-->
Skip to main content

Latihan Soal USBN SD Tahun 2017/2018



Latihan Soal USBN SD Tahun 2017/2018 Assalamu'alaikum, Halo pembaca opspwk.web.id sekalian dimanapun berada, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting bagi semua khususnya guru kelas 6 dan perlu diketahui juga terutama dalam menghadapi Ujian Nasional dibutuhkan  latihan-latihan tentang mata pelajaran yang akan diujikan nanti dan contoh soal usbn 2018 sd. Soal usbn 2018 sd yang akan di ujikan nanti yaitu soal usbn 2018 bahasa indonesia, soal usbn 2018 matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

CONTOH SOAL USBN 2018 SD TAHUN PELAJARAN 2017/2018  
PAKET BAHASA INDONESIA
A. Berilah tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C, atau D yang paling tepat!

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 13!
Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna
Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
A. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
B. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
C. Dengan cara yang disebut mimikri.
D. Dengan memantulkan sinar matahari.

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks.
2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
A. Oranye
B. Merah
C. Kuning
D. Hitam

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks.
3. Berikut ini adalah tabel perubahan warna bunglon.
Gambar....
Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah ....
A. (a) warna gelap; (b) warna terang
B. (a) warna terang; (b) warna gelap
C. (a) warna hitam; (b) warna kuning
D. (a) warna hijau; (b) warna cokelat

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menentukan sinonim.
4. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti. Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut adalah ....
A. kumpulan
B. regu
C. gugus
D. tim

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat membandingkan isi teks.
5. Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tidak pernah berbuat buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.
Teks 2
Sofy adalah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. menolong orang walaupun ia suka mengejek
B. disukai banyak orang karena suka menolong
C. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.
6. Bacalah paragraf berikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya agar tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melakukan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapatkan hukuman dari sekolah.
C. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidika n DKI Jakar ta dapat menjadikan siswa lebih sehat.
D. Pembuatan kantin sehat di sekolah sebenarnya sangat merepotkan.

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menentukan makna kata.
7. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ....
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.
8. Perhatikan teks berikut!
Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang melekat pada bagian dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar sketsa pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
B. Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C. Pembeli bisa ikut menentukan pola model hiasan yang diinginkan.
D. Untuk menggambar sketsa pada cangkang diperlukan pola sebagai cetakan.

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersirat teks.
9. Cermati pidato berikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi sekarang telah bisa membaca. Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi sekarang telah bisa menulis. Dahulu kita tidak bisa menghitung, tetapi sekarang telah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh karena itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
Isi teks pidato di atas adalah ....
A. mengingatkan kenangan masa lalu
B. mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
C. imbauan untuk berbakti kepada guru
D. imbauan untuk menaati segala perintah guru

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks.
10. Perhatikan teks berikut!
Esok paginya, kami berangkat dengan menggunakan sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang karena bisa tiba di Pantai Parangtritis dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Parangtritis hingga tak terasa bahwa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda lalu pulang dengan hati gembira.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. narasi
C. persuasi
D. eksposisi

Demikianlah tadi sekilas contoh latihan soal USBN SD Tahun 2017/2018. Untuk selengkapnya soal usbn 2018 silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat, sampai jumpa lagi. Wassalam....

Link Unduh dibawah ini :


Sumber : Gurusd.web.id

Rekomendasi :




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar