokasi anda atau titik koordinat rumah peserta didik (sesuai dengan kartu keluaga/KK), kemudian, klik kata pin pasang / pin lokasi.

4. Setelah itu, kliik ukur jarak di google map

Artikel lainya : Cara Cek NUKS atau NRKS Kepala Sekolah 

5. Kemudian, pilih skrol atau geser ke lokasi sekolah yang akan dituju pada map, maka akan tampil pada layar jarak tempuh dari rumah ke sekolah.

Demikianlah tadi ulasan cara menghitung jarak rumah ke-sekolah pada Sistem Zonasi PPDB yang bisa anda coba dirumah maupun ditempat kerja. Untuk sahabat semua yang mengalami kegagalan pada saat cek lokasi dengan menggunakan sistem android atau handpone, kami sarankan untuk Meng-Updatekan terlebih dahulu aplikasi google map-nya agar usaha yang anda lakukan membuahkan hasil alias lebih ringan digunakan. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekeliruan pada uraian yang telah kami buat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar