-->
Skip to main content

Cara Verval Mata Pelajaran PKP SIM PKB di Handphone Android




Cara Verval Mapel PKP SIM PKB - SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Tujuan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau sim pkb yaitu untuk mengelola data yang berkaitan dengan pelaksanaan program diklat guru.

Ruang lingkup dari SIM PKB : 

  1. Pengelolaan Kelas
  2. Data Peserta
  3. Fasilitator
  4. Penilaian
  5. Penjadwalan Ujian
  6. Sertifikasi
  7. komunitas GTK.


Komunitas GTK terdiri dari komunitas pokja dan komunitas rayon. Komunitas pokja adalah komunitas yang telah disahkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota dan memiliki Surat Keputusan Pendirian Komunitas. Komunitas pokja terdiri dari pusat kegiatan Gugus, Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK). Komunitas rayon adalah forum/wadah kegiatan profesional guru mata pelajaran/paket keahlian yang dikoordinir dan dibentuk oleh UPT. 

Komunitas rayon dibentuk untuk mengakomodasi guru pada mata pelajaran tertentu yang jumlahnya kurang dari delapan per provinsi. Guru yang belum tergabung dalam salah satu komunitas GTK dapat masuk ke komunitas yang sudah ada atau membentuk komunitas baru. 

Mekanisme pembentukan komunitas GTK baru merujuk pada Petunjuk Teknis Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru. 

Menurut kemdikbud dan dirgen gtk, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa yaitu dengan menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).

Langkah-langkah Verval Mata Pelajaran PKP SIM PKB di Handphone Android : 

  1. Buka Aplikasi Google Chrome/Browser Internet yang sering anda gunakan.
  2. Selanjutnya, Ketik "SIM PKB" dan langsung saja klik https://app.simpkb.id yang muncul pada layar handphone. 
  3. Berikutnya, Masukan Email dan Password Akun SIM PKB anda dan "LOGIN" 
  4. Setelah itu, Klik Gambar Pencil di pojok kanan bawah.
  5. Tahap selanjutnya, Pilih mapel yang anda tempuh saat ini dan klik "PILIH", lalu "SIMPAN". 
  6. Tampilan berikutnya, Pada layar HP/Tablet akan muncul Notifikasi "Terima kasih atas kontribusi informasi Anda" dan "OK". 
  7. Selesai.... 

Catatan : 
  • Jika anda mengalami kendala pada saat login, misalnya Lupa Password, bisa menghubungi Ketua Komunitas/Dinas Pendidikan setempat. 
  • Jika ada perubahan data mapel, anda bisa edit pada menu Profilku.


Demikianlah tadi ulasan mengenai cara verval mapel PKP simpkb di hanphone. Mudah-mudahan dengan adanya ulasan dan cuplikan video tutorial ini, dapat membantu sahabat semua yang belum mengetahui cara verval pkp di situs sim pkb. Semoga bermanfaat...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar