-->
Skip to main content

Permendikbud No. 14 Tahun 2020 tentang Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan

Permendikbud No. 14 Tahun 2020 - Pelaksana PBJ adalah Pendidik atau tenaga kependidikan yang diberikan tugas tambahan oleh kepala satuan pendidikan atau kepala sekolah untuk melaksanakan kewenangan dan tanggungjawab mengenai Pengadaan Barang Jasa (PBJ).


Pananggung Jawab Pelaksana PBJ yang ditunjuk oleh kepala sekolah dapat secara Individu maupun secara berkelompok yang merupakan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2020 (Permendikbud No. 14 Tahun 2020).



PERMENDIKBUD NO 14 TAHUN 2020

Pelaku Pengadan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan

Dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2020 pada BAB II tentang Pelaku Pengadaan Barang atau Jasa Oleh Satuan Pendidikan dijelaskan pada pasal 6, 7, 8, 9 dan 10 yaitu sebagai berikut :

Pasal 6
a. Pelaksasana; dan
b. Penyedia.

Pasal 7
  1. Pelaksana sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 huruf a merupakan Kepala Satuan Pendidikan.
  2. Pelaksana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berwenang dan bertanggung jawab melaksanakan PJB Satuan Pendidikan

Pasal 8
  1. Dalam melaksanakan kewenangan dan tanggung jawab Pelaksana sebagaimana pada pasal 7 ayat (2), kepala satuan pendidik dapat menunjuk Pendidik dan/atau tenanga kependidikan secara perorangan atau kelompok kerja
  2. sebagaimana pada ayat (1), ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan untuk melaksanakan PBJ satuan pendidikan.
  3. Penunjukan pendididik dan/tenaga kependidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan

Pasal 9
(1) Penyedia sebagaimana yang dimaksud pada pasal 6 huruf b berupa : 
a. perorangan; atau
b. badan

(2) Penyedia sebagaimana dimaksud pada ayat 1 memenuhi syarat dan kriteria :
a. memiliki nomor pokok wajib pajak;
b. memiliki identitas penyedia; dan
c. mempunyai kemampuan untuk menyediakan barang/jasa

(3) Selain syarat dan kriteria sebagaimana dimaksud pada ayat (2), PBJ Satuan Pendidikan melaui SIPLAH harus memenuhi syarat dan kriteria sebagaimana tercantum dalam SIPLAH.

Pasal 10
Dalam melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan, setiap pelaku PBJ Satuan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 bertanggung jawab untuk :
a. melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan sesuai dengan prinsp PJB Satuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 3
b. bekerja secara profesional, mandiri, dan menjaga kerahasiaan informasi yang menurut sifatnya harus dirahasiakan untuk mencegah penyimpangan dalam PJB Satuan Pendidikan.
c. tidak saling mempeharuhi baik langsung maupun tidak langsung yang mengakibatkan persaingan usaha tidak sehat dalam PBJ Satuan Pendidikan
d. menerima dan bertanggungjawab atas segala keputusan yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan PBJ Satuan Pendidikan
e. menghindari dan mencegah terjadinya pertentangan kepentingan pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang berakibat persaingan usaha tidak sehat dalam PBJ Satuan Pendidikan.
f. menghindari dan mencegah pemborosan dan kebocoran keuangan satuan pendidikan
e. menghindari dan mencegah penyalahgunaan wewenang dan/atau kolusi dalam PBJ Satuan Pendidikan.


Baca Juga : Cara Mengatasi Bendahara Bos Ganda di Aplikasi Dapodik 


Untuk mengetahui selengkapnya mengenai Permendikbud 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan, silahkan lihat pada drive PDF yang sudah admin sediakan.

Permendikbud No. 14 Tahun 2020



Demikianlah tadi uraian mengenai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2020. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi sekolah-sekolah yang sedang mencari peraturan tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan. Sekian dan terima kasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar