Silabus K13 Kelas 2 Semester 2 Revisi 2017
Silabus K13 Kelas 2 Semester 2 Revisi 2017 - Assalamu'alaikum, Halo pembaca opspwk.web.id sekalian dimanapun berada, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting bagi Anda semua dan perlu diketahui juga terutama yang kegiatan kesehariannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada kesempatan ini opspwk.web.id akan menyajikan sebuah silabus k13 kelas dua semester dua revisi 2017.
Silabus
k13 merupakan suatu rencana pembelajaran
pada suatu kelompok mata pelajaran atau pada tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu,
dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus k13 ini juga sebagai penjabaran dari
standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus k13 kelas dua semester dua revisi Tahun 2017 dengan
4 tema dengan berisikan point-point silabus k13 dibawah ini :
1. Silabus K13 Kelas Dua - Tema 5 Pengalamanku
2. Silabus K13 Kelas Dua -Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan
3. Silabus K13 Kelas Dua -Tema 7 Kebersamaan
4. Silabus K13 Kelas Dua -Tema 8 Keselamatan di Rumah dan di
Perjalanan
CONTOH SILABUS K13 SD KELAS II
SEMESTER II REVISI 2017
A. KOMPETENSI INTI
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
Menunjukkan
keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan
kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya
B. KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan ( silabus k13 )
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
3.2
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.
Materi Pokok
Aturan
dan tata tertib yang berlaku di rumah.
Kegiatan
sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
Pembelajaran
Mengidentifikasi
dan mensimulasikan kegiatan sesuai aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dengan percaya diri
Bahasa Indonesia ( silabus
k13 )
3.7.
Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan
penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta
mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
4.7.
Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat,
nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan
tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
Materi Pokok
Kosakata
dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar
Tulisan
tegak bersambung dalam cerita dengan
memperhatikan penggunaan huruf kapital
(awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada
kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
Pembelajaran
Membaca
teks yang berkaitan dengan lingkungan geografis di sekitar ,mengelompokkan
berbagai contoh kata - kata, dan menuliskan dengan menggunakan tulisan tegak
bersambung sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dengan percaya diri.
Menemukan
kosa kata yang belum dipahami dan menuliskan menggunakan tulisan tegak
bersambung tentang pengalaman bersatu dalam keberagaman dengan tanggung jawab
Matematika
3.6.
Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan
baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Materi Pokok
Panjang,
berat, dan waktu dalam satuan baku
Jarak
antara dua tempat, dengan satuan baku
Pembelajaran
Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan
jujur
SBdP
3.2
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak
Materi Pokok
Pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Pengolahan
bahan alam dan buatan dalam berkarya
Pembelajaran
Mengidentifikasi
bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat hiasan kemudian menyajikan dalam bentuk laporan tertulis dengan percaya
diri.
Penilaian
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian
Mempraktikkan Gerak sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak
secara lentur serta seimbang (KD 3.6 dan 4.6)
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Alokasi Waktu
(26
jam pelajaran)
Link
Unduh dibawah ini :
Baca juga : RPP K13 Kelas 1 SD Semester 2 Revisi 2017 , RPP K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD Semester 2 , RPP K13 Revisi2018 Kelas 3 SD Semester 2 , RPP K13 Revisi2017 Kelas 4 SD Semester 2 , RPP K13 Kelas 5Semester Dua Dengan Kegiatan Berbasis Proyek , Pengertian Microsoft Office Word atau Microsoft Word , Cara Merawat Komputer , Laptop dan Notebook yang Mudah dan Benar Agar Awet
Advertisement