-->
Skip to main content

Silabus K13 Kelas 1 Semester 2 Revisi 2017


Silabus K13 Kelas 1 Semester 2 Revisi 2017 - Assalamu'alaikum, Halo pembaca opspwk.web.id sekalian dimanapun berada, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting bagi Anda semua dan perlu diketahui juga terutama yang kegiatan kesehariannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada kesempatan ini opspwk.web.id akan menyajikan sebuah silabus k13 kelas satu semester dua revisi 2017.

Silabus k13 merupakan suatu  rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau pada tema tertentu yang meliputi  standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus k13 ini juga sebagai penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Silabus k13 Kelas 1 Pada Semester dua Revisi Tahun 2017 dengan format terbaru berisikan point-point dibawah ini sesuai dengan petunjuk pembuatan silabus pada kurikulum 2013 terbaru.
·         Mapel atau Mata pelajaran
·         Kompetensi Dasar
·         Indikator
·         Materi Pembelajaran
·         Kegiatan Pembelajaran
·         Penilaian
·         Alokasi Waktu
·         Sumber Belajar


CONTOH SILABUS K13 SD KELAS I SEMESTER II REVISI 2017
A. KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.




B. KOMPETENSI DASAR

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( silabus k13 )
Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1  Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
3.1  Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1  Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Indikator
1.1.1 Menerima gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala benteng, dan padi sebagai lambang negara “ Garuda Pancasila” .
1.1.2 Meyakini gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala benteng, dan padi sebagai lambang negara “ Garuda Pancasila”.
2.1.1 Menjelaskan sikap yang sesuai dengan sila- sila pancasila.
2.1.2 Mempraktikkan sikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1 Menjelaskan simbol yang terdapat pada lambang negara “ Garuda Pancasila”.
3.1.2 Mengidentifikasi sila-sila Pancasila dengan benar.
3.1.3 Mengetahui rumusan yang terdapat pada sila pancasila
4.1.1 Menyebutkan simbol- simbol sila pancasila.
4.1.2 Mempresentasikan dan menjelaskan simbol- simbol sila pancasila.
Materi Pembelajaran
Simbol sila sila Pancasila
Kegiatan Pembelajaran
Menyebutkan bunyi sila ke-2
Mengenal lambang sila kedua dengan membuat rantai kertas

1.    Bahasa Indonesia ( silabus k13 )
Kompetensi Dasar
3.8  Merinci ungkapan  penyampaian terima kasih,  permintaan maaf, tolong,  dan pemberian pujian,  ajakan,pemberitahuan,  perintah, dan petunjuk  kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan  tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
4.8  Mempraktikkan ungkapan  terima kasih, permintaan  maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
Indikator
3.8.1 Memahami dan Menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
3.8.2 Mengidentifikasi dan Menunjukan kalimat pemberian pujian yang terdapat pada sebuah teks.
3.8.3 Mengetahui, Mengidentifikasi dan menyalin ungkapan pujian yang terdapat pada sebuah teks.
4.8.1 Mengemukakan contoh ungkapan pujian secara lisan dengan tepat.
4.8.2 Menggunakan, menuliskan dan Bahasa lisan yang tepat dalam Mempraktikkan peran dengan unkapan pujian terhadap karya orang lain.
4.8.3   Mampu menanggapi ungkapan pujian secara tepat
Materi Pembelajaran
Ungkapan Pujian
Kegiatan Pembelajaran
Menyalin kalimat pujian
Membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman
Mempraktikkan ungkapan pujian secara lisan dan tertulis
Mengungkapkan pujian secara lisan
Menanggapi pemberian ungkapan pujian
Menanggapi ungkapan pujian
Bermain Peran tentang ungkapan pujian

2.    Matematika ( silabus k13 )
Kompetensi Dasar
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
Indikator
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah dengan benar.
3.1.2 Menunjukkan  bilangan cacah yang  terdapat dalam kumpulan objek.
3.1.3 Mengidentifikasi bilangan cacah sampai dengan 99.
4.1.1 Mengelompokkan bilangan cacah berdasarkan kumpulan objek yang di sajikan.
4.1.2 Mengidentifikasi dan Menyebutkan bilangan cacah dari 21 sampai 40.
Materi Pembelajaran
Bilangan Cacah
Kegiatan Pembelajaran
Menghitung benda benda yang berada di sekitar sekolah
Memasangkan kartu benda dengan kartu bilangan
Bermain kartu memasangkan bilangan

3.    Seni Budaya dan Prakarya ( silabus k13 )
Kompetensi Dasar
3.2  Mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2  Menirukan elemen musik melalui lagu.
Indikator
3.2.1 Mengetahui elemen musik yang terdapat pada sebuah lagu
3.2.2 Mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu sesuai dengan ketukannya.
3.2.3 Membedakan ketukan lambat dan ketukan cepat pada sebuah lagu.
4.2.1 Mempraktikkan gerakan yang sesuai dengan elemen lagu.
4.2.2 Menyanyikan lagu sesuai tempo dengan tepat.
Materi Pembelajaran
Elemen musik melalui lagu
Kegiatan Pembelajaran
Membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
Membedakan cepat atau lambat tempo lagu ”Kepala pundak lutut kaki”

4.    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ( silabus k13 )
Kompetensi Dasar
3.5  Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bergantung, bertumpu, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
Indikator
3.5.1 Menjelaskan berbagai gerakan dominan yang terdapat pada senam lantai.
3.5.2 Mengetahui gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai.
3.5.3 Mengidentifikasi gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai
4.5.1 Mengidentifikasikan dan menjelaskan prosedur gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.2 Menunjukkan berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.3 Mempraktikkan gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
Materi Pembelajaran
Gerak bertumpu dengan tangan
Kegiatan Pembelajaran
Mempraktikkan gerak saling mendorong dengan bertumpu pada tangan
Mempraktikkan gerak bergantung dalam senam lantai


PENILAIAN SIKAP, PENGETAHUAN & KETERAMPILAN ( silabus k13 )

SIKAP
Jujur, Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, kerja sama

PENGETAHUAN
TERTULIS
Mengidentifikasi Pancasila sila ke-2
Tes tulis menjelaskan Lambang sila kedua
Memahami Ungkapan pujian
Menghitung benda sebanyak 21–40.
Memahami Lambang bilangan dari kumpulan benda.
Memahami Lambang bilangan 21–40.
Memahami Tempo sebuah lagu
Memahami Gerak saling mendorong dengan bertumpu pada tangan.

KETERAMPILAN
PRAKTIK/KINERJA
Membuat ungkapan pujian.
Mengungkapkan pujian.
Mengungkapkan pujian secara lisan.
Menanggapi ungkapan pujian.
Membedakan ketukan lambat dan cepat sebuah lagu melalui gerak tubuh.
Membedakan cepat atau lambat tempo sebuah lagu.
Mempraktikan Senam dasar gerakan bertumpu pada tangan.

PORTOFOLIO
Menilai hasil belajar peserta didik pada aspek tertentu dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami materi atau praktik yang terkait sub tema 

ALOKASI WAKTU
28 Jam Pelajaran

SUMBER BELAJAR
Buku siswa
Buku guru
Aplikasi SCI Media

Link Unduh dibawah ini :





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar