--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Data Siswa di Verval PD [Terbaru 2021]

Cara Memperbaiki Data Siswa di Verval PD [Terbaru 2021] - Verval pd merupakan sebuah portal layanan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang berfungsi untuk perbaikan data peserta didik, mulai dari NIK atau Nomor Induk Kependudukan, nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir dan jenis kelamin siswa. Saat ini verval pd sudah tidak lagi memerlukan berkas pendukung untuk perbaikan data peserta didik, karena fortal tersebut sudah terintegrasi dengan data dukcapil atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pemerintah yang bekerja dibidang kependudukan dan pencatatan sipil yang membantu para bupati di setiap daerahnya masing-masing.

verval pd

Banyak sekali para pejuang data mengeluh kesan tentang verval pd kemdikbud ,karena perbaikan data siswa pada verval pd yang mewajibkan untuk mengapload berkas pendukungnya, seperti akte kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan lahir atau lain sebagainya. Salah satu berkas tersebut wajib di upload pada verval pd kemdikbud, untuk dilakukannya verifikasi persetujuan admin dinas pendidikan Kabupaten / Kota setempat. Nah! Kebetulan verval pd saat ini di tahun 2021 tidak lagi memerlukan berkas pendukung untuk perbaikan data siswa. Karena verval pd kemdikbud sudah mulai terintegrasi dengan dukcapil daerah. 

Perbaikan identitas peserta didik sebelum adanya verval pd atau situs verval pd, perubahanya bisa dilakukan melalui dapodik yang kita gunakan. Seiring dengan perkembangan dari waktu ke waktu, maka portal tersebut kali ini mulai terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Maka sinkonisasi antara dukcapil dengan verval pd atau pusdatin sudah mulai dirasakan oleh kita. 

Berbagai hal dirasakan oleh para pejuang data, terasa semakin dipermudahnya dalam perbaikan data siswa yang terdaftar di dapodik atau aplikasi dapodik sekolah. Kembali lagi pada topik utama pembahasan mengenai verval pd new versi terbaru. Untuk perbaikan data siswa yang perlu sobat blog persiapkan yaitu fotocopy akte kalahiran siswa dan kartu keluarga. Kenapa harus dua-duanya? Padahal satu juga cukupkan? Nah! Om mimin pada waktu dulu pernah menemukan, tidak sinkronnya antara akte kelahiran dan kartu keluarga, terdapatnya perbedaan antara nama ibu atau ayah di akte dan nama ibu ayah di kartu keluarga. Jadi kita bisa memberitahukan kepada orang tua/wali siswa untuk segera diperbaiki datanya ke Dukcapil setempat, agar pada saat pendataan kedepanya semakin lebih mudah. Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga sudah ada, lalu bagaimana cara memperbaiki data siswa di verval pd kemdikbud? Caranya cukup mudah sob, silahkan simak langkah-langkahnya pada ulasan yang Opspwk.web.id sajikan. 

CARA MEMPERBAIKI DATA SISWA DI VERVAL PD [TERBARU 2021]

Berikut ini adalah cara Pebaikan Identitas Siswa di verval pd new : 

  • Langkah Pertama, siapkan terlebih dahulu komputer atau laptop, handphone android atau tablet (pilih salah satunya)
  • Setelah itu, hubungkan alat terpur kalian kedalam jaringan internet
  • Berikutnya, buka browser internet yang sering anda gunakan seperti google chroom, mozilla firefox, microsoft bing dan lain sebagainya. 
  • Kemudian, buka laman verval pd atau ketik https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/ di browser internet (tanpa spasi).
  • Jika sudah, masukan email dan password dapodik yang kita miliki dan klik login
verval pd login

  • Selanjutnya, pada dasboard verval pd new terlihat menu Pengelolaan, langsung saja pilih Edit Identitas
verval pd new

  • Maka, pilih siswa / daftar siswa yang akan anda perbaiki
  • Jika sudah, sesuaikan data siswa tersebut pada Formulir Perubahan di verval pd tersebut dengan melihat akte kelahiran atau kartu keluarga, rubah saja pada point variabel BARU yang tertera disampingnya. (Cek NIK, Nama Lengkap Siswa, Tempat Tanggal Lahir dan lain sebagainya). 
  • Apabila Formulir Perubahan yang anda isi sudah sesuai, maka langsung saja klik VALIDASI DATA
  • Untuk mengakhiri pengajuan perubahan, silahkan klik UPDATE DATA 
cara memperbaiki data siswa di veval pd
  • Selesai, maka data siswa anda sudah berhasil diperbaiki.


Artikel Lainnya : 

CARA UPLOAD BUKU REKENING BOS 

CARA AKTIVASI AKUN BELAJAR ID

CARA INPUT SK PJB DI DAPODIK 



Demikianlah tadi uraian tentang Cara Memperbaiki Data Siswa di Verval PD Versi Terbaru 2021. Mudah-mudahan ulasan yang kami sajikan membantu semua sahabat dalam gambaran tentang perbaikan-perbaikan di verval pd kemdikbud. Jangan lupa perbaikian data di verval pd dibatasi sampai 3 kali ya sob. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekeliruan. Sekian dan terima kasih.

Advertisement
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar