-->
Skip to main content

Silabus K13 Kelas 2 Semester 2 Revisi 2017


Silabus K13 Kelas 2 Semester 2 Revisi 2017 - Assalamu'alaikum, Halo pembaca opspwk.web.id sekalian dimanapun berada, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting bagi Anda semua dan perlu diketahui juga terutama yang kegiatan kesehariannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada kesempatan ini opspwk.web.id akan menyajikan sebuah silabus k13 kelas dua semester dua revisi 2017.

Silabus k13 merupakan suatu  rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau pada tema tertentu yang meliputi  standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus k13 ini juga sebagai penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Silabus k13 kelas dua semester dua revisi Tahun 2017 dengan 4 tema dengan berisikan point-point silabus k13 dibawah ini :
1. Silabus K13 Kelas Dua - Tema 5 Pengalamanku
2. Silabus K13 Kelas Dua -Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan
3. Silabus K13 Kelas Dua -Tema 7 Kebersamaan
4. Silabus K13 Kelas Dua -Tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan


CONTOH SILABUS K13 SD KELAS II SEMESTER II REVISI 2017
A. KOMPETENSI INTI
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya

B. KOMPETENSI DASAR

Kompetensi Dasar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  ( silabus k13 )
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Materi Pokok
Aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah.
Kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
Pembelajaran
Mengidentifikasi dan mensimulasikan kegiatan sesuai aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri

Bahasa Indonesia ( silabus k13 )
3.7. Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
4.7. Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
Materi Pokok
Kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar
Tulisan tegak bersambung dalam cerita  dengan memperhatikan penggunaan  huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
Pembelajaran
Membaca teks yang berkaitan dengan lingkungan geografis di sekitar ,mengelompokkan berbagai contoh kata - kata, dan menuliskan dengan menggunakan tulisan tegak bersambung sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
Menemukan kosa kata yang belum dipahami dan menuliskan menggunakan tulisan tegak bersambung tentang pengalaman bersatu dalam keberagaman dengan tanggung jawab


Matematika
3.6. Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6. Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Materi Pokok
Panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku
Jarak antara dua tempat, dengan satuan baku
Pembelajaran
Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur

SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak
Materi Pokok
Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
Pembelajaran
Mengidentifikasi bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat hiasan kemudian menyajikan  dalam bentuk laporan tertulis dengan percaya diri.

Penilaian
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mempraktikkan Gerak sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang (KD 3.6 dan 4.6)
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Alokasi Waktu
(26 jam pelajaran)

Link Unduh dibawah ini :


Sumber : Kurikulum.co.id





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar