-->
Skip to main content

Aplikasi Raport Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Aplikasi Raport K13 kelas 1 Semester 2 - aplikasi raport k13 revisi 2018 untuk kelas 1 SD/MI memuat KI dan KD yang sudah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016. Dalam pengolahan nilai dan cetak rapot kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar yang kami bagikan ini merupakan acuan dalam penilaian terbaru Kurikulum 2013 direvisi dalam penilaian oleh pendidik pada satuan pendidik. Penilaian sikap dalam proses pembelajaran dikelas merupakan sebagai perilaku peserta didik yang meliputi sikap spiritual dan sikap sosial. 

Karakteristik dalam penilaian sikap berbeda dengan penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditunjukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.


Pada aplikasi raport digital, dillampikan juga didalamnya berupa rapor mini dan piagam penghargaan. berikut ini pengertian-pengertian terkait penilaian yang ada dalam aplikasi raport k13 sd.

  1. Standar penilaian pendidikan adalah standar pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. 
  2. Penilaian adalah proses pengumpulan informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi peserta didik.
  3. Pembelajaran adalah merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  4. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik adalah proses pengumpulan  informasi/data  tentang  capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.
  5. Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah maupun madrasah.
  6. Penilaian harian (PH) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur kertercapaian Kompetensi Dasar (KD).
  7. Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian Kompetensi Dasar (KD) peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8 sampai dengan 9 minggu.  Cukup Penilaian tengah semester meliputi seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada periode tersebut.
  8. Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cukup PAS meliputi seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada periode semester Ganjil.
  9. Penilaian akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cukup PAT meliputi seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada periode semester Genap. 


Download Aplikasi Rapor Kelas 1 :




Bagi Sahabat guru sekalian yang membutuhkan aplikasi raport k13 terbaru, untuk Kelas I Semester II Tahun Pelajaran 2018-2019. Silahkan klik tautan yang sudah kami sediakan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar