-->
Skip to main content

Persiapan Rilis Aplikasi Dapodikdasmen 2020.b Tahun Ajaran 2019-2020

Persiapan Rilis Aplikasi Dapodikdasmen 2020.b - Aplikasi Dapodikdasmen merupakan sebuah aplikasi pendataan yang ada di sekolah mengenai siswa atau peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana sekolah, hal yang berkaitan bos atau bantuan operasiol sekolah dari pemerintah, tunjangan profesi guru dan lain sebagainya. Dapodik tahun 2019 atau dapodik 2020.a oleh admin dapodikdasmen akan diperbaharui kembali pada tahun 2020 sekarang ini menjadi dapodik versi 2020.b. Dapodik versi baru 2020.b pada saat ini sedang dalam tahap pengujian oleh admin dapodikdasmen pusat. 


Persiapan rilisnya aplikasi dapodikdasmen terbaru untuk semester dua tahun ajaran 2019/2020, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sekolah atau pesan singkat yang disampaikan oleh admin dapodikdasmen pusat,  pesan tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Maintenan Server Dapodikdasmen
Sehubungan dengan proses maintenance server ini, maka aktivitas sinkronisasi dan prefill Aplikasi Dapodikdasmen tidak dapat dilakukan sampai dengan pemberitahuan/pengumuman lebih lajut.

2. Persiapan Rilis Aplikasi Dapodikdasmen versi baru
Pemutahiran data untuk semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2019/2020 dilakukan menggunakan Aplikasi Dadodikdasmen versi baru (Versi 2020.b) yang direncanakan akan dirilis pada awal Februari 2020.

3. Persiaapan data-data Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2019/2020
Sekolah untuk mempersiapkan kelengkapan data di Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 
2019/2020, dan salah satu kelengkapan data agar menjadi perhatian untuk dipersiapkan adalah rekening untuk program BOS dan judul buku/koleksi.

4. Kepala Sekolah berperan aktif memimpin dan mengawasi proses pendataan
Kepala Sekolah berkewajiban mengawal proses input dan output Dapodikdasmen sekaligus memperhatikan akurasi masing-masing entisasi data.


Rilis aplikasi dapodik 2020.b yang rencanakan pada awal bulan februari tersebut, oleh admin pusat pengumumnannya akan di bagikan melalui situs resminya yaitu di https;//dapo.dikdasmen.kembdikbud/


Setelah membaca pesan yang disampaikan oleh admin dapodikdasmen mengenai persiapan rilisnya aplikasi dapodikdasmen versi 2020 b , maka admin opspwk akan mempersipkan kelengkapan data tersebut agar pada saat nanti rilis dapodik 2020.b sudah siap untuk dikerjakan. Selain dari kelengkapan data sekolah, admin blog juga mempersiapkan laptop yang biasa digunakan agar selalu baik atau fress digunakan. Caranya bagaimana ? sahabat operator pastinya sudah mengetahui bukan tentang cara agar laptop tidak lelet , Nah! sudah tau pastinnya bukan. Cara yang yang sering admin opspwk.web.id lakukan pada laptop atau komputer yaitu dengan melakukan disk clean up dan defragment. Untuk aplikasi browser internet yaitu dengan clear history browser atau menghapus semua riwayat penjelajahan internet pada laptop admin. 

Baca Juga : 


Demikianlah tadi uraian mengenai persiapan rilis aplikasi dapodikdasmen versi 2020.b semester dua tahun ajaran 2019-2020. Informasi keempat point tentang Persiapan Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 2 Tahun Ajaran 2019-2020 tersebut yaitu bersumber dari situs resmi Dapodikdasmen yang di share pada tanggal 31 Januari 2020. Mudah-mudahan info tersebut bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah pada uraian yang telah dibuat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar