-->
Skip to main content

Model Silabus K13 Revisi 2018 SD Tematik Terpadu


Model Silabus K13 Revisi 2018 SD Tematik Terpadu 
Pembelajaran dan pendekatan tematik yang ada di dalam model silabus k13 revisi 2018 SD mencakup mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBDP, dan Penjaskes. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tidak termasuk dalam mata pelajaran dalam tematik.


Model Silabus K13 Revisi 2018 SD Tematik Terpadu 
Pada model silabus k13 pembelajaran tematik terpadu dilaksanakan di kelas rendah dan kelas atas, atau di kelas I - III dan kelas IV - VI. Untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu pengetahuan Sosial belum ada di kelas rendah yang berdiri sendiri, namun di integrasikan kedalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam mata pelajaran matematika dan penjaskes di model silabus k13 revisi 2018 hanya dilakukan pada kelas rendah yaitu kelas I - III, untuk materi matematika dan penjaskes di kelas atas IV - VI materi diajarkan sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. 


Model Silabus K13 Revisi 2018 SD Tematik Terpadu 
Kolaborasi antara Guru dan Siswa sangat diperlukan tanpa memandang mata pelajaran, karena integritas kurikulum sebagai suatu pengelolaan pembelajaran sekitar problem dan isu yang ada dimasyarakat. Pembelajaran tematik terpadu silabus k13 revisi 2018 mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran kedalam berbagai tema. Penentuan tema dalam silabus k13 revisi 2018 dijadikan sebagai ide besar dari pembelajaran yang menghubungkan konsep dan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa.

Model Silabus K13 Revisi 2018 SD Tematik Terpadu 
Pendekatan ini dimaksud agar siswa tidak belajar secara parsial sehingga pembelajaran dapat memberikan makna yang utuh pada siswa seperti yang tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Tema yang dipilih sedapat mungkin didekatkan dengan hal-hal yang dialami oleh siswa. Dalam silabus k13 revisi 2018 pembelajaran tematik disusun berdasarkan berbagai proses integrasi yaitu integrasi intradisipliner, multi-disipliner, inter-disipliner, dan trans-disipliner. Muatan-muatan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran merujuk pada aktivitas besar yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu kemaritiman, agraris, dan niaga/jasa.

Download Model Silabus K13 Revisi 2018 SD Tematik Terpadu 
Silabus tematik yang kembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Pembukuan merupakan suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidik. Selain itu bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembalajaran tematik terpadu dapat menggunakan silabus Mata Pelajaran di SD/MI yang terpisan dari dokumen ini silabus k13 revisi 2018. 

Model Silabus K13 Revisi 2018 SD Tematik Terpadu

Sumber : Gurusd.web.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar