-->
Skip to main content

Definisi Negara, Bangsa Dan Tanah Air


Pengertian Negara, Bangsa Dan Tanah Air - Negara adalah organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sah. Bangsa adalah orang-orang yang memiliki persamaan latar belakang sejarah, pengalaman, dan perjuangan dalam mencapai hasrat untuk bersatu dalam mencapai cita-cita bersama. Tanah air adalah tempat seseorang dilahirkan, hidup dan memperoleh kehidupan, sampai akhir hayatnya. Istilah tanah air disebut juga tanah tumpah darah.

Menurut kalian, apakah sama antara negara dan bangsa? Tentunya negara berbeda dengan bangsa. Jika bangsa merujuk pada kelompok orang atau persekutuan hidup, sedangkan negara merujuk pada sebuah organisasi sekelompok orang yang berada di dalamnya. Istilah negara merupakan terjemahan dari kata bahasa Inggris, state; bahasa Belanda dan Jerman, staat, serta bahasa Prancis, etat. Kata-kata tersebut diambil dari bahasa Latin, status atau statum, yang berarti keadaan yang tegak serta tetap atau sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tegak serta tetap. Di Indonesia, istilah negara berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu nagari atau nagara yang berarti wilayah atau penguasa.



Secara terminologi, negara diartikan sebagai oraganisasi tertinggi di antara suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu hidup dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat. Pengertian ini mengandung nilai konstitutif dari sebuah negara yang menyaratkan adanya unsur dalam sebuah negara yaitu rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat dan unsur deklaratif dari suatu negara yaitu adanya pengakuan dari negara lain.  Untuk lebih memahami unsur Negara, perhatikan gambar berikut ini!

Sumber Gambar : Rumah Belajar Kemdikbud

Pada gambar tersebut terlihat bahwa negara Indonesia memiliki unsur wilayah kepulauan Indosesia dari Sabang sampai Meuroke, Unsur wilayah adalah hal yang sangat penting untuk menunjang pembentukan suatu negara. Tanpa adanya wilayah, mustahil sebuah negara bisa terbentuk. Wilayah inilah yang akan ditempati oleh rakyat dan penyelenggaraan pemerintahan. Wilayah suatu negara adalah kesatuan ruang yang meliputi daratan, lautan, udara, dan wilayah ekstrateritorial.

Unsur negara lainnya yaitu memiliki rakyat. Berdasarkan data jumlah penduduk Indonesia per 30 Juni 2016 adalah 257.912.349 jiwa. Adapun jumlah wajib KTP per 31 Desember 2015 yakni 182.588.494 jiwa,

Selanjutnya unsur pemerintah. Unsur pemerintah yang dimaksudkan disini adalah pemerintahan yang sah dan berdaulat. Pemerintahan yang sah berarti pemerintah yang diakui oleh rakyat untuk menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan, pemerintahan yang berdaulat berarti memiliki kekuasaan penuh untuk mengatur jalannya Negara. Pemerintahan yang dikepalai oleh presiden dan susunan kabinet yang terdiri dari para mentri yang bertugas sebagai pembantu presiden. Dalam pemerintahan presidensial negara kita memiliki lembaga lembaga negara yang melaksanakan tugasnya masing-masing untuk mewujudkan tujuan negara. Lembaga tersebut diantaranya adalah
  • Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),
  • Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Mahkamah Agung (MA),
  • Mahkamah Konstitusi (MK),
  • Komisi Yudisial (KY) dan lembaga lainnya.
Sumber : Rumah Belajar Kemdikbud




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar