-->
Skip to main content

Keputusan Menteri Kominfo No. 335 Tahun 2019 tentang Pedoman Peringatan Harkitnas Tahun 2019


Kepmen Kominfo Nomor 335 Tahun 2019 - Harkitnas atau Hari Kebangkitan Nasional yaitu merupakan masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan Negaranya. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111, 20 Mei 2019 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut yang berisi "Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada : Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, TaƱjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa"

Kita berada dalam situasi pascapesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Hajat demokrasi tersebut tak dapat dipungkiri telah mengoyak banyak sendi-sendi vital persaudaraan kita.

Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bulan suci ini akan menuntun kita untuk mendamba pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

Peringatan ke-111 tahunnya Kebangkitan Nasional Tahun 2019 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Tema Peringatan 111 Tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2019 adalah: “BANGKIT UNTUK BERSATU”.

"Logo Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2019"

POKOK KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DALAM PERINGATAN 111 TAHUN HARKITNAS

Upacara Bendera

Upacara bendera memperingati 111 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2019 dilaksanakan secara serentak pada hari Senin tanggal 20 Mei 2019 oleh seluruh karyawan Kantor/Lembaga/Instansi Pemerintah dan Swasta di seluruh Indonesia, seluruh Lembaga Pendidikan di semua tingkatan baik negeri maupun swasta, Kantor Lembaga Negara, serta seluruh Kantor Perwakilan RI/Kedutaan Besar yang ada di luar negeri.

Tata Upacara Bendera :
1. Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih
2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
3. Mengheningkan Cipta
4. Pembacaan Naskah-naskah :
  • Pancasila;
  • Pembukaan UUD 1945;
  • Naskah-naskah lain yang disesuaikan dengan penyelenggaraan upacara.

5. Pembacaan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika menyambut 111 Tahun Peringatan Hari Kebangkitan Nasional oleh Inspektur Upacara.

6. Menyanyikan Lagu-lagu Perjuangan (Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, dll)

7. Pembacaan Do’a (do’a disusun dan dibacakan oleh masing-masing instansi penyelenggara upacara).

Selain itu ada lagian kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan 111 Tahun Harkitnas, yaitu : Seminar dan Dialog Interaktif. Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Bakti Sosial, Koordinasi, Publikasi dan Dokumentasi.


Itu tadi informasi mengenai Pedoman Peringatan Harkitnas Tahun 2019, untuk mengetahui selengkapanya Bapak/Ibu bisa unduh pada tautan yang sudah kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar