--> Skip to main content

Cara Instal Aplikasi EDS Covid 2020.A

Cara Instal Aplikasi EDS Covid 2020.A - Aplikasi EDS PMP saat ini sudah mengalami pembaharuan kembali pada tanggal 18 Desember 2020 minggu lalu, yang semulanya aplikasi EDS Covid  19 dalam versi 2020 kemudian seiring sedikit adanya pembaruan pada aplikasi, maka eds pmp dirilis dalam versi terbaru yaitu EDS Covid Versi 2020.A. Aplikasi EDS Versi 2020.a di rilis oleh tim pengembang pmp kemdikbud dalam bentuk Installer EDS Covid 19 Versi 2020.A dan Patch EDS Covid 19 Versi 2020.a.

Cara Instal EDS PMP 2020 A

Informasi Pembaharuan pada Aplikasi EDS 2020 Covid 19 Versi 2020.A yang dishare melalui surat elektronik di situs resmi https://pmp.kemdikbud.go.id/ yaitu sebagai berikut : 

  • [Pembaruan] Penyesuaian aplikasi pengisian instrumen oleh SPK
  • [Pembaruan] Pembaruan aplikasi pengisian instrumen oleh SLB
  • [Pembaruan] Pembaruan menu perhitungan Rapor Mutu 
  • [Pembaruan] Pembaruan menu Pakta Integritas Kepala Sekolah 
  • [Perbaikan] Proses restore data di beranda setelah registrasi menggunakan prefill
  • [Perbaikan] Indikator berhasil/gagal ketika proses impor hasil pengisian via aplikasi android Instrumen EDS atau offline surveys

CARA INSTAL EDS COVID 19 VERSI 2020.A / UPDATE APLIKASI KE PATCH EDS COVID 2020.A

Dalam melakukan instalasi aplikasi eds pmp covid 19 versi 2020.a yang perlu diperhatikan oleh sahabat semua adalah mengenai instalasi aplikasi tersebut dengan hati-hati dan teliti. Hati-hati bagimana om maksudnya? Jadi, begini yang Opspwk.web.id maksud, apabila sobat blog sudah melakukan pengisian instrumen pmp pada aplikasi sebelumnya di EDS 2020 Covid-19, maka anda tidak perlu melepaskan atau meng unistal aplikasi eds 2020 tersebut. Hal yang perlu dilakukan oleh sahabat semua adalah tinggal mengupdate ke Patch EDS Covid 19 Versi 2020 A. Jika langsung melakukan uninstal pada aplikasi sebelumnya (EDS 2020 Covid 19) yang sudah terisikan koesioner kepala sekolah ataupun guru, secara otomatis data koesioner yang sudah terisikan pada aplikasi EDS 2020 Covid 19 akan terhapus. Bagaimana caranya agar data isian eds pmp 2020 covid 19 tidak hilang? Nah! Caranya cukup mudah ko sob, yang perlu sahabat lakukan adalah tinggal menginstal Patch EDS Covid 2020.A saja, terkecuali anda belum mengisi koesioner sama sekali tinggal langsung menggunakan instaler EDS 2020 Covid Versi 2020.A biar lebih sempurna. 

1. Cara Instal EDS Covid 19 Versi 2020.A (Installer Aplikasi EDS 2020 Covid 19 Versi 2020.A)

  • Langkah Pertama, unistal terlebih dahulu aplikasi eds pmp yang sudah terpasang sebelumnya pada komputer atau laptop sobat operator semua dan jangan lupa untuk melakukan restart komputer. 
  • Unduh Prefill EDS 2020 pada situs resmi pmp kemdikbud atau melalui link http://pmp.kemdikbud.go.id/unduhan 
  • Jika sudah, pasang installer aplikasi eds 2020 covid 2020 versi 2020.A dengan doble klik pada aplikasi atau klik kanan + run as administrator
  • Berikutnya, pilih tombol Lanjut
  • Setelah itu, pilih kembali Saya Setuju dan Klik Lanjut
  • Kemudian, (Dibutuhkan ruang bebes sebesar 332,7 mb) Klik Lanjut kembali
  • Lalu, klik Lanjut lagi
  • Jika sudah, klik Pasang 
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai






2. Cara Instal Patch EDS Covid 2020.A (Update Aplikasi)

  • Pertama, siapkan komputer / laptop yang sudah terpasang aplikasi eds 2020 Covid 19.
  • Selanjutnya, klik kanan + run as administrator atau doble klik pada aplikasi patch eds 2020.A
  • Setelah itu, Klik Lanjut
  • Berikutnya, Pilih Saya Setuju dan Lanjut
  • Kemudian, pilih tombol Pasang
  • Tunggu, sampai proses instal patch eds 2020.A selesai
  • Jika sudah, untuk mengakhiri klik tombol Selesai







Untuk melakukan proses Hitung Rapor PMP 2020 sobat blog dapat memilih pada menu Rapor Mutu → Hitung Rapor Mutu → Hitung Rapor Mutu Sekolah. Pada saat melakukan Proses hitung rapor mutu sekolah lama sekali atau tidak kunjung selesai  ? Nah! untuk mengatasi gagal proses hitung rapor pmp tersebut, sahabat blog lakukan sinkronisasi data eds pmp terlebih dahulu, agar instrumen pmp atau koesioner pmp yang sudah terisikan pada aplikasi tersimpan ke server pusat pmp kemdikbud seperti halnya aplikasi dapodik, kemudian lepas / unistal eds sebelumnhya, lalu instalkan de eds 2020.A versi installer

Proses Hitung Rapor Mutu pada aplikasi kenapa masih belum terbaca atau nilai isiannya kecil? Oke sedikit ja deh tambahan ulasan wat sobat semua! Untuk mengatasi nilai hitung rapor mutu sekolah pada aplikasi eds pmp 2020 covid-19, beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh anda yaitu :
  1. Langkah Pertama, buka menu Beranda Aplikasi EDS 2020.A
  2. Kedua, Pilih tombol Restore Data dan Hitung Total Kemajuan
  3. Ketiga, klik tombol Pilih Kandidat Responden, maka anda akan diarahkan pada Managemen Pengguna
  4. Keempat, Pilih Satu Persatu Responden yang telah mengisi Instrumen EDS 2020 Covid 19 di komputer / laptop ataupu pengisian instrumen pmp via aplikasi eds versi android. Untuk memilih kandidat responden tersebut klik gambar kotak garis tiga disamping kanan
  5. Keenam, kembali pada point no. 1 dan 2
  6. Ketujuh, ceklis kotak kecil semua responden dan klik lanjut (Tunggu sampai proses perhitungan selesai)
  7. Kedelapan, silakan anda coba kembali pada Proses Hitung Rapor Mutu Sekolah pada Aplikasi EDS masing-masing. 
  8. Selesai


Download :



Artikel Lainnya :


Itulah tadi sekilas uraian mengenai Cara Instal Aplikasi EDS PMP Covid 19 Versi 2020.A. Bagi sekolah yang belum memliki aplikasi EDS 2020 Versi 2020 dapat langsung mengumduh melalui link resmi pmp kemdikbud atau bisa juga download pada link drive yang admin sajikan. Semoga tahapan cara instal eds pmp 2020 versi A ini dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya. Mohon maaf jika ada sedikit kekeliruan. Sekian dan terima kasih. 

Advertisement
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar