-->
Skip to main content

RPP K13 Kelas 5 Semester Dua Dengan Kegiatan Berbasis Proyek



RPP K13 Kelas 5 Semester Dua Dengan Kegiatan Berbasis ProyekAssalamualaikum ,Halo pembaca opspwk.web.id sekalian dimanapun berada, Kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan cukup penting yang perlu Anda ketahui terutama yang kegiatan kesehariannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada kesempatan ini opspwk.web.id akan menyajikan sebuah contoh RPP K13 Kelas 5 Semester Dua Dengan Kegiatan Berbasis Proyek.

Kegiatan belajar mengajar atau KBM untuk kelas 5 agar berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, maka tidak salahnya kita membekali diri dengan membuat sebuah rencana pelakasanan pembelajaran atau RPP K13 Kelas 5. Dalam hal ini membuat rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP K13 Kelas 5 ) dibutuhkan ketelitian dan kematangan agar ketika kita praktekan dilapangan  berjalan dengan baik. RPP K13 Kelas 5 pada semester dua terdiri dari 4 tema, diantaranya sebagai berikut: 
1.    RPP k13 kelas 5 Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
2.    RPP k13 kelas 5 Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan
3.    RPP k13 kelas 5 Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
4.    RPP k13 kelas 5 Tema 9 : Benda-Benda di sekitar kita

CONTOH RPP K13 KELAS 5 SEMESTER DUA DENGAN KEGIATAN BERBASIS PROYEK
A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3  Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3  Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1  Membuat ringkasan narasi teks video/gambar yang disajikan
3.3.2 membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
4.3.1 menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraph bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.

IPA
Kompetensi Dasar
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang
      perpindahan kalor.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1 Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas
3.6.2 Mendemonstrasikan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor
3.6.3 Mendiskusikan perubahan suhu benda dengan konsep kalor dilepaskan dan kalor diterima oleh benda
4.6.1   Memahami perbedaan suhu dan kalor

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan menggarisbawahi kata kunci, siswa mampu menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan pada media secara tepat.
2.    Dengan membuat diagram untuk menjelaskan pokok pikiran, siswa mampu m menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik secara lisan dengan jelas.
3.    Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu menjelaskan benda-benda yang dapat bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor secara benar.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.    Teks Penjelasan
2.    Ringkasan
3.    Kalimat efektif
4.    Surat undangan
5.    Kalor dan Perpindahannya
6.    Suhu dan kalor
7.    Perpindahan kalor

E.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1.    Teks bacaan.
2.    Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3.    Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1.   Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.   Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.   Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.  Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.   Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.   Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.   Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.   Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

Kegiatan inti
Ayo Berdiskusi
·        Siswa membaca teks bacaan yang berjudul
·        “Bahan Konduktor dan Isolator”, siswa diperbolehkan untuk menggarisbawahi informasi penting dan kata-kata sulit yang ia temukan dalam bacaan.
·         Guru meminta siswa untuk menulis kata-kata sulit yang ditemukannya ke dalam bacaan dan mencari arti dari kata-kata tersebut.

Ayo Menulis
·       Siswa mencermati bacaan yang disajikan dan mengidentifikasikan kata-kata yang dicetak miring.
·        Siswa menuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel dan mecari artinya dengan menggunakan kamus.
·        Siswa membuat paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut. Kalimat yang dibuat adalah kalimat lengkap dengan menggunakan kata-kata baku.
·        Guru memimpin diskusi dan membahas tentang hal-hal penting yang terdapat dalam bacaan.
·       Guru memimpin diskusi kelas dan meminta siswa untuk menemukan hal-hal penting dari bacaan yang mereka baca. Siswa menuliskan hal-hal penting yang ia temukan pada tiap paragraf bacaan dalam tabel yang disediakan.
·       Siswa membuat diagram untuk menjelaskan pokok pikiran dari bacaan yang mereka baca.
·        Siswa menggunakan diagramnya untuk menjelaskan kembali tentang bacaan yang dibacanya. Siswa menuliskan penjelasannya dalam satu paragraf dengan menggunakan bahasanya sendiri. Kegiatan ini, digunakan untuk melihat pemahaman siswa tentang KD Bahasa Indonesia 3.3 dan 4.3, menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan pada media elektronik.

Ayo Mengamati
·        Siswa diminta untuk melakukan pengamatan dan memperhatikan bahan-bahan yang dapat menghantarkan panas (konduktor) dan menghambat panas (isolator).
·        Siswa mengidentifikasikan kegiatan yang akan ia lakukan, alat atau bahan yang digunakan dalam kegiatan tersebut.
·        Siswa menuliskan hasil pengamatannya dalam buku catatan mereka. Dalam buku catatan, mereka akan membuat tabel yang terdiri dari dua kolom yaitu kolom konduktor dan kolom isolator.
·         Siswa akan menulis bahan-bahan mana yang termasuk ke dalam jenis konduktor dan isolator.
·        Guru dan Siswa berkumpul kembali untuk mendiskusikan hasil pengamatan yang mereka lakukan. Guru akan mengambil kembali kertas kecil yang berisi ide anak-anak tentang bahanbahan yang termasuk konduktor dan juga isolator yang dilakukan di awal. Gunakan kertas tersebut untuk menambah informasi mengenai bahan-bahan yang mampu menghantarkan panas atau tidak.
·         Kegiatan ini, digunakan sebagai kegiatan pembuka untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.6 dan 4.6.
·        Pada pertemuan selanjutnya, minta siswa untuk mengisi lembar hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan yang ada. Siswa dapat menggunakan catatan hasil pengamatan dalam mengisi lembar pekerjaan ini.
·        Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan percobaan yang ia lakukan.

Penutup
1.     Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.     Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.     Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.     Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

Download RPP K13 Kelas 5 Revisi Semester Dua Dengan Kegiatan Berbasis Proyek

·        RPP K13 Kelas 5 Tema 6 Semester 2


Itulah tadi sekilas tentang Contoh RPP K13 Kelas 5 Semester Dua Dengan Kegiatan Berbasis Proyek, Seperti yang sudah kami bahas diatas, ada banyak sekali RPP K13 Kelas 5 Semester Dua dari berbagai sumber. Semoga ulasan kami tentang RPP K13 Kelas 5 Semester Dua ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar Bapak/Ibu Guru di sekolah khususnya Guru Kelas 5, dan apabla ada kata-kata yang kurang berkenan mohon maaf, karena penulis masih dalam tahap belajar. Wassalam. 🙏🙏🙏 

Sumber : gurusd.web.id

Baca juga RPP K13 Revisi 2018 Kelas 3 SD Semester 2 , RPP K13 Revisi 2017 Kelas 4 SD Semester 2 , Pengertian Microsoft Office Word atau Microsoft Word




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar