-->
Skip to main content

Silabus Kelas 6 Revisi 2018 Kurikulum 2013

Silabus Kelas 6 Revisi 2018 Kurikulum 2013 - Assalamualaikum, Halo pembaca opspwk.web.id sekalian dimanapun kalian berada semoga dalam keadaan sehat selalu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting bagi Anda semua dan perlu diketahui juga terutama yang kesehariannya berprofesi sebagai guru yang menyampaikan ilmu bermanfaat kepada anak didiknya dalam kegiatan belajar mengajar. Pada kesempatan ini opspwk.web.id akan menyajikan sebuah silabus kelas enam revisi 2018 kurikulum 2013.
Silabus  adalah suatu rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau pada tema tertentu yang meliputi  standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus k13 juga sebagai penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Silabus kelas enam kurikulum 2013, terdiri dari sembilan tema (9 tema) ini berkaitan dengan semester ganjil dan genap pada jenjang kelas atas sekolah dasar, dengan tema-tema sebagai berikut:
Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Tema 3 Tokoh dan Penemuan
Tema 4 Globalisasi
Tema 5 Wirausaha
Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Tema 7 Kepemimpinan
Tema 8 Bumiku
Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar

Contoh Silabus Kelas Enam Revisi 2018 Kurikulum 2013

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran Pada Silabus SD Kelas Enam Revisi 2018 Kurikulum 2013
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar
1.4.Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4.Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4.Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4.Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

Indikator
1.4.1.Meyakini persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4.1.Memilih sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4.1.Memahami persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
3.4.2.Mengetahui nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.                                                                                                                                
4.4.1 mengidentifikasikan contoh pelaksanaan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.4.2.Menuliskan penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.

Materi Pembelajaran
Nilai persatuan di kehidupan sehari-hari.
Nilai- nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.

Kegiatan Pembelajaran
Menuliskan pengalaman hidup rukun dalam kehidupan di sekolah.
Menemukan sikap yang mencerminkan rukun dalam perbedaan dan manfaatnya
Menemukan contoh hidup rukun dan membuat rencana mewujudkannya.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.4.Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4.Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Indikator
3.4.1.Menganalisis informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
3.4.2.Memahami penggunaan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran.
4.4.1.Mempresentasikan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.4.2.Menyajikan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.


Materi Pembelajaran
Teks tentang tokoh proklamasi kemerdekaan.
Teks terkait makna Proklamasi Kemerdekaan.
Teks bacaan  yang berjudul ”  Pengibar Sang Saka Merah Putih”.
Penggunaan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
Penggunaan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana dalam menyebutkan sebuah informasi.
Penggunaan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran

Kegiatan Pembelajaran
Menemukan informasi penting dari teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran.
Menemukan informasi penting melalui unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran.

Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar
3.3.Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3.Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran
Indikator
3.3.1.Mengetahui cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
3.3.2.Mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.
4.3.1.Membuat laporan tentang ciri- ciri tumbuhan terkait habitatnya
4.3.2.Menuliskan hasi pengamatan tentang ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.

Materi Pembelajaran
Teks bacaan  tentang tumbuhan.
Ciri- ciri tumbuhan dan cara tumbuhan beradaptasi di lingkungannya.
Kegiatan Pembelajaran
Mengamati ciri tumbuhan dan habitatnya
Mengamati tanaman di sekitar habitat dan cara melindungi diri

Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar
3.4.Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4.Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Indikator
3.4.1.Mengetahui makna proklamasi kemerdekaan.
3.4.2.Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dengan tepat
4.4.1.Mendiskusikan makna proklamasi kemerdekaan dengan tepat.
4.4.2.Menuliskan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari- hari.

Materi Pembelajaran
Teks proklamasi
Makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari- hari.
Pengalaman mewujudkan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan

Kegiatan Pembelajaran
Menuliskan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
Menemukan makna proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah, dan di sekitar.

Seni Budaya dan Prakarya
Kompetensi Dasar
3.3.Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3.Menampilkan tari kreasi daerah.

Indikator
3.3.1.Mengetahui pola lantai berbagai tarian daerah.
3.3.2.Menjelaskan macam- macam pola lantai pada tarian daerah.
4.3.1.Mengidentifikasikan macam- macam pola lantai bdalam tarian daerah.
4.3.2.Mempraktikkan pola lantai tarian dari salah satu daerah.

Materi Pembelajaran
Tarian lego- lego.

Kegiatan Pembelajaran
Menggambar pola lantai tari daerah dan mempraktikkannya

Latihan Soal USBN SD Tahun 2017/2018 

Penilaian Setiap Mata Pelajar Pada Silabus.
Sikap : Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, Santun, Peduli, Percaya diri, Kerja Sama
Jurnal : Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain
Penilaian Diri : Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah
Pengetahuan
Tes tertulis
  • Informasi penting melalui apa, siapa, mengapa, kapan, bagaimana
  • Makna proklamasi kemerdekaan
  • Ciri tumbuhan dan habitatnya
  • Hidup rukun dalam perbedaan
  • Pola lantai tari daerah
  • Habitat tanaman dan cara melindungi diri
  • Manfaat rukun dalam perbedaan
  • Makna proklamasi
  • Pola tari daerah
  • Hidup rukun
Keterampilan
Praktik/Kinerja
  • Membaca pemahaman
  • Mengamati dan membuat laporan
  • Membandingkan, mengurutkan, menulis
  • Olah tubuh melalui praktik pola lantai tarian
  • Membuat laporan
  • Merefleksi diri
  • Menyelesaikan masalah
  • Gerak pola lantai
  • Membaca pemahaman
  • Membuat rencana
Alokasi Waktu : 24 JP
Sumber Belajar : Buku Guru, Buku Siswa, Aplikasi Media SCI, Internet, Lingkungan

Bagi Bapak/Ibu yang ingin unduh silabus untuk Kelas 6 pada kurikulum 2013, silahkan klik tautan yang sudah kami sediakan :

Unduh Silabus Kelas 6 Revisi 2018 Kurikulum 2013

Demikian silabus kelas 6 revisi 2018 kurikulum 2013 ini kami bagikan dan Semoga ulasan tadi dapat bermanfaat bagi anda semua, kurang lebihnya kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.....

Sumber : Gurusd.web.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar