-->
Skip to main content

RPP K13 Revisi 2018 Kelas 6 Semester Dua


RPP K13 Revisi 2018 Kelas 6 Semester Dua - Assalamu'alaikumHalo pembaca opspwk.web.id sekalian dimanapun berada, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting bagi Anda  semua dan perlu diketahui juga terutama yang kegiatan kesehariannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada kesempatan ini opspwk.web.id akan menyajikan sebuah contoh rpp k13, revisi 2018 Kelas 6 Semester Dua.

Kegiatan belajar mengajar atau KBM di sekolah khususnya untuk kelas 6 agar berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, maka tidak salahnya kita mempersiapkan diri dengan membuat sebuah rencana pelakasanan pembelajaran kurikulum 2013 atau rpp k13. Pembuatan RPP K13 dalam hal pembelajaran ini dibutuhkan ketelitian dan kematangan agar ketika kita praktekan dilapangan  berjalan dengan baik. 
RPP K13 Revisi 2018 Kelas 6 semester dua terdiri dari 4 tema, diantaranya sebagai berikut: 
1. RPP K13 , Kelas 6 Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera.
2. RPP K13 , Kelas 6 Tema 7 : Kepemimpinan.
3. RPP K13 , Kelas 6 Tema 8 : Bumiku
4. RPP K13 , Kelas 6 Tema 9 : Menjelajah Luar Angkasa


CONTOH RPP K13, KELAS 6 SEMESTER DUA
B. KOMPETENSI DASAR 
Bahasa Indonesia 
Kompetensi Dasar (KD)
Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi
Menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual.
Indikator (IPA) 
Memahami isi cerita dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadinya.
Menceritakan pengalaman yang memiliki kemiripan dengan cerita fiksi.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kompetensi Dasar (KD)
Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.
Membuat model sistem tata surya.
Indikator
Menentukan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet.
Mengelompokkan planet-planet menjadi dua kelompok berdasarkan garis edar Bumi.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan membaca bacaan, siswa dapat menentukan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet.
Dengan menggunakan model tata surya yang sudah dibuat, siswa dapat mengelompokkan planet-planet menjadi dua kelompok berdasarkan garis edar Bumi.
Dengan menceritakan pengalaman yang memiliki kemiripan dengan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadinya.
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas

D. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
  • Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”. Nasionalis
  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  • Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
  • Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Menjelajah Angkasa Luar”. Integritas
  • Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
  • Kegiatan Inti
  • Siswa membaca “Galileo Galilei Mencoba untuk Membuktikan” selama 5 menit. Sebelumnya guru menjelaskan bahwa siswa dapat menggarisbawahi kata-kata yang tidak dimengerti. Mandiri
  • Setelah siswa membaca, guru menanyakan kepada siswa, adakah kata-kata yang tidak mereka mengerti dan menjelaskannya. Communication
  • Kemudian, guru menanyakan kepada siswa isi dari bacaan secara singkat.
  • Beberapa siswa secara bergantian menjelaskan isi bacaan secara singkat di depan kelas.
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai penemuan-penemuan Galileo dan dampaknya terhadap kehidupan manusia selama 15 menit. Collaboration
  • Hasil diskusi siswa dapat dipresentasikan di depan kelas secara bergantian.
  • Guru memberikan masukan jika dirasakan perlu.
  • Guru pun memberikan siswa kesempatan untuk membuat pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan dengan menggunakan kata tanya yang tepat.
  • Guru bertindak sebagai mediator. Mengajukan pertanyaan dari satu siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk menjawabnya. Jika tidak ada yang menjawab, guru dapat membantu menjawabnya atau mencari jawabannya.
  • Guru menjelaskan kembali bahwa penemuan-penemuan yang berhubungan dengan angkasa luar sangatlah berguna, diantaranya bias memberikan pengetahuan tentang apa saja benda langit yang ada di luar Bumi.
  • Guru membacakan Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi di depan kelas dengan alat bantu gambar sistem tata surya. Communication
  • Guru bertanya pada siswa: ada berapa kelompok planet berdasarkan orbit Bumi? Apa saja planet-planet tersebut?
  • Guru juga dapat menambahkan pengelompokkan planet berdasarkan sabuk asteroid (planet dalam dan planet luar) dan unsur-unsur penyusunnya (planet-planet yang terdiri dari bebatuan dan planet-planet yang terdiri dari gas)
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai sistem tata surya atau tentang angkasa luar. Siswa dapat menuliskannya di selembar kertas dan menempelkannya di depan kelas.
  • Siswa dan guru dapat mencari jawabannya di kemudian hari dan menjawabnya di kertas yang sama sehingga semua siswa dapat membacanya.
  • Siswa bekerja sama dengan teman sebangkunya untuk mendiskusikan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet selama 15 menit. Gotong Royong
  • Kemudian siswa mengelompokkan planet-planet berdasarkan diskusi sebelumnya dengan guru.
  • Siswa bekerja lagi dengan teman sebangkunya untuk menunjukkan susunan planet berdasarkan garis edar Bumi. Siswa dapat menggunakan alat bantu seperti benang untuk memisahkan planet inferior dan planet superior. Collaboration
  • Siswa membuat kesimpulan dari model tersebut tentang perbedaan antara planet inferior dan planet superior.
  • Siswa secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
  • Guru meminta 2 orang siswa untuk membacakan bacaan yang berjudul Kesempatan yang Hilang di depan kelas dengan lantang.
  • Siswa dapat memberikan pendapatnya mengenai cerita di atas secara bergantian
  • Guru dapat menceritakan kepada para siswa pengalaman sama yang pernah dialaminya dahulu sehingga siswa dapat lebih mengerti. Communication
  • Siswa menggunakan dua diagram yang tersedia di dalam buku siswa untuk menggambar dan menjelaskan peristiwa yang ada dalam cerita dan peristiwa yang dialami atau yang dialami orang lain yag pernah diketahuinya. Siswa juga dapat menggambarkan peristiwa yang ia ingat dari film-film televisi yang pernah dilihatnya. Catatan: Film yang dimaksud dalam kegiatan ini tidak melulu film dari bioskop yang berdurasi panjang. Film dapat berupa film anak-anak di televisi yang cukup baik untuk ditonton, sepeti film Upin dan Ipin, Sopo Jarwo, atau film-film animasi lainnya. Oleh karenanya, penting bagi Guru untuk mengetahui film-film anak-anak yang baik yang sedang digemari anak-anak. Critical Thinking and Problem Solving
  • Siswa menjelaskan perasaannya terhadap pengalaman membaca cerita di atas dan menjelaskan pesan yang ia dapatkan dari cerita tersebut dengan mengisi diagram yang telah tersedia. Creativity and Innovation
  • Siswa dapat bertukar cerita tentang pengalaman sama yang pernah dialaminya dengan cerita dalam bacaan dan mengungkapkan perasaannya.



Kegiatan Penutup

  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
  • Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”.
  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

Link Unduh dibawah ini :
1. RPP K13 , Kelas 6 Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera.
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 6 ST 1
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 6 ST 2
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 6 ST 3
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 6 ST 4

2. RPP K13 , Kelas 6 Tema 7 : Kepemimpinan.
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 7 ST 1
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 7 ST 2
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 7 ST 3
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 7 ST 4

3. RPP K13 , Kelas 6 Tema 8 : Bumiku
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 8 ST 1
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 8 ST 2
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 8 ST 3
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 8 ST 4

4. RPP K13 , Kelas 6 Tema 9 : Menjelajah Luar Angkasa
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 9 ST 1
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 9 ST 2
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 9 ST 3
·         RPP K13, Kelas 6 Tema 9 ST 4

Sumber : Kurikulum.co.id


Baca juga : RPP K13 Revisi 2018 Kelas 3 SD Semester 2 , RPP K13 Revisi 2017 Kelas 4 SD Semester 2 , RPP K13 Kelas 5 Semester Dua Dengan Kegiatan Berbasis Proyek , Pengertian Microsoft Office Word atau Microsoft Word ,  Cara Merawat Komputer , Laptop dan Notebook yang Mudah dan Benar Agar Awet



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar